Kali ini kita akan membahas cara memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang baik dan benar tanpa melalui Calo. Tips ini berlaku untuk daerah Kabupaten Tegal, nggak tau untuk daerah lain apakah sama penuh dengan Calo,. #eh….
Kayaknya sih sama, Ya…sama-sama “LUCU”, kalau nggak percaya bisa dipraktekan sendiri. Kalau penasaran baca juga berita di kompas tentang Ombudsman Minta Presiden Jokowi Sidak Pelayanan Satpas SIM. Ok langsung saja, berikut tips memperpanjang SIM di Kabupaten Tegal.

sim

1. Tahu Harga SIM.

Jangan cuma kata tetangga sebelah, kita harus mengetahui biaya penerbitan SIM berdasarkan PP 50/2010. Untuk Perpanjang SIM C: Rp 75.000, dan Perpanjang SIM A: Rp 80.000. Kalau ingin lengkap bisa dibaca di https://www.polri.go.id/layanan-sim.php. Tambahan, untuk tes kesehatannya Rp 40.000. Jadi total uang yang dikeluarkan untuk memperpanjang SIM C Rp 115.000 dan SIM A Rp 120.000. Yang perlu kita ketahui uang yang sah masuk negara pasti ada kwitansinya. Kalau langsung sama polisi berarti masuk ke saku.

2. Berpakaian Rapi kalau Perlu Seragam.

Biar calo angak canggung sama kita, coba berpakaian rapi kalau perlu seragam tertentu agar terlihat lebih gagah. Bersepatu juga lebih keren. Calo juga lihat sasaran bro kalau mau memangsa, colo yang pake seragam juga ada sih….haha….

3. Jangan Terlalu Lama di Tempat Parkir.

Kalau terlalu lama banyak yang naksir. Tapi sayang, ditaksir calo,. Hehe…

4. Wasada Saat di Tempas Tes Kesehatan.

Tempat tes kesehatan ada di depan Polres. Kita akan menemui orang yang “ramah-ramah”.
C: “Ngurus sendiri atau mau dibantu mas?”
“Sudah ada yang bantu mas?”
Kalau ditanya demikian langsung jawab. “Ngurus Sendiri Bro”. Hehe….
Kalau kena disini harga memperpanjang SIM menjadi Rp 200.000, Hmm…berapa kilo beras yang masuk dalam perut tuh….

5. Tahu Tahapannya

Kalau sudah tes kesehatan, langsung masuk ke tempat pendaftaran. Nanti kita membayar di Bank BRI (santai..ada disampingnya) Rp. 75.000 dan kita akan mendapat formulir yang wajib kita isi. Oh ya…sebelumnya kita juga harus foto kopi KTP dan SIM satu kali sebagai persyaratan.
Lanjut ambil antrian dan pengembalian berkas. Kita tinggal menunggu waktu untuk foto dan tidak lama kemudian SIM baru akan ditangan.

6. Edukasikan Kepada Masyarakat

Berikan pengalaman kita kepada masyarakat sekitar, minimal ke teman kita sendiri. Kalau ada waktu kita bisa mendampingi karena masyarakat sangat banyak yang belum mengetahui sehingga berapapun harga akan dibayar dengan jalur yang super.

OK…demikian tips memperpanjang SIM di Kabupaten Tegal. Pengennya sih selanjutnya Tips Pajak motor dan Tips mengganti STNK motor yang hilang. Semoga saja…. 🙂