April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Pendidikan Luar Sekolah

Pendidikan  luar  sekolah  sebenarnya  sudah  ada  sebelum  pendidikan  formal lahir.  Pendidikan luar  sekolah  (PLS)  sesungguhnya  bukan  merupakan  hal  yang  baru dalam  kehidupan  manusia (Faure,  1981:  2).  Pendidikan  luar  sekolah  berjalan  sesuai dengan  peradaban  manusia  yang diwujudkan  melalui  berbagai  kegiatan  manusia untuk  memenuhi  kebutuhan  hidupnya.  Dalam pelaksanaan,  masyarakat melakukannya  melalui  upacara-upacara  tradisional,  keagamaan, kebudayaan,  dan kegiatan belajar membelajarkan dalam bentuk magang oleh orang tua kepada anaknya atau orang yang sudah tahu kepada orang yang ingin tahu secara tradisional.

Pendapat  para  pakar  pendidikan  luar  sekolah  mengenai  definisi  PLS  cukup bervariasi.    Philip H.Coombs  berpendapat  bahwa  pendidikan  luar  sekolah  adalah semua  kegiatan  pendidikan yang  terorganisasi,  sistematis  dan  dilaksanakan  di  luar sistem pendidikan formal, yang menghasilkan tipe-tipe belajar yang dikehendaki oleh kelompok orang dewasa maupun anak-anak.

Russel Kleis,  dalam  bukunya  Non-formal  Education  mengemukakan  bahwa pendidikan luar sekolah adalah usaha pendidikan yang dilakukan  secara sengaja dan sistematis.  Biasanya pendidikan  ini  berbeda  dengan  pendidikan  tradisional  terutama yang menyangkut waktu, materi, isi dan media. Pendidikan luar sekolah dilaksanakan dengan  sukarela  dan  selektif  sesuai dengan  keinginan  serta  kebutuhan  peserta  didik yang ingin belajar dengan sungguh-sungguh.

Axinn  mengemukakan  bahwa  pendidikan  luar  sekolah  merupakan  kegiatan yang  ditandai dengan  kesengajaan  dari  kedua  belah  pihak,  yaitu  pendidik  yang sengaja  membelajarkan peserta  didik,  dan peserta didik yang sengaja untuk belajar. Suzanna  Kindervatter mengemukakan  definisi  pendidikan  luar  sekolah  sebagai berikut:  pendidikan  luar  sekolah sebagai  suatu  metoda  penerapan  kebutuhan,  minat orang  dewasa  dan  pemuda  putus  sekolah di  negara  berkembang,  membantu  dan memotivasi  mereka  untuk  mendapatkan  keterampilan guna  menyesuaikan  pola tingkah  laku  dan  aktivitas  yang  akan  meningkatkan  produktivitas dan  meningkatkan standar  hidup.  Suzanna  Kindervatter  mengusulkan  pendidikan  pendidikan luar sekolah sebagai “empowering process”.  Empowering  process  adalah pendekatan yang bertujuan untuk memberikan pengertian dan kesadaran kepada seseorang atau kelompok  guna memahami  dan  mengontrol  kekuatan  sosial  ekonomi  dan  politik sehingga  dapat  memperbaiki kedudukannya  dalam  masyarakat.  Program pembelajaran  dalam  empowering  process dirancang  untuk  memberi  kesempatan kepada  para  anak  putus  sekolah,  dengan  menganalisis keadaan  kehidupan  mereka guna, mengembangkan  keterampilan yang dikehendaki agar dapat merubah keadaan kehidupan mereka.

Adikusumo  (1986:  57)  dalam  bukunya  Pendidikan  Kemasyarakatan  mengemukakan pengertian pendidikan  luar  sekolah  sebagai  berikut  pendidikan  luar sekolah  adalah  setiap  kesempatan dimana  terdapat  komunikasi  yang  teratur  dan terarah  di  luar  sekolah,  dimana  seseorang memperoleh  informasi-informasi pengetahuan, latihan ataupun bimbingan sesuai dengan usia dan kebutuhan hidupnya dengan tujuan mengembangkan tingkat kerterampilan, sikap-sikap peserta yang efisien dan efektif  dalam lingkungan keluarga bahkan masyarakat dan negaranya.

Sudjana, mengemukakan pengertian pendidikan luar sekolah sebagai berikut: “Pendidikan  luar sekolah  adalah  setiap  kegiatan  belajar  membelajarkan,  diselenggara- kan luar jalur pendidikan sekolah dengan tujuan untuk membantu peserta didik untuk mengaktualisasikan  potensi  diri berupa  pengetahuan,  sikap,  keterampilan,  dan aspirasi  yang  bermanfaat  bagi  dirinya, keluarga, masyarakat,  lembaga,    bangsa,  dan negara.

Definisi  dan  pengertian  pendidikan  luar  sekolah  yang  dikemukakan  para pakar  tersebut  d i   atas  pada  prinsipnya  menuju  pada  suatu  wawasan  mengenai pendidikan  luar  sekolah  yaitu setiap  kesempatan  dimana  teradapat  komunikasi  yang teratur  dan  terarah  d i   luar  sekolah, guna  membantu  peserta  didik  dalam mengaktualisasikan  potensi  diri  dalam  mengembangkan tingkat  pengetahuan, penalaran,  keterampilan  sesuai  dengan  usia  dan  kebutuhannya.  Hasil yang  diperoleh dari  pendidikan  luar  sekolah  diharapkan  dapat  bermanfaat  bagi  dirinya, keluarga, masyarakat, bangsa dan negara.

Peran Pendidikan Luar Sekolah  

Masalah pendidikan dalam pendidikan sekolah, menyebabkan pendidikan luar sekolah  mengambil peran  untuk  membantu  sekolah  dan  masyarakat  dalam mengurangi masalah  tersebut.  Sudjana (1989:107)  mengemukakan  peran  pendidikan luar sekolah adalah sebagai  “pelengkap, penambah, dan pengganti”.

Sebagai pelengkap pendidikan sekolah 

Pendidikan  luar  sekolah  berfungsi  untuk  melengkapi  kemampuan  peserta didik  dengan  jalan memberikan  pengalaman  belajar  yang  tidak  diperoleh  dalam pendidikan  sekolah.  Isi    pogram didasarkan  atas  kebutuhan  peserta  didik.  program dilakukan oleh  para  penyelenggara pendidikan  dan  bekerja sama dengan  masyarakat. Programnya bermacam-macam, seperti pendidikan keterampilan produktif, olah raga, kesenian, kelompok belajar, kelompok rekreasi dan kelompok pencinta alam.

Pendidikan  luar  sekolah  sebagai  pelengkap  ini  dirasakan  perlu  oleh masyarakat untuk memenuhi kebutuhan belajar  masyarakat dan mendekatkan fungsi pendidikan  sekolah  dengan kenyataan  yang  ada  d i   masyarakat.  Oleh  karena  itu program-program  PLS  pada  umumnya dikaitkan  dengan  lapangan  kerja  dan  dunia usaha seperti latihan keterampilan kayu, tembok, las, pertanian, makanan, dan lain-lain.

Sebagai penambah pendidikan sekolah

Pendidikan  luar  sekolah  sebagai  penambah  pendidikan  sekolah  bertujuan untuk menyediakan kesempatan belajar kepada:

  1. Peserta  didik  yang  ingin  memperdalam  materi  pelajaran  tertentu  yang  diperoleh selama mengikuti program pendidikan pada jenjang pendidikan  sekolah. Kegiatan belajar tambahan ini dilakukan  di  luar  jam  pelajaran  dengan  menggunakan  ruang kelas di  sekolah  yang bersangkutan  atau  ditempat  lain.  Materi  pelajaran disesuaikan dengan  kebutuhan  para siswa. Para pendidik pada umumnya  adalah guru-guru  mata  pelajaran  yang  bersangkutan sangkutan atau  sumber  belajar  lain yang ada di   masyarakat.
  2. Alumni  suatu  jenjang  pendidikan  sekolah  dan  masih  memerlukan  layanan pendidikan untuk  memperluas  materi  pelajaran yang  telah  diperoleh.  Kebutuhan ini  berkaitan dengan dua hal,  yaitu  :  1)  Memperluas  materi  pelajaran  yang  telah diperoleh  untuk melanjutkan  studi  ke jenjang  yang  lebih  tinggi.  Kebutuhan  ini biasanya  dilakukan melalui   bimbingan  studi, bimbingan  tes,  kursus-kursus  dan kelompok  belajar;  2) Menambah  pengetahuan  tentang materi  belajar  yang dirasakan  penting  sesuai  dengan perkembangan ilmu pengetahuan  dan teknologi yang  semakin  cepat.  Kebutuhan  ini dilakukan  melalui  kursus-kursus,  diskusi, seminar lokakarya, penelitian dan studi kepustakaan.
  3. Mereka  yang  putus  sekolah  dan  memerlukan  pengetahuan  serta  keterampilan yang berkaitan dengan  lapangan  pekerjaan  atau  penampilan  diri  dalam masyarakat. Upaya ini dikaitkan dengan keterampilan kerja dan berusaha.

Pendidikan  luar  sekolah  sebagai  penambah  ini  diarahkan  untuk membekali para lulusan dan mereka yang putus sekolah untuk memasuki dunia kerja.

Sebagai pengganti pendidikan sekolah 

Pendidikan  luar  sekolah  sebagai  pengganti  pendidikan  sekolah  meyediakan kesempatan belajar bagi  anak-anak  atau  orang  dewasa  yang  karena  berbagai  alasan tidak  memperoleh kesempatan  untuk  memasuki  satuan  pendidikan  sekolah,  umumnya sekolah dasar. Program pendidikan ini  sering  diselenggarakan  d i  daerah-daerah  terpencil  atau  daerah  yang  disebut kantong  terasing  yang  belum memiliki sekolah dasar.

Kegiatan  belajar  mengajar  bertujuan  untuk  memberikan  kemampuan  dasar membaca, menulis, berhitung  dan  pengetahuan  praktis  dan  sederhana  yang berhubungan  dengan  kehidupan sehari-hari  seperti  pemeliharaan  kesehatan lingkungan  dan  pemukiman,  gizi  keluarga,  cara bercocok  tanam,  dan  jenis-jenis keterampilan  lainnya.  Kegiatan  ini  sanya  dikelola  oleh lembaga-lembaga  pemerintah dan badan-badan sosial yang mempunyai tugas pelayanan pada masyarakat.

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: