Skip to toolbar
home Artificial Intelligence, Machine Learning Kenapa Harus Belajar Machine Learning?

Kenapa Harus Belajar Machine Learning?

1. Machine Learning Meningkatkan Efisiensi Belanja

Seperti contoh yang sudah dijabarkan diatas, salah satu pengaplikasian ML adalah di sektor e-commerce. Hampir semua e-commerce dimanapun akan mengadopsi jenis teknologi ini. Sebuah toko berbasis online akan sangat bergantung pada teknologi bagi keberlangsungan perusahaan nya. Dengan menggunakan ML, mereka dapat mengamati lebih dalam perilaku konsumen melalui barang yang mereka klik di layar hp / komputer mereka. Kemampuan ML untuk memberikan rekomendasi barang yang mungkin diminati oleh konsumen meningkatkan kemungkinan barang akan dibeli sehingga meningkatkan keuntungan perusahaan. Selain dapat memahami konsumen, dengan penggunaan ML, perusahaan dapat mengaplikasikan strategi bisnis yang lebih baik karena memiliki data yang dihimpun dari perilaku konsumen melalui ML.

Image for post

Online Shopping Illustration

2. Mendeteksi Cybercriminal

Seperti yang kita ketahui sendiri, dunia internet yang kini semakin tidak bisa dibendung menciptakan banyak sekali hal positif maupun negatif. Meski melahirkan banyak hal-hal menarik, faktanya masih banyak orang diluar sana yang menggunakan internet untuk melakukan hal negatif. Penipuan misal nya, sudah sejak lama kriminal jenis ini ada. Semenjak adanya internet, kini para kriminal dapat melakukan pencurian maupun penipuan melalui internet. Men-target orang-orang yang belum paham dunia internet, para pelaku kriminal ini terkadang menjalankan aksinya dengan cara menipu. Tak hanya menipu orang, beberapa kriminal bahkan menipu sistem. Seperti melakukan pembobolan sistem pada suatu database bank, melakukan pencurian uang, bahkan mencuri data nasabah. ML dalam pengaplikasian nya juga dapat diterapkan untuk dunia cybercriminal. Banyak bank-bank di seluruh penjuru dunia sudah mulai melek teknologi dan menggunakan AI maupun ML guna mencegah pencurian data. ML juga diterapkan oleh pemerintahan suatu negara. Belum lama ini, pemerintah kota Jakarta, Indonesia, bekerjasama dengan sebuah startup berbasis AI, ML, dan Data Science dalam hal cybercriminal. Mereka menggunakan teknologi seperti face recognition dan lain nya untuk mencegah terjadinya tindak kriminal di dunia internet.

Image for post

Hacker Illustration | Source: hackernoon.com

3. Karir yang lebih Baik

Pengaplikasian teknologi ML menjadi sangat populer di beberapa sektor industri. Hal ini menjadikan seorang teknisi Machine Learning kini menjadi buruan perusahaan, terlebih perusahaan yang berbasiskan teknologi. Sektor teknologi yang terus berkembang menjadikan Machine Learning sebagai salah satu bidang pekerjaan yang kini tengah diburu oleh perusahaan.

Image for post

Career Life Illustration | Photo by freestocks.org from Pexels

4. Bidang Machine Learning Sedang Diburu

Berhubungan dengan poin ketiga diatas, bidang ML kini sedang menjadi perburuan. Tak hanya oleh perusahaan, para mahasiswa maupun pekerja mulai berfikir untuk terjun ke dunia teknologi sebagai opsi karir mereka. rata-rata dapat menghasilkan delapan juta perbulan nya. Seiring dengan jabatan dan pengalaman, gaji seorang ML Engineer dapat melebih angka tadi. Persyaratan umum bagi seseorang yang ingin terjun ke dunia AI/ML/DL adalah matematika level SMA. Dengan kemampuan dasar yang terbilang cukup mudah, memungkinkan banyak orang akan mulai ‘banting-setir’ menjadi seorang Engineer di bidang teknologi terbarukan ini.

Image for post

Wanted Job Illustration | Source: whatamater.com

5. Machine Learning berhubungan dengan Data Science

Machine Learning secara teori berhubungan dengan Data Science. Jika kamu berminat memasuki dunia ML, kamu secara tidak langsung akan memiliki jalur untuk dapat menjadi seorang data scientist. Jika kamu memilih untuk berfokus salah satu, tidak masalah, namun jika kamu memutuskan untuk berfokus pada kedua nya, kamu akan memiliki kemampuan analisa data yang jauh lebih kompeten. Dengan analisa data yang kamu dapatkan, kamu bisa membuat model ML untuk memperdiksi data mu sendiri. Pada beberapa perusahaan tertentu, seorang ML engineer bekerja bersama dengan data scientist demi menghasilkan analisa yang lebih baik.

Image for post

Machine Learning and Data Science Relation Illustration | Source: miro.medium.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: