Archives for Antropologi Category\

Asyiknya Belajar Antropologi Kesehatan

Saturday, November 21st, 2015

Siapa yang tahu betapa asiknya belajar antropologi kesehatan. Belajar antropologi kesehatan bukan hanya sekedar tahu tentang sehat dan sakit, tidak juga berkaitan dengan obat, jarum suntik, ruang operasi seperti yang ada dalam benak banyak orang. Tapi belajar antropologi adalah belajar bagaimana budaya dapat mempengaruhi tingkat kesehatan masyarakat, dalam antropologi kesehatan juga kita dapat mengetahui seperti apakah pengobatan-pengobatan tradisional yang hanya dapat kita kemui dalam satu komunitas masyarakat saja. Asyik, sudah tentu sangat asyik. Mari kita bersama-sama belajar Antropologi Keseahatan. (more…)

Review Budaya Kekerasan dalam Perspektif Nilai-nilai dan Etika Masyarakat Jawa

Sunday, November 15th, 2015

Kebudayaan Jawa dikenal dengan kebudayaan yang halus dan adiluhung. Sikap halus tersebut diekpresikan oleh masyarakat Jawa pada berbagai hasil kebudayaan tari-tarian Jawa yang gerakannya halus, serta gemulai. Selain diespresikan dalam bentuk tarian, masyarakat Jawa menampilkan sikap halus pada kehiduan sehari-hari. Nilai serta etika luhur masyarakat Jawa menjadi jatidiri dan sikap hidup orang Jawa yang berupa sikap Hormat, Rukun, dan Isin. (more…)

Posted in Antropologi | 6 Comments »

Struktur Sosial Desa Karangreja

Friday, November 13th, 2015

Saya bertempat tinggal di Desa Karangreja, Majenang, Kabupaten Cilacap. Daerah tempat saya tinggal, masih termasuk kedalam daerah pedesaan dengan sektor ekonomi mayoritas pertanian. Tidak beda dengan daerah daerah lain, di Desa Karangreja juga terdapat stratifikasi sosial yang indikatornya berdasarkan kekayaan, kehormatan, pendidikan, namun di desa Karangreja tidak ada stratifiksi berdasarkan keturunan.

Stratifikasi sosial menciptakan perbedaan kelas-kelas sosial. Kelas sosial di Desa Karangreja dibedakan menjadi tiga, yaitu kelas sosial atas, kelas sosial menengah, dan kelas sosial bawah. (more…)

Posted in Antropologi | 3 Comments »