Skip to content


Komik Pendidikan Karakter

Rasa syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT karena atas segala nikmat, rahmat, dan hidayah-Nya penulis memiliki kemampuan dan kekuatan untuk menyajikan buku Karakter dalam Gambar ke hadapan para pembaca dan pemerhati pendidikan, khususnya pendidikan karakter. Buku ini merupakan salah satu produk hasil penelitian “Padepokan Karakter: Lokus Model Pembangunan Karakter dan Pembangunan Bangsa”.
Berdasar penelitian tersebut, dihasilkan beberapa produk. Produk-produk itu seperti, (1) Model Pembangunan Karakter Berbasis Lokus Padepokan Karakter,  (2) Buku Panduan Pembangunan Karakter  Bangsa, (2) Buku Ajar Pembangunan Karakter Bangsa, yang berisi bahan pengayaan dimensi sikap, dimensi pengetahuan, dimensi perilaku, persepsi dan evaluasi diri, serta memaknai gambar, (3) Cakram Padat (Compact Disc) Pembangunan Karakter Bangsa, (4) Rumah Ilmu, dan (5) Karakter dalam Gambar (Komik). Semua produk tersebut tersedia di Padepokan Karakter Jurusan Politik dan Kewarganegaraan (PKn) Fakulltas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Semarang (Unnes).
Penulis menyadari bahwa membangun karakter tidaklah mudah, tidak cukup hanya diajarkan, tetapi perlu diperkenalkan, diteladankan, dan dibiasakan. Itu pun hasil dan dampaknya baru dapat dirasakan dan dilihat dalam waktu yang cukup panjang. Namun demikian, tidak berarti bahwa pembangunan karakter tidak perlu dilakukan, melainkan justru harus didukung oleh semua pihak dengan berbagai langkah, metode, dan sarana.
Gambar/komik, khususnya yang berupa buku  banyak digemari dan dibaca orang karena mudah dicerna dan lucu. Orang bisa menikmatinya tanpa harus mengernyitkan dahi dan tegang. Namun demikian, seyogianya bersamaan dengan membaca buku ini, pembaca tetap berpikir dan merenungkan makna yang terkandung di dalamnya. Selanjutnya,  mengaitkan kepada fenomena kehidupan nyata saat ini, sebab boleh jadi banyak yang tidak sesuai dengan karakter bangsa yang diharapkan dan dijunjung tinggi. Tersajinya buku ini tidak lepas dari dorongan, bantuan, fasilitas, dan penguatan dari berbagai pihak. Sehubungan dengan hal itu, penulis menyampaikan terima kasih kepada Rektor Unnes Prof. Dr. Fathur Rokhman, M.Hum., Ka. LP2M Unnes Prof. Dr. Totok Sumaryanto F, M.Pd., Dekan FIS Dr. Subagyo, M.Pd., Ketua Jurusan PKn Drs. Slamet Sumarto, M.Pd., serta pihak-pihak lain yang tidak dapat disebutkan satu persatu.
Akhirnya, harapan yang diemban oleh Buku Karakter dalam Gambar ini dapat memberi kemanfaatan, meskipun hanya sebatas karya terbatas dari keluasan ilmu yang sangat luas. Selengkapnya tentang Komik ini sebagai berikut.

0 cover a40 cover awal0 tokoh1233a4566a7899a10111212a131414a15161717a18192020a21222324252626a27282929a30313232a

Posted in Uncategorized.


0 Responses

Stay in touch with the conversation, subscribe to the RSS feed for comments on this post.



Some HTML is OK

or, reply to this post via trackback.



Skip to toolbar