Analisis film

Pelayanan Kesehatan Di Beberapa Negara

Amerika Serikat selama ini memang dikenal sebagai satu-satunya negara maju, yang menyerahkan masalah pembiayaan kesehatan sebagian besar kepada masyarakat, dengan tetap mempertahankan prinsip ekonomi kapitalis, sehingga kesehatan juga dianggap sebagai komoditi biasa yang dapat dijual dan dibeli sesuai dengan mekanisme pasar dan pemerintah tidak lepas tangan.

Di negara tersebut juga menekankan asuransi kesehatan komersial (Private Voluntary Health Insurance) bagi rakyatnya. Setiap warga negara bebas menentukan pilihan untuk mengikuti program asuransi kesehatan, meskipun untuk beberapa kalangan tenaga kerja program askes termasuk bagian dari program kesejahteraan tenaga kerja.

Masyarakat sudah membayar asuransi dimuka, tetapi pada kenyataanya tidak sesuai dengan uang yang telah dibayar oleh mereka. Mereka tidak mendapatkan pelayanan kesehatan secara baik dan tidak secara maksimal, sehingga banyak dari masyarakat sekitar yang mengeluhkan hal tersebut dan juga banyak yang terjangkit penyakit.

Sejak dahulu Amerika Serikat memang sudah menekankan biaya kesehatan kepada masyarakat, tetapi mulai mengalami penurunan. Kenaikan biaya rumah sakit, dokter dan obat-obatan pada tahun 1990 masing-masing adalah sebesar 9,6 persen, 10,3 persen dan 13,5 persen. Pada tahun 1994, kenaikan itu menjadi hanya 3,4 persen, 3,6 persen dan 4,1 persen saja.

Sejak tahun 1990, memang sedang terjadi suatu perubahan keseimbangan kemampuan masyarakat untuk membayar biaya pelayanan kesehatan secara mendasar. Beban ekonomi dari setiap perusahaan dan rakyat Amerika Serikat, agaknya memang sudah terasa berat untuk membayar premi asuransi kesehatan. Wajar, apabila masyarakat mulai mencari alternatif baru, yang masih dalam jangkauannya untuk membayar.

Fenomena menurunnya tingkat kenaikan biaya pelayanan kesehatan di Amerika Serikat telah menarik banyak perhatian kalangan ahli ekonomi kesehatan. Adanya korelasi yang saling terkait antara penurunan tingkat kenaikan biaya pelayanan kesehatan dengan pertumbuhan Managed Healthcare Concept ((Medicare)).

Program Medicare adalah suatu program jaminan pemeliharaan kesehatan bagi kelompok masyarakat berusia  65 tahun ke atas, sedangkan program Medicaid adalah untuk kelompok masyarakat yang tidak mampu. Kedua program tersebut dibiayai oleh Pemerintah Federal dan Negara bagian, sedangkan pelaksanaannya dititipkan pada perusahaan asuransi yang terdapat di negara tersebut.

Biaya kesehatan di Amerika Serikat memang kita akui sangat mahal dibandingakan dengan negara-negara lain seperti Inggris, Kanada, Kuba, dan juga Perancis biaya kesehatannya gratis dan pelayanannya pun sangat baik dan sangat diperhatikan. Perlu adanya pembenahan dalam pelayanan kesehatan di Amerika Serikat agar bisa seperti negara Inggris, Kanada, Kuba maupun Perancis meskipun gratis tetapi sistem pelayanan kesehatannya sangat baik tidak seperti di Amerika.

Semakin tinggi tingkat pendapatan suatu negara semakin besar negara itu mengeluarkan biaya kesehatan, kembali lagi pada asuransi kesehatan. Asuransi kesehatan akan berkembang  sejalan dengan  perkembangan ekonomi atau pendapatan per kapita suatu negara, pada tingkat pendapatan yang rendah (low income countries)  di bawah 600 dolar AS pertumbuhan asuransi kesehatan masih sangat terbatas

Masyarakat Inggris sangat senang dan bisa menikmati secara langsung pelayanan kesehatan yang ada di negara tersebut. Ketika mereka sakit, tidak senggan untuk pergi ke rumah sakit atau tempat pelayanan kesehatan lainnya. Karena mereka tidak harus repotdan terbebani dengan biaya pelayanan kesehatan yang harus dikeluarkan, masyarakat sekitar mendapat pelayanan gratis oleh pemerintah sehingga tingkat kesehatan masyarakatnya sangat tinggi.

Negara Inggris adalah negara yang mengutamakan tingkat kesehatan masyarakatnya, terbukti dengan adanya berbagai macam fasilitas dibidang kesehatan yang lengkap dan juga diimbangi oleh para tenaga ahli kesehatan. Masyarakatnya menjadi sejahtera dan makmur dengan adanya kebijakan dari pemerintah tersebut mengenai pelayanan kesehatan gratis.

Sangat berbeda sekali dengan Amerika Serikat, tidak semua masyarakat bisa menikmati pelayanan kesehatan yang ada di negara tersebut. Karen mahalnya biaya yang harus dikeluarkan dan pelayanannya pun kurang memadai. Masyarakat menginginkan adanya perubahan pada sistem kesehatan yang ada, dengan maksud agar bisa hidup sejahtera dan makmur yaitu bisa menikmati pelayanan kesehatan yang ada secara gratis tanpa harus pusing memikirkan berapa banyak biaya yang harus dikeluarkan.

8 comments

Lompat ke formulir komentar

  1. ini film apa ya kak?

    1. film apa hayou..baca oh artikelnya

  2. terima kasih untuk infonya, semoga postingan tersebut bermanfaat untuk kita semua 🙂

    1. Amiinn..sama”

  3. judulnya cukup 1 saja, tidak usah ada pengulangan judul

    1. okeyh siap

  4. kalo di Indonesia sendiri itu gimana ya kak…

    1. pelayanan kesehatan di Indonesia sendiri menurut saya belum sepenuhnya merata di setiap daerah, bahkan sampai saat ini masih ada masyarakat yang belum bisa merasakan pelayanan kesehatan.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

Lewat ke baris perkakas