Kenapa Mahasiswa Harus Belajar Bisnis Online?

Internet of Thing sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Ia menawarkan kecepatan dan kemudahan. Tidak hanya kaum muda, juga dirasaakan oleh kaum yang sudah menua. Salah satu kelompok yang menikmatinya adalah mahasiswa.

Dengan internet, mahasiswa tidak hanya menerima manfaatnya untuk kebutuhan perkuliahannya saja. Seperti, mengakses provider jurnal-jurnal internasional yang telah bekerja sama dengan pihak kampus. Namun, mahasiswa juga dapat memanfaatkan internet untuk kebutuhan bisnis. Ya, bisnis online.

Banyak ragam bisnis yang dapat dijalankan oleh seorang mahasiswa. Dari jualan baju, sepatu, lukis, jasa desain, atau jasa penerjemahan. Semua itu dapat ditawarkan secara online.

Lalu, selain mendapatkan keuntungan, apa saja sih manfaat dari berbisnis online bagi para mahasiswa? Berikut ini sekelumit manfaat bisnis online bagi mereka:

1. Belajar Mengelola Bisnis Sendiri

Salah satu nilai dalam mengelola bisnis online adalah strategi. Mahasiswa akan terlatih menggunakan strategi yang tepat untuk memasarkan produk mereka di platform yang mungkin sama. Dengan tujuan tentunya untuk dapat memenangkan persaingan di kancah bisnis online.

2. Mengasah Kreativitas

Bisnis online bisa menjadi kampus semesta di mana mereka bisa menerapkan ilmunya. Walau terkadang tidak sesuai dengan jurusan yang diambilnya. Mereka yang kreatif akan muncul ke permukaan dan memenangkan persaingan. Kreativitas tidak hanya dalam hal bagaimana mengemas produk yang dipasarkan. Namun juga kreativitas dalam hal bagaimana mereka menawarkan produknya ke konsumen.

3. Mendapatkan Penghasilan Sendiri

Selain mendapatkan ilmu berbisnis, tentu mahasiswa juga dapat mendapatkan fresh money. Uang tersebut dapat di-compound untuk peningkatan bisnis atau pun digunakan untuk membiayani perkuliahan. So, bisa sekaligus mengurangi beban orang tua.

4. Memperluas Jaringan Bisnis

Kampus menjadi sumber jejaring bisnis yang sangat bagus. Mereka dapat membuat perkumpulan para pebisnis online di kampus. Berdiskusi mengenai perkembangan bisnis masing-masing. Mengelompokkan beragam masalah yang umum ditemui. Serta memgambil keputusan yang telah untuk mengatasi masalah atau pun mengembangkan bisnis tersebut.

5. Membuka Lapangan Pekerjaan

Tidak sedikit mereka yang sudah sukses di bisnis online maupun offline, dimulai dari semenjak mereka duduk di bangku kuliah. Dengan ketekunan dan relasi yang bagus, bisnis bisa berkembang pesat. Alhasil, tidak hanya menghasilkan uang untuk diri sendiri. Bisnis online tersebut bisa tumbuh dan membuka lapangan pekerjaan.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.