Sosiologi Politik: Civil Society

Assalamu’alaikum Wr wb..

Haii.. Saya akan posting kembali nih mengenai beberapa mata kuliah yang saya sukai selama pembelajarannya. Sebelum-sebelumnya sudah ada beberapa yang saya posting per minggunya. Jadi favorite disini per minggu nya berbeda-beda yaa. Bukan bahas satu mata kuliah saja..

Kali ini saya akan mereview kembali materi kuliah Sosiologi Politik yang kemarin diisi oleh Bapak Reno Fernandes. Perkuliahan dilaksanakan pada Hari Rabu, 23 November 2017 pukul 10.40 di gdung Integrated A. Di minggu ini, kelas kami membahas mengenai Civil Society. Berikut penjelasannya.

Sebuah wilayah bisa dikatakan sebuah negara apabila mempunyai 3 Komponen penting, yakni Pemerintah, Rakyat, dan Wilayah. Ketiganya sangat dibutuhkan, apabila salah satu tidak ada maka tidak ada lah sebuah negara. Civil Society atau biasa disebut dengan Masyarakat yang beradab. Masyarakat yang beradab harus memiliki jiwa yang demokratis, Memiliki Ilmu pengetahuan, peduli, dan partisipatif. Dalam sebuah negara, terdapat 3 bagian masyarakat yang harus seimbang dalam melaksanakan tugas-tugasnya, yaitu ada Pemerintah, Non Pemerintah, dan Pasar. Ketiganyabharus seimbang. Ketika pemerintahan terlalu kuat maka akan terjadi sebuah otoriter. Ketika non Pemerintah terlalu kuat, maka akan menimbulkan suasana hura-hura. Sedangkan jika pasar terlalu kuat maka akan menciptakan adanya kapitalis. Ketiganya harus berjalan bersama dan seimbang.

Civil Society, atau di Indonesia diisebut dengan LSM (Lembaga Swadaya Masyarakat) atau NGO (Non Government Organization) merupakan lapisan masyarakat yang mempunyai tugas untuk mengontrol laju kerja dari pemerintah dan kegiatan pasar.

Peran Civil Society dari awal ada sampai sekarang masih sama. Yaitu mengawasi laju kerja dari pemerintah dan kegiatan pasar. Namun ada sedikit perbedaan, yaitu peran Civil Society yang dulu, tepatnya pada masa sebelum reformasi, yaitu menjadi pengkritik pemerintah (Kontra Pemerintah), sedangkan setelah reformasi, Civil Society lebih ke Pro Pemerintah, artinya Civil Society bekerjasama dengan Pemerintah untuk bersama memajukan masyarakat yang madani.

Itulah sedikitt review dari perkuliahan Sosiologi Politik di Minggu ini.. sampai jumpa di post selanjutnyaa,,

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: