Archives for December, 2015

Karya Ilmiah dan Metode Penelitian Antropologi (Materi Antropologi SMA Kelas XII)

Thursday, December 24th, 2015

A. Hakikat Karya Ilmiah.

pen_paper_cartoonKata “ilmiah” dalam berbagai kesempatan seringkali dipandang sebagai sesuatu yang rumit, terbatas, milik pihak tertentu saja dan sulit dilakukan. Tema ilmiah, misalnya terbatas pada ahli-ahli bidang tertetu. Karya ilmiah juga sering dipahami sebagai karya yang dihasilkan oleh ahli dalam bidang tertentu yang sudah memiliki kadar keilmuan tertentu pula. Jika penulis karya ilmiah adalah pakar atau ahli dalam bidanhg tertentu, lalu apakah yang dimaksud dengan karya ilmiah? (more…)

Relativitas, Ketahanan, Inovasi dan Asimilasi Budaya (Materi Antropologi Kelas XII)

Thursday, December 24th, 2015

Relativitas Budaya

budayaDiversitas budaya di antara etnis yang tinggal di kepulauan Indonesia menandai, bahwa masing-masing masyarakat etnis mempunyai sistem tata nilai, norma, adat istiadat, dan hukum adat yang berbeda. Perbedaan sistem tata nilai, norma, adat istiadat, dan hukum adat masyarakat menyebabkan penerapan suatu budaya luar belum tentu sesuai dengan budaya lokal masyarakat. Hal tersebut dilatarbelakangi oleh sistem budaya yang dianut masing-masing masyarakat berlainan. Sistem tata nilai budaya yang dianggap baik di suatu daerah, belum tentu di daerah lain akan dianggap baik. Realita ini memunculkan suatu teori yang disebut relativisme budaya. Berdasar teori relativisme budaya pemahaman mendalam terhadap kultur masyarakat merupakan persyaratan mutlak sebelum ditarik suatu penilaian budaya. Hal ini berlaku pula bagi identifikasi gejala sosial budaya, penentuan program pembangunan maupun pemberdayaan masyarakat yang memiliki karakteristik sistem nilai, norma, adat isitiadat dan hukum adat yang berbeda. (more…)

Posted in Pembelajaran Antropologi SMA | No Comments »

Proses Globalisasi dan Strategi Mempertahankan dan Memperkuat Nilai-nilai Budaya Indonesia (Materi Antropologi Kelas XII)

Thursday, December 24th, 2015

globalizationGlobalisasi berasal dari kata “global” yang artinya universal. Globalisasi adalah suatu proses yang menempatkan masyarakat dunia bisa menjangkau satu dengan yang lain atau saling terhubungkan dalam semua aspek kehidupan mereka, baik dalam budaya, ekonomi, politik, teknologi maupun lingkungan (Winarno:2006:39). Sedangkan menurut Emmanuel Ritcher, globalisasi merupakan sebuah jaringan kerja global yang secara bersamaan menyatukan masyarakat yang berada di enjuru dunia untuk saling ketergantungan dan mempersatukan dunia. Globalisasi yang ditandai dengan evolusi informasi menuntut nilai-nilai dan norma baru dalam kehidupan skala nasional maupun internasional. (more…)

Posted in Pembelajaran Antropologi SMA | No Comments »

Kesetaraan dan Hubungannya dengan Perubahan Sosial Budaya (Materi Antropologi SMA Kelas XII)

Thursday, December 24th, 2015

dsfsdsd-580x390Kesetaraan manusia bermakna bahwa manusia sebagai mahkluk ciptaan Tuhan Yang Maha Esa memiliki tingkat atau kedudukan yang sama. Tingkatan atau kedudukan tersebut bersumber dari adanya pandangan bahwa semua manusia diciptakan dengan kedudukan yang sama yaitu sebagai makhluk mulia dan tinggi derajatnya dibanding makhluk lain. Kesetaraan juga bukan berarti menolak adanya perbedaan. Kesetaraan adalah tentang bagaimana dengan berbagai macam perbedaan dapat bersatu, dan dapat menciptakan warna kemajemukan. (more…)

Posted in Pembelajaran Antropologi SMA | No Comments »

Budaya Lokal, Budaya Nasional, Budaya Asing, dan Hubungan Antar Budaya di Era Globalisasi (Materi Antropologi SMA Kelas X)

Thursday, December 24th, 2015

Pengertian dan Definisi Kebudayaan Lokal

Budaya-Lokal Budaya lokal adalah nilai-nilai lokal hasil budi daya masyarakat suatu daerah yang terbentuk secara alami dan diperoleh melalui proses belajar dari waktu ke waktu. Budaya lokal dapat berupa hasil seni, tradisi, pola pikir, atau hukum adat.
Indonesia terdiri atas 34 provinsi, karena itu memiliki banyak kekayaan budaya. Kekayaan budaya tersebut dapat menjadi aset negara yang bermanfaat untuk memperkenalkan Indonesia ke dunia luar, salah satu di antaranya adalah Candi Borobudur. (more…)

Posted in Pembelajaran Antropologi SMA | No Comments »

Budaya, Perwujudan, Unsur, Isi atau Substansi Budaya, dan Nilai Budaya (Materi Antropologi SMA Kelas X)

Thursday, December 24th, 2015

culture-2-390x285 Banyak orang berpikir bahwa budaya dan kebudayaan adalah identik dengan kesenian baik berupa lukisan, musik, atau tarian daerah. Akan tetapi, jika dikaji lebih mendalam, ternyata makna budaya dan kebudayaan tidak sesingkat itu lho. Banyak sekali hal yang nyatanya belum banyak diketahui oleh orang banyak mengenai pengertian budaya. Mari kita mulai belajar budaya dan kebudayaan (more…)

Posted in Pembelajaran Antropologi SMA | No Comments »

Konsep Dasar, Peran, Fungsi, Keterampilan Antropologi dalam Mengkaji Kesamaan dan Keberagaman Budaya, Agama, Religi/Kepercayaan, Tradisi dan Bahasa (Materi Antropologi SMA Kelas X)

Wednesday, December 23rd, 2015

anthropology-slu Apakah kalian tahu apa itu antropologi? sebelum kita belajar banyak tentang antropologi, akan lebih baik jika kita mengetahui konsep dasarnya terlebih dahulu. dibawah ini akan disajikan penjelasan singkat mengenai konsep dasar antropologi dan serba-serbinya, selamat membaca.

1.      Konsep Dasar Antropologi
Kata Antropologi berasal dari dua kata, yaitu antrhropos dan logos kata anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu, dengan dmikian maka antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia yaitu mempelajari ras-ras manusia, ciri fisiknya, kebudayaannya, perilakunya dsb. Adapun menurut Keesing dan Keesing antropologi merupakan studi mengenai manusia, baik dalam kedudukannya sebagai bagian dari dunia binatang maupun dalam kedudukannya sebagai bagian dari kehidupan masyarakat. (more…)

Posted in Pembelajaran Antropologi SMA | No Comments »

Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

poto_3 Kearifan lokal merupakan sebuah gagasan setempat yang berisi pandangan hidup dan pengetahuan lokal yang mengandung kebijaksanaan, kearifan, bernilai baik yang tertananam dan diikuti oleh satu generasi ke generasi berikutnya. Kearifan lokal sering juga dijadikan sebagai dasar (akal) untuk masyarakat bertindak terhadap sesuatu maupun suatu peristiwa yang terjadi. Kearifan lokal muncul dengan berevolusi bersama masyarakat dan lingkungannya, adapun persebarannya melalui sastra lisan dan menuskrip. Kearifan lokal yang bernilai luhur dan tertanam kuat pada masyarakat dijadikan sebagai alat untuk berpandangan hidup, mengambil keputusan, serta mengatasi masalah dan pemenuhan kebutuhan masyarakat di berbagai bidang. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

Masih berbicara seputar globalisasi. Globalisasi yang membawa banyak sekali perubahan sosial di masyarakat memiliki dampak munculnya ketimpangan sosial. Dibawah ini akan dipaparkan penjelasannya.

20176_ilustrasi_ketimpangan_ekonomi_1200x627-580x303 Ketimpangan sosial dapat diartikan sebagai adanya ketidakseimbangan atau jarak yang terjadi ditengah-tengah masyarakat yang disebabkan adanya perbedaan status sosial, ekonomi, ataupun budaya. Ketimpangan sosial dapat disebabkan oleh adanya faktor-faktor penghambat, sehingga mencegah dan menghalangi seseorang untuk memanfaatkan akses atau kesempatan-kesempatan yang tersedia. Dua faktor penghambat tersebut adalah sebagai berikut. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »

Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal (Materi Sosiologi SMA Kelas XII)

Wednesday, December 23rd, 2015

img_3883

Kita adalah manusia modern yang dapat dengan mudah mengakses semua hal dengan mudah, cepat, dan singkat. Globalisasi menjadi salah satu tonggak kemajuan peradaban dunia membawa perubahan yang sangat cepat disegala bidang baik teknologi, sosial, politik, budaya. jauh menjadi dekat, susah menjadi mudah. Tentunya banyak sekali hal positif yang kita dapat dari adanya globalisasi. Namun, apakah selamanya globalisasi menguntungkan. Semua hal hal pasti memiliki dua sisi yang berbeda, ada positif ada pula negatuf. Tak terkecuali globalisasi, selain memebawa perubahan ke arah yang baik, tentunya globalisasi juga membawa dampak negatif di dalamnya. berikut penjelasannya. (more…)

Posted in Pembelajaran Sosiologi | No Comments »