Konsep dan Pewarisan Tentang Nilai-Nilai Kultural kelas XI Antropologi

Setelah kita mempelajari dan memahami semua materi pembelajaran antropologi kelas X, maka kali ini kita akan mempelajari dan memahami apa saja materi-materi pembelajaran antropologi di Kelas XI kurikulum 2013. Materi antropologi kelas XI yang ke-tiga adalah terkait dengan “Konsep dan Pewarisan tentang Nilai-Nilai Kultural”. Untuk lebih memahami pembahasan apa saja yang terdapat dalam materi ini dapat kalian lihat dan baca tulisan dibawah sebagaimana berikut :

 

Pengertian Nilai dan Budaya (Culture)

Nilai sosial adalah segala sesuatu yang telah dianggap baik atau benar serta dicita-citakan oleh masyarakat suku bangsa tertentu khususnya di Indonesia. Nilai tersebut mengacu pada sebuah hal yang dianggap oleh manusia sesuatu yang paling mahal harganya (berharga). Dengan kata lain, nilai itu sendiri berasal dari sebuah pandangan hidup masyarakat tertentu. Adapun nilai-nilai dasar yang ada di kehidupan masyarakat antara lain : nilai kebaikan,nilai  keindahan, nilai kejujuran, nilai persatuan, dan lain sebagainya. Dimana beberapa nilai tersebut termasuk ke dalam nilai-nilai dasar untuk menyatukan perbedaan diantara masyarakat yang mana memiliki kebudayaan yang beragam pula.

Seperti yang kita ketahui bahwa kebudayaan ialah salah satu bentuk prestasi yang telah diciptakan oleh sekumpulan manusia. Kebudayaan memiliki suatu cara atau tata hidup bersama, menyesuaikan diri dengan lingkungannnya (cara adaptasi) , dan menjadi salah satu strategi manusia untuk mencukupi kebutuhannya di dalam aktivitas sehari-hari. Jadi, dapat kita simpulkan bahwa nilai-nilai kebudayaan adalah suatu nilai yang ada di dalam masyarakat tertentu yang melekat menjadi kebiasaan dalam kehidupan bermasyarakat. Misalnya adalah dari kebiasaan yang ada di dalam masyarakat suku bangsa Indonesia salah satunya adalah kegiatan gotong royong dalam masyarakat. Akan tetapi , seiring dengan perkembangan zaman gotong royong tersebut kian lama kian pudar. Masyarakat tidak lagi saling peduli satu sama lain terhadap orang lain dan juga terhadap lingkungan sekitar mereka.

Pewarisan Nilai Kebudayaan (Culture)

Pada umumnya proses pewarisan nilai kebudayaan dapat dilakukan dengan 2 cara yakni :

  1. Sosialisasi yakni suatu proses interaksi secara berulang-ulang yang memungkinkan manusia mendapatkan suatu identitas dirinya sendiri serta keterampilan-keterampilan nasional yang ada pada jiwanya
  2. Enkulturasi yakni masuknya seseorang ke dalam lingkungan kebudayaan yang mana telah ada modifikasi yang khusus untuk kehidupan yang terlihat seperti kejadian belaka (tak semestinya).

Untuk membantu kalian agar lebih mudah dalam memahami konsep dasar etnografi itu sendiri bagaimana. Disini terdapat suatu link bacaan dari salah satu sumber berita yuk klik link berikut :

http://regional.kompas.com/read/2016/02/18/10585971/Taman.Budaya.Jabar.Dibuka.dengan.Pentas.Wayang.Golek

Penugasan

Setelah membaca dan memahami penjelasan materi di atas seberapa besar tingkat pemahaman kalian akan materi ini, jawablah pertanyaan-pertanyaan di bawah ini dengan tepat!

  1. Bagaimana pengertian dari nilai kebudayaan sesuai dengan pemahaman Anda? jelaskan dan beri contoh!
  2. Sebutkan nilai-nilai kebudayaan yang masih terjaga ditempat tinggal Anda disertai dengan penjelasan!
  3. Buatlah analisis singkat mengenai kasus yang terdapat pada link diatas sesuai dengan pemahaman Anda mengenai pewarisan nilai kebudayaan !

Sumber :

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta : Rineka Cipta.

Maran, Rafael Raga. 2000. Manusia dan Kebudayaan dalam Perspektif Ilmu Budaya Dasar. Jakarta : Rineka Cipta.

Materi di atas sebelumnya sudah di posting dalam blog

← MATERI ANTROPOLOGI KELAS XI : KONSEP DAN PEWARISAN TENTANG NILAI-NILAI KULTURAL

This entry was posted in Antropologi SMA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: