Resep Nugget Ayam Wortel

Bahan :
– 500 gram daging ayam cincang
– 1 buah wortel, serut kasar
– 1/2 buah bawang bombay
– 3 siung bawang putih, haluskan
– 2 butir telur
– 2 sendok makan tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung maizena
– 1 1/2 sendok teh merica bubuk
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan gula pasir
– 1 sendok teh kaldu ayam bubuk (optional)
– 1 sendok makan kecap ikan (fish sauce)
– 4 sendok makan tepung panir
– 2 sendok makan mentega

Untuk lapisan :
– 2 butir telur, kocok lepas
– tepung panir secukupnya

Cara membuat :

  • 1. Siapkan loyang, pastikan ukuran loyang pas dengan dandang kukusan. Alasi permukaan loyang kertas baking, olesi permukaan kertas dan bagian samping loyang dengan mentega. Sisihkan.

    2. Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan nugget, aduk rata dengan spatula.

    3. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang telah kita siapkan, ratakan permukaannya. Kukus adonan selama 25 – 30 menit hingga benar-benar matang. Adonan yang kurang matang akan lembek dan sulit dipotong.

    4. Keluarkan adonan dari dalam kukusan, biarkan hingga dingin. Olesi pisau dengan minyak goreng ketika akan memotong adonan agar tidak lengket. Potong-potong adonan sesuai bentuk yang inginkan.

    5. Gulingkan potongan nugget ke dalam kocokan telur, kemudian lumuri permukaannya dengan tepung panir, tekan-tekan agar tepung panir menempel erat diseluruh permukaan nugget. Gulingkan sekali lagi nugget ke telur dan tepung panir, agar nugget lebih crispy. Goreng dalam minyak panas dengan api kecil, karena tepung panir mudah menjadi gosong, hingga permukaan nugget menjadi coklat keemasan. Angkat dan tiriskan.

    7. Jika akan menyimpan nugget di freezer, setelah di lumuri dengan tepung panir, tata nugget di atas loyang, jangan bertumpukan, masukkan ke freezer hingga nugget membeku, kemudian simpan nugget di wadah tertutup rapat. Nugget tahan hingga 1 bulan.

Tinggalkan sebuah komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: