March 2024
M T W T F S S
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031

Management Diri Mahasiswa

Mahasiswa, satu kata yang menunjukan status tertinggi dalam tingkat pendidikan. predikat ini seolah menjadikan seorangmahasiswa sebagai pelaku dalam segala perubahan kearah yang lebih baik di lingkungan sekitarnya. Transformasi diri dari SMA/SMK ke mahasiswa itu agaknya membuat diri mahasiswa itu menjadi lebih dewasa. Kenapa ?, karena yang dulunya itu hidupnya masih tergantung dengan orang tua entah itu makan, cuci, dll sekarang berubah 180 derajad. Jika pada awal – awal mahasiswa itu memang agaknya merasa kaget, karena sekarang hidup sendiri, makan sendiri nyuci sendiri, jemur sendiri, dll. Dan juga yang dulunya itu tugasnya dikit sekarang sak abreg datangnya itu biasanya main keroyokan jadi kadangkala mahasiswa itu harus begadang untuk nglembur. Tetapi seiring dengan bertambahnya waktu akan merasa. “Ah sudah biasa” enggak tidur itu bukan hal yang wow, karena itu hal yang wajar jika deadlinnya itu sudah krisis banget.
Jika seorang mahasiswa masih saja belum bisa keluar dari kebiasaan dirumah semisal bangun tidur harus dibangunin, maka bisa jadi tugas – tugas ataupun kegiatan akan tidak teratur, amburadul, berantakan, bahkan si mahasiswa itu akan merasa sungguh amat sangat frustasi sejaku dengan adanya beban yang diemban oleh mahasiswa.
Studi bawasannya 2 dari 5 mahasiswa masih mengandalkan orang tua sebagai obyek pemasukan uang (income money). Biasanya banyak mahasiswa menghabiskan waktunya untuk menghemat uang banget karena uang dari orangtua atau bidikmisi belum turun. Inilah yang harus diubah dari pandangan setiap individu mahasiswa. Pandangan seperti ini harus mengalami perpaduan perubahan, karena sebenarnya mahasiswa itu bisa mencari tambahan pemasukan dengan cara apapun.
Banyak cara yang dapat dilakukan dalam management diri sendiri seperti: memiliki sikap disiplin, tidak menyianyiakan waktu, memiliki motivasi yang tinggi dalam hidupnya, dan mempunyai planning untuk mencapai tujuan yang diinginkan.
Management diri memang tidak segampang membalikkan tangan, diperlukan keteguhan hati yang besar dalam menjalankannya. Mungkin sekama ini kita selalu diperhatikan, diatur, dan selalu diberi perintah oleh orang tua kita sendiri. Tetapi setelah beranjak dewasa itu semua bukan lagi tanggung jawab orang tua, melainkan diri kita sendiri.
Karena kesukseasn dapat diliha dari kesuksesan seseorang dalam memanagement dirinya sendiri. Setelah dapa tmemanagement dirinya senfiri maka orang tersebut akandapt memimpin dan menggerakan agar tujuan yang telah direncanakan dimulai dari sekarang. Semua itu berawal dari diri kita sendiri
Sumber: https://wikipedia.com/management

Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: