Seiring perkembangan teknologi, sepertinya tidak ada yang tidak mungkin dalam mendapatkan berbagai hal di dunia ini. Semakin maju teknologi, maka semakin maju pula perkembangan dunia bisnis. Apabila dulu bisnis hanya memanfaatkan sumber daya alam, maka di zaman sekarang ini hal tersebut sudah tidak berlaku lagi. Bahkan internet sudah bisa anda gunakan untuk memulai bisnis anda, dimana bisnis tersebut akan disebut sebagai bisnis online. Dalam tahap awal memulai bisnis online, ada berbagai cara yang bisa anda lakukan dan salah satunya pembuatan website bisnis online.

Manfaat lain yang bisa didapatkan dari membuat website adalah melakukan penjualan secara langsung produk anda, selain itu juga sebagai media promosi sebuah perusahaan dalam mengenalkan produknya secara luas. Anda bisa membuat website secara gratis dalam memulai bisnis anda, namun akan terlihat profesional bila anda mengeluarkan sedikit uang anda untuk membuat website anda terlihat profesional.

Apabila anda berkeinginan untuk membuat website sendiri, berikut ini langkah-langkah yang bisa anda lakukan dalam pembuatan website bisnis online. Sebelum anda memulai membuat website, anda perlu mempersiapkan beberapa hal dibawah ini.

Domain
Anda perlu mempersiapkan domain yang akan anda gunakan pada website, seperti contoh “www.perusahaan.com”. Pada langkah ini anda bisa membeli domain karena anda akan membuat website premium, anda bisa mendapatkannya dari penyedia nama domain ataupun registar.

Hosting
Selanjutnya anda membutuhkan hosting, dimana hosting tersebut akan dikaitkan dengan domain anda. Fungsi hosting ini adalah sebagai tempat penyimpanan seluruh data dari website anda, seperti gambar, teks, video, dan berbagai hal lain. Anda bisa mendapatkan hosting ini dari melakukan penyewaan, dan anda bisa menentukan kapasitas sesuai keperluan anda.

Setelah anda sudah mempersiapkan seluruh kebutuhan diatas, berikut ini langkah pembuatan website bisnis online.

Mempersiapkan software pembuat website (CMS)
Setelah domain dan hosting anda dapatkan, selanjutnya anda harus menginstal software untuk membuat website. Salah satu software yang bisa anda gunakan adalah wordpress, karena wordpress ini merupakan salah satu software yang paling populer saat ini.

Login ke Cpanel
Setelah menyewa hosting, dari penyedia hosting anda akan diberikan akses untuk menuju cpanel. Disini anda bisa mengatur program pendukung website, dan anda juga bisa mengakses dengan mengetikkan namadomain.com/cpanel pada browser anda.

Install wordpress
Selanjutnya anda perlu menginstal wordpress, biasanya ada di bagian software dan service kemudian softaculous. Softaculous ini merupakan program auto installer yang hanya bisa disediakan oleh pihak hosting, dan itulah langkah pembuatan website.

Setelah anda menyelesaikan langkah diatas, anda sudah bisa melanjutkan dengan mendesain tampilan website anda. Terakhir anda sudah bisa membagikan konten-konten dan postingan anda di website yang sudah anda buat tadi, dan semoga artikel diatas bermanfaat untuk anda.