Kajian Gender Lingkungan dan Ekonomi

Assalamu’alaikum Wr Wba ..

Haii, masih sama dengan Episode sebelumnya (kaya sinetron). di postingan kali ini saya akan memposting mengeai mata kuliah Favorite saya pada minggu ke 8 saya di UNP, yaitu Kajian Gender.

Pada pertemuan yang dilaksanakan pada hari Kamis, 14 Desember 2017 pukul 11.30, Bu Erda memberikan materi mengenai Gender dan Lingkungan,

Pad apertemuan kali ini membahas bagaimana peran perempuan terhadap keikutsertaan dalam pelestarian alam. Disini Bu Erda menceritakan sedikit mengenai isi buku “Perempuan di Hutan Mangrove” karya P.M Laksono. Kesimpulan yang dapat diambil dari dalam buku itu adalah, bahwa tokoh perempuan terkadang lebih ulet dalam menjaga lingkungan. Perempuan lebih tau seluk beluk bagaimana penggunaan alam yang baik. Karena pada dasarnya perempuan lah yang mempunyai kesadaran lingkungan. Pada kenyataannya kita melihat bagaimana uletnya seorang perempuan dalam menanam tanaman, abagiaman kemudian ia melestarikannya, dan bagaimana ia memanfaatkan tanaman tersebut. Perempuan lah yang mengetahui apakah sebuah tanaman bisa dimakan ataukah hanya digunakan sebagai kerajinan saja. Itulah perempuan, dengan tingkat kepekaan perasaannya, ia jauh lebih memahami alam.

selanjutnya dari pertemuan kali ini ialah membahas bagaimana Gender dan Ekonomi. Di sini, kit amelihat bahwa upah seorang laki-laki dan seorang perempuan berbeda, padahal jika diukur pada intensitas lama dan berat kerjaannya sama antara laki-laki dan perempuan. Namun kebanyakan orang lebih menilai pekerjaan laki-laki daripada perempuan, karena laki-laki dianggap sebagai pencari nafkahh utama, sedangkan perempuan sebanyak apapun hasilnya, ia masi dianggap sebagai pekerja kedua di rumah. Di peretemuan ini kami juag membahas bagaimana peran ganda yang dialami oleh seorang perempuan, yang bekerja di sektor publik, juag mengemban amanahnya untuk bekerja di sektor domestik. Diskusi yang kami lakukan dengan Bu Erda sangatlah seru dan membuat kami banyak untuk bercerita dan berpendapat mengenai permasalahan gender.

sekian dulu post kali ini.. tunggu kelanjtan postnya yaa..

wassalamu’alaikum Wr Wb

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: