|| Pembelajaran Online #11

jarak jauhMedia Belajar OnLine adalah salah satu bentuk media pembelajaran jarak jauh dengan menggunakan fasilitas internet sehingga mereka dapat saling berkomunikasi secara online. Di sini, dibahas berbagai topik seputar pendidikan baik dari jejang SD, SMP, maupun SMA. Topik-topik yang disampaikan dapat dipelajari dan digunakan oleh siapa saja yang tertarik menggunakannya tanpa memerlukan ijin dari penulis karena penulis sadar apa yang disampaikannya sebenarnya juga datang dari berbagai pihak lain yang juga melakukan hal yang sama yakni berbagi ilmu.

Pembelajaran online ini merupakan salah satu metode belajar mengajar dimana orang-orang yang terlibat di dalamnya tidak saling bertatap muka atau bertemu dalam suatu tempat namun terpisahkan oleh jarak yang jauh. Namun mereka dapat berkomunikasi secara online

Saat ini sudah banyak tersedia berbagai media komunikasi yang dapat menghubungkan berbagai orang di berbagai tempat yang saling berjauhan. misalnya TV, koran, majalah dan yang gak boleh ketinggalan Internet. Dibandingkan dengan media lain Internet mempunyai beberapa keistimewaan salah satunya antaranya adalah kemudahan untuk berkomunikasi dua arah yang artinya apa yang disampaikan salah satu pihak yang terlibat dapat ditanggapi oleh pihak lain. Jadi bisa saling berkomentar.

Dalam model belajar ini peran siswa dalam menentukan keberhasilan sangat besar. Mereka harus sadar bahwa pusat proses belajar berada dalam diri mereka sendiri. merekalah yang bertanggungjawab dengan keberlangsungan proses pembelajaran. Karena manfaat yang akan diperoleh juga buat mereka sendiri. berusaha sendiri di tempat sendiri dimanapun mereka berada dan kapanpun mereka mau

Dalam pembelajaran tipe ini sangat bergantung dengan komunikasi pengajar dengan siswa-siswa yang terlibat di dalamnya. Topik yang dibahas oleh pengajar harus mendapat umpan balik dari siswanya, baik berupa pertanyaan ataupun komentar.

Itulah belajar jarak jauh secara online yang dapat kita manfaatkan sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan. moga-moga blog ini juga dapat berperan sebagai media belajar online sesuai dengan namanya.


Referensi:

https://mediabelajaronline.blogspot.co.id/2010/02/media-belajar-online.html


“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan ini saya ambil dari blog-blog terpercaya serta saya cantumkan sumbernya.”

Tags: , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:


Skip to toolbar