Archives for Pembelajaran Sosiologi Category\

Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

poto_3 Kearifan lokal merupakan sebuah gagasan setempat yang berisi pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang mengandung kebijaksanaan, kearifan, bernilai baik yang tertananam dan diikuti oleh satu generasi ke generasi berikutnya. Kearifan lokal sering juga dijadikan sebagai dasar (akal) untuk masyarakat bertindak terhadap sesuatu maupun suatu peristiwa yang terjadi. Kearifan lokal muncul dengan berevolusi bersama masyarakat dan lingkungannya, adapun persebarannya melalui sastra lisan dan menuskrip. Kearifan lokal yang bernilai luhur dan tertanam kuat pada masyarakat dijadikan sebagai alat untuk berpandangan hidup, mengambil keputusan, serta mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang. (more…)

Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

Masih berbicara seputar globalisasi. Globalisasi yang membawa banyak sekali perubahan sosial di masyarakat memiliki dampak munculnya ketimpangan sosial. Dibawah ini akan dipaparkan penjelasannya.

20176_ilustrasi_ketimpangan_ekonomi_1200x627-580x303 Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Dua faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

img_3883

Kita adalah manusia modern yang dapat dengan mudah mengakses semua hal dengan mudah, cepat, dan singkat. Globalisasi menjadi salah satu tonggak kemajuan peradaban dunia membawa perubahan yang sangat cepat disegala bidang baik teknologi, sosial, politik, budaya. jauh menjadi dekat, susah menjadi mudah. Tentunya banyak sekali hal positif yang kita dapat dari adanya globalisasi. Namun, apakah selamanya globalisasi menguntungkan. Semua hal hal pasti memiliki dua sisi yang berbeda, ada positif ada pula negatuf. Tak terkecuali globalisasi, selain memebawa perubahan ke arah yang baik, tentunya globalisasi juga membawa dampak negatif di dalamnya. berikut penjelasannya. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Perubahan Sosial dan Dampaknya (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

A. HAKIKAT PERUBAHAN SOSIAL

Pengertian Perubahan Sosial

gadget Setiap masyarakat pasti mengalami perubahan. Perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. Kingsley Davis mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Permasalahan Sosial dalam Masyarakat (Materi Sosiologi SMA Kelas XI)

Wednesday, December 23rd, 2015

miskin

Masalah sosial adalah suatu kondisi yang terlahir dari sebuah keadaan masyarakat yang tidak ideal, atau definisi masalah sosial yaitu keditak sesuaian unsur-unsur masyarakat yang dapat membahayakan kehidupan kelompok sosial. Masalah sosial merupakan suatu kondisi yang dapat muncul dari keadaan masyarakat yang kuranga atau tidak ideal, maksudnya selama terdapat kebutuhan dalam masyarakat yang tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan tetap selalu ada didalam kehidupan. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Pembentukan Kelompok Sosial (Materi Sosiologi SMA Kelas XI)

Wednesday, December 23rd, 2015

kelompok Kelompok sosial adalah kumpulan orang yang memiliki kesadaran bersama akan keanggotaan dan saling berinteraksi. Kelompok diciptakan oleh anggota masyarakat. Kelompok juga dapat memengaruhi perilaku para anggotanya. Menurut Sorjono Soekanto kelompok sosial adalah himpunan atau kesatuan-kesatuan yang hidup bersama karena adanya hubungan di antara mereka secara timbal balik dan saling mempengaruhi. Sedangkan menurut Hendro Puspito kelompok sosial adalah suatu kumpulan nyata, teratur dan tetap dari individu-individu yang melaksanakan peran-perannya secara berkaitan guna mencapai tujuan bersama. Jika merujuk Paul B. Horton & Chaster L. Hunt, kelompok sosial adalah suatu kumpulan manusia yang memiliki kesadaran akan keanggotaannya dan saling berinteraksi. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial (Materi Sosiologi SMA Kelas XI)

Wednesday, December 23rd, 2015

55709be00423bd925d8b456d“Perbedaan budaya tidak boleh memisahkan kita dari yang lain. Keragaman budaya justru harus membawa sebuah kekuatan kolektif yang dapat bermanfaat bagi seluruh umat manusia”. (Robert Alan)

Perbedaan dan keberagaman bukanlah sumber pemecah belah. Prinsip kesetaraan dan harmoni sosial menumbuhkan toleransi di dalam masyarakat. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Integrasi Sosial dan Reintegrasi Sosial Sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan (Materi Sosiologi SMA Keas XI)

Wednesday, December 23rd, 2015

Artikel dibawah ini akan menjelaskan secara singkat mengenai apa itu integrasi dan reintegrasi sosial. mari kita simak bersama.

“Integrasi sosial sebagai solidaritas yang tinggi dan identifikasi mutual”[Majelis Umum PBB]
Reintegrasi merupakan suatu proses sosial dalam menyatukan kembali pihak-pihak yang berkonflik untuk berdamai atau bersatu kembali seperti kondisi sebelum terjadi konflik. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya (Materi Sosiologi SMA Kelas XI)

Wednesday, December 23rd, 2015

21konflik “Perdamaian bukan ketiadaan konflik. Perdamaian adalah kemampuan untuk menangani konflik dengan cara damai.”(Ronald Reagan)

Dalam proses interaksi, tidak seluruh masyarakat berjalan beriringan. Selalu akan ada perbedaan dalam mencapai tujuan, baik antarindividu, maupun kelompok. Hal inilah yang akan menimbulkan konflik dalam masyarakat.

  1. Pengaruh Diferensiasi Sosial dan Stratifikasi Sosial

Secara umum, diferensiasi dan stratifikasi sosial memberikan pengaruh positif dan negative pada masyarakat. Pengaruh positifnya, diferensiasi dan stratifikasi sosial dapat mendorong terjadinya integrase sosial, sedangkan pengaruh negatifnya adalah terjadinya disintegrasi sosial. Diferensiasi sosial dapat menimbulkan primordialisme, etnosentrisme, politik aliran, dan terjadinya proses konsolidasi. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Metode Penelitian Sosial (Materi Sosiologi SMA Kelas X)

Wednesday, December 23rd, 2015

24643-clipart-illustration-of-sherlock-holmes-a-caucasian-man-in-a-green-hat-coat-and-pants-smoking-a-pipe-and-peering-through-a-magnifying-glass-while-searching-for-evidenceKalian pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah penelitian bukan? ya.. Penelitian sering diucapkan oleh banyak orang, dan penelitian biasanya identik dengan laboratrium dan berbagai alat-alat. Namun, apa sebenarnya arti dari penelitian. Yang harus kita tahu, penelitian bukan hanya sekedar dilakukan oleh ahli ilmu eksak lho, namun ahli ilmu sosial khususnya sosiologi juga memiliki metode penelitian, yaitu penelitian sosial. Berikut akan dijelaskan secara singkat mengenai penelitian sosial. selamat membaca… (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »