Konsep Dasar Materi Pembelajaran Antropologi kelas X Antropologi

 

sebelum kita melangkah lebih jauh, alangkah baiknya kita harus mengetahui pengertian antropologi terlebih dahulu. Sehingga kita tidak merasa asing dalam mempelajari antropologi. Pengertian antropologi berasal dari kata anthropos yang berarti manusia dan logos yang berarti ilmu, maka antropologi adalah ilmu yang mempelajari tentang manusia yaitu mempelajari ras-ras manusia, ciri fisik, kebudayaan, perilaku dan sebagainya, Ada beberapa ahli yang mengemukakan definisi antropologi diantaranya:

  • Menurut Koentjaraningrat, Antropologi adalah ilmu yang mempelajari umat manusia pada umumnya dengan mempelajari aneka warna, bentuk fisik masyarakat serta kebudayaan yang dihasilkan.
  • Sedangkan menurut William A. Havilland, Antropologi adalah studi tentang umat manusia, berusaha menyusun generalisasi yang bermanfaat tentang manusia dan perilakunya serta untuk memperoleh pengertian yang lengkap tentang keanekaragaman manusia.
  • Menurut Keesing dan Keesing antropologi merupakan studi mengenai manusia, baik dalam kedudukannya sebagai bagian dari dunia binatang maupun dalam kedudukannya sebagai bagian dari kehidupan masyarakat.

pengertian yang telah di kemukakan oleh para ahli diatas, kita dapat mengetahui pengertian-pengertian tersebut secara jelas. Setelah pengertian, kita melangkah ke konsep-konsep dasa antropologi.

  • Konsep-konsep Dasar Antropologi

Ada tujuh unsur kebudayaan yang di kemukakan oleh Koentjaraningrat, diantaranya:

  1. Bahasa
  2. Sistem pengetahuan
  3. Organisasi sosial
  4. Sistem peralatan hidup dan teknologi
  5. Sistem mata pencaharian hidup
  6. Sistem religi
  7. Kesenian

konsep- konsep yang telah di jabarkan di atas maka, manusia bisa melihat budaya manusia dari 7 unsutr kebudayaan tersebut.  Cotoh-contoh konsep Antropologi, salah satunya sebagai berikut:

Kebudayaan adalah suatu kumpulan atau kebiasaan yang berada di masyarakat sehingga dapat diwariskan kepada generasi muda berikutnya. Sehingga dapat membentuk suatu bentuk perubahan, seperti halnya, evolusi, daerah budaya, enkulturas,difusi, dan akulturasi pada masyarakat.

Etnosentrisme adalah suatu budaya yang memandang budayanya sendiri yang paling baik. Dapat di lihat melalui tradisi ( suatu kepercayaan atau prilaku pada masyarakat yang telah menjadi bagian dari suatu budaya yang telah lama di yakini sehingga menjadi keparcayaan yang turun temurun ), ras dan etnik ( ras: ciri budaya fisik yang khas dan etnik : ciri budaya yang unik ), sterereotip ( pelabelan tentang sesuatu hal ).

Setelah kita mengetahuan konsep-konsep dasar antropologi, kita juga harus mengetahui peran dan fungsi antropologi, agar kita dapat mengetahui betul apa peran dan fungsi yang ada di masyarakat sekitar, diantaranya yaitu:Melihat dengan jelas tentang manusia, baik sebagai pribadi maupun anggota kelompok masyarakat.

  • Mampu mengkaji kedudukan menusia dalam masyarakat dan dapat melihat dunia atau budaya lain yang belum kita ketahui sebelumnya.
  • Memahami norma-norma, tradisi, keyakinan, dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat tertentu.
  • Lebih tanggap, kritis, dan rasional menghadapi gejala sisial masyarakat yang makin kompleks.
  • Menyusun etnografi-etnografi yang memungkinkan penciptaan teori-teori tentang asal-usul kepercayaan, keluarga, perkawinan, perilaku bernegara, dan sebagainya.

Kebudayaan tidak mungkin lestari, jika tidak memenuhi klebutuhan pokok tertentu dari para anggota masyarakat. Kebudayaan harus memberikan motivasi kepada para anggotanya untuk bertahan hidup dan mengadakan kegiatan – kegiatan yang perlu untuk kelamgsungan hidup itu.

Konsep-konsep dasar, peran dan fungsi yang telah di jabarkan di atas akan menjadikan manusia untuk menuju manusia yang lebih baik. Sehingga manusia pada hakikatnya mempunyai budaya sendiri-sendiri yang tanpa mereka sadari bahwa kebudayaan tersebut telah di buat olehnya. Adanya kebudayaan yang berada di masyarkat maka menjadikan kita sebagai masyarakat yang mempunyai ciri khas sendiri terhada daerah dan keyakinannya. Saya akan menyertakan artikel yang berupa link untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keanekaragaman budaya yang ada di masyarakat. https://imadiklus.com/keanekaragaman-kebudayaan-di-indonesia/

Melalui  materi penjabaran di atas mengenai konsep-konsep dasar, peran dan fungsi antropologi, saya akan memberikan soal pengayaan mengenai materi yang tertera di atas. Soal pengayaannya sebagai berikut:

  1. Jelaskan salah satu konsep antropologi yang telah dikemukakan oleh beberapa ahli!
  2. Bagainama antropologi di katakan penting bagi masyarakat? sebutkan peran dan fungsi antropologi!
  3. Apa yang di maksud dengan etnosentrisme?

Sumber:

Koentjaraningrat. 2009. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Havilan, A William.1985. Antropologi. Jakarta :Erlangga

 

Materi di atas sebelumnya sudah di posting dalam blog

http://blog.unnes.ac.id/alifiamahfudhoh/2017/10/22/materi-pembelajaran-antropologi-smama-kelas-x-tentang-komsep-dasar-antropologi/

 

This entry was posted in Antropologi SMA. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: