Minang’s Story 6

Assalamu’alaikum Wr Wb..

Hallo Semangat Pagi semua, walaupun hari udah Sore temen-temen semangatnya juga harus seperti di Pagi hari yaa..

Melanjutkan Postingan-postingan sebelumnya, di Postingan ini saya akan menceritakan bagaimana kegiatan saya selama mengikuti Program Permata di Padang.

Selasa, 28 Desember 2017. Saya mengikuti kegiatan yang diselenggarakan oleh mahasiswa Jurusan Sosiologi dan Antropologi semester 5, yaitu seruan advokasi untuk membela guru honorer yang gajinya sangat tidak manusiawi. Sebenranya ini merupakan praktek dari mata kuliah Advokasi Pendidikan yang mata kuliahnya diambil oleh mahasiswa semester 5. Acara ini dibuka untuk umum, siapa saja boleh mengikuti kegiatan ini. Kami melakukan seruan advokasi dengan mengelilingi UNP. Kami menyuarakan pendapat kami dan keluh kesah kami melihat fenomena guru honorer yang hanya digaji 300 ribu per bulan. Tidak sebanding dengan pengorbanan yang dilakukakan oleh guru honorer.

Peserta Aksi Bela Guru Honorer

Aksi ini awalnya hanya diikuti oleh mahasiswa Sosiologi saja, tetapi melihat antusias dan semangat dari peserta aksi, maka orang-orang di sekitar ikut pula dalam aksi yang kami lakukan. Banyak diantaranya yang mengeluarkan suara mereka mengenai nasib guru honorer, diantaranya ada bang Aseng selaku ketua BEM FIS. Bang Aseng menyuarakan suaranya dengan lantang sehingga mampu menghipnotis siapapun yang mendengarnya.

Seruan aksi ini dimulai dari pukul 10.00 dengan mengelilingi UNP. Banyak yang mendengarkan seruan aksi kami dan ikut berpendapat. Saat itu juga terdapat rombongan guru yang melihat aksi kami dan mengapresiasi aksi yang kami lakukan. Setelah mengelilingi UNP, kami menuju ke Taman FIS untuk beristirahat sejenak, kemudian dilanjutkan dengan penampilan drama musikal oleh mahasiswa lainnya, dan siapa saja yang ingin menyuarakan pendapatnya mengenai gaji guru honorer ini. Seruan Aksi ini berlangsung sampai pukul 13.00.

Selanjutnya pada hari Kamis, 30 November 2017. Setelah kami melakukan tutor mata kuliah Kajian Gender, pada pukul 13.30 kami melihat-lihat Kopma Expo dan Bazar yang diselanggarakan oleh koperasi mahasiswa universitas Negeri Padang. Di bazar tersebut dijual beberapa sandang dan pangan yang penjualnya adalah para mahasiwa UNP. Pelaksanaan acara kopma expo dan bazar ini dilaksanakan depan gedung PKM (Pusat Kreativitas Mahasiswa).

Suasana Kopma Expo dan Bazar

Pada minggu ini, tidak terlalu banyak saya mengikuti banyak kegiatan. Karena banyak tugas kuliah yang harus saya kerjakan. Tunggu postingan sayaa minggu depan yaa, semogaa banyak kegiatan yang saya lakukakn.. See you…

Wassalamu’alaikum Wr Wb..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: