Archives for November 15th, 2015

Resensi Buku Oleh-oleh Cerita dari 8 Negara

Sunday, November 15th, 2015

Judul : Oleh-oleh Cerita dari 8 Negara

Penulis : Lucy

Penerbit : Leutika, 2010. Yogyakarta

Hmmm… tentunya banyak orang sangat memimpikan dapat mengunjungi tempat-tempat di dunia ini.

Saya salah satunya, melancong ke berbagai tempat yang belum pernah saya kunjungi sebelumnya adalah impian besar yang harus saya gapai.

Obsesi traveling ini semakin besar setelah saya membaca buku berjudul “Oleh-oleh Cerita dari 8 Negara”. Oleh-oleh didalam buku ini tentunya bukan hanya sekedar benda pernak-pernik khas dari berbagai penjuru negeri, bukan juga kain khas dari negara yang dikunjungi, atau bahkan cemilan aseli buatan si tuan rumah, tapi oleh-oleh yang ada dalam buku ini berupa cerita-cerita pengalaman yang unforgettable dari si empunya [penulis : Lucy] yang akan membuat para pembacanya penasaran untuk membaca lembar demi lembar halamannya. (more…)

Analisis Film Sicko (tugas Mata Kuliah Sosiologi Kesehatan)

Sunday, November 15th, 2015

Film Sicko adalah sebuah film dokumenter yang menceritakan betapa susahnya mendapatkan layanan kesehatan di negara Amerika. Penggunaan asuransi bahkan tidak menjamin akan dimudahkannya layanan serta penanganan kesehatan dari pusat medis. Warga negara Amerika akan mangalami kesulitan dalam mendapatkan fasilitas kesehatan yang memadai, apalagi bagi mereka yang kesusahan (miskin). Meskipun telah tersedia berbagai macam asuransi kesehatan, di Amerika banyak sekali tipu daya dari pihak asuransi yang pada ujungnya membuat warga Amerika tidak bisa klaim. (more…)

Posted in Sosiologi | 7 Comments »

Review Budaya Kekerasan dalam Perspektif Nilai-nilai dan Etika Masyarakat Jawa

Sunday, November 15th, 2015

Kebudayaan Jawa dikenal dengan kebudayaan yang halus dan adiluhung. Sikap halus tersebut diekpresikan oleh masyarakat Jawa pada berbagai hasil kebudayaan tari-tarian Jawa yang gerakannya halus, serta gemulai. Selain diespresikan dalam bentuk tarian, masyarakat Jawa menampilkan sikap halus pada kehiduan sehari-hari. Nilai serta etika luhur masyarakat Jawa menjadi jatidiri dan sikap hidup orang Jawa yang berupa sikap Hormat, Rukun, dan Isin. (more…)

Posted in Antropologi | 6 Comments »