Globalisasi kelas XII Sosiologi

terdiri dari Pengertian,penyebab, dampak, serta soal Pengayakan, sebagai berikut :

Secara umum, Pengertian Globalisasi adalah suatu proses yang mendunia dimana individu tidak terikat oleh negara atau batas-batas wilayah. Setiap individu dapat terhubung oleh siapa saja yang ada dibelahan bumi ini dan terjadi penyebaran informasi dan komunikasi melalui media cetak dan elektronik yang mendunia. Globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization. Kata “Global” berarti mendunia sedangkan “Lization” berarti proses. Sehingga dalam Pengertian Globalisasi menurut Bahasa adalah suatu proses yang mendunia. Globalisasi merupakan suatu proses masuknya negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi membuat suatu negara semakin kecil atau sempit dikarenakan kemudahan dalam berinteraksi antarnegara baik itu dalam perdagangan, teknologi, pertukaran informasi, dan gaya hidup maupun dengan bentuk-bentuk interaksi lainnya.

Pengertian Globalisasi Menurut Definisi Para Ahli
Achmad Suparman yang mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu proses yang menjadikan sesuatu benda atau perilaku sebagai ciri dari setiap individu di dunia tanpa dibatasi oleh wilayah.
Anthony Giddens mengatakan bahwa globalisasi adalah intensifikasi hubungan sosial secara mendunia sehingga menghubungkan antara kejadian yang terjadi dilokasi yang satu dengan yang lainnya serta menyebabkan terjadinya perubahan pada keduanya.
Selo Soemardjan, Pengertian globalisasi adalah sebuah proses terbentuknya sistem organisasi dan komunikasi antar masyarakat di seluruh dunia untuk mengikuti sistem dan kaidah-kaidah tertentu yang sama.
Laurence E. Rothernberg adalah percepatan dari intensifikasi interaksi dan integrasi antara orang-orang, perusahaan dan pemerintah dari negara yang berbeda.
Emanuel Ritcher mengatakan bahwa pengertian globalisasi adalah suatu jaringan kerja global yang mempersatukan masyarakat secara bersamaan yang sebelumnya tersebar menjadi terisolasi kedalam saling ketergantungan dan persatuan dunia.
Martin Albrow adalah seluruh proses penduduk yang terhubung ke dalam komunitas dunia tunggal, komunitas global
Penyebab Globalisasi

Ada beberapa faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya globalisasi. Faktor-faktor penyebab terjadinya globalisasi adalah Majunya ilmu pengetahuan pada teknologi transportasi yang mempermudah dalam jasa pengeriman barang keluar negeri, Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang berperan menjamin kemudahan dalam transaksi ekonomi antar Negara dan Kerja sama ekonomi Internasional yang memudahkan terjadinya kesepakatan-kesepakatan antarnegara yang terjalin dengan erat.

Dampak Globalisasi
Dalam terjadi dan berlangsungnya globalisasi ada dampak yang ditimbulkan dari era globalisasi. Dampak globalisasi terbagi dua yaitu dampak positif globalisasi dan dampak negatif globalisasi. Dampak positif dan dampak negatif globalisasi adalah sebagai berikut
Dampak Positif Globalisasi
Komunikasi yang semakin cepat dan mudah ,Meningkatnya taraf hidup dari masyarakat, Mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan, Tingkat pembangun yang semakin tinggi, Meningkatnya turisme dan pariwisata dan Meningkatnya ekonomi menjadi lebih produktif, efektif, dan efisien
Dampak Negatif Globalisasi
Informasi yang tak terkendali , Timbulnya sikap yang ala kebarat-baratan, Munculnya sikap individualism, Berkurang sikap solidaritas, gotong royong, kepedulian dan kesetiakawanan, Perusahaan dalam negeri lebih mementingkan perusahaan dari luar ketimbang perusahaan yang ada dalam negeri membuat perusahaan dalam negeri sulit berkembang ,Berkurangnya tenaga kerja pertanian akibat dari sektor industri yang menyerap seluruh petani dan Budaya bangsa akan terkikis
Sumber :
http://www.artikelsiana.com/2015/01/pengertian-globalisasi-penyebab-dampak-globalisasi.html

Soal Pengayakan :
1. Setelah membaca pengertian globalisasi menurut Para Ahli manakah yang sesuai dengan pemahamanmu ? sertakan argumenmu
2. berikanlah contoh globalisasi sesuai dengan pengalamanmu sendiri !
3. jelaskan penyebab munculnya globalisasi !
4. Berikanlah contoh globalisasi dan analisislah termasuk ke dalam dampak positif atau dampak negative !
5. Bagaimana hubungan antara globalisasi dan modernisasi ? jelaskan secara singkat
Untuk lebih jelas silahkan membuka

Pengertian Globalisasi Serta Pengaruh atau Dampak Globalisasi

This entry was posted in Sosiologi SMA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: