Latest Publications

SEBUAH IMPIAN

Semua orang pasti mempunyai sebuah impian. Untuk menjadi orang hebat juga harus bermimpi dahulu. Dalam hal ini bermimpi bukan hanya impian saja, namun harus ada tindakan yang nyata untuk mencapainya.

Bermimpilah setinggi mungkin, karena tidak ada yang mustahil. Sering kali semangat kita dipatahkan karena sebuah kegagalan. Namun sebenarnya kalau kita sering menemui kegagalan kita akan terlatih untuk menjadi hebat. Kita perbaiki apa yang salah dalam usaha sebelumnya. Semuanya memang butuh perjuangan, Allah akan melihat usaha kita dan Dia akan memberikan sesuatu sesuai dengan usaha kita. Akan ada masanya doa-doa yang kita panjatkan kepadaNya belum terkabul, yang pertama mungkin terlalu banyaknya dosa kita sehingga doa kita tidak sampai kepadaNya. Dan yang kedua adalah mungkin apa yang kita minta bukan yang terbaik untuk kita pada saat itu dan kedepannya. Jadi, berprasangka baiklah terhadap Allah. Allah juga tidak akan membiarkan hambaNya yang meminta kepadaNya tidak dikabulkan. Akan ada masanya doa kita dikabulkan.

UPAYA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MENSUKSESKAN UNIVERSITAS KONSERVASI

Pada tanggal 13 November 2015, Universitas Negeri Semarang mengadakan kuliah umum konservasi serta Festival Parikan di lapangan FIK yang diikuti oleh mahasiswa baru (2015) dari masing – masing fakultas (sekitar 6000 mahasiswa). Hal ini dilakukan Unnes untuk mewujudkan Universitas Konservasi. Dalam kuliah ini para mahasiswa di ajarkan tari konservasi serta senam konservasi. Antusiasme para mahasiswa yang baru menjalani semester 1 sangat baik. Mereka mengikuti kuliah tersebut dengan penuh semangat. Selain kuliah umum yang diadakan pada kesempatan itu, diadakan juga Festival Parikan. Para mahasiswa baru diwajibkan membuat parikan konservasi berbahasa Jawa sebanyak 3 bait. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan para mahasiswa terhadap bahasa lokal, yaitu bahasa Jawa. Dalam acara ini ada “perang parikan”, maksudnya adalah setiap fakultas mempunyai wakil untuk menunjukkan parikan yang telah dibuat oleh mahasiswa fakultas tersebut. Ilmu yang dapat diperoleh dari kuliah umum ini yang pertama adalah kita diperkenalkan tarian konservasi, dalam gerakannya banyak mengambil gerakan dalam tarian Jawa. Hal ini dapat memberikan pengetahuan terhadap para mahasiswa tentang tarian jawa. Yang kedua, diajarkan juga senam konservasi. Kita tahu bahwa senam juga bagian dari olahraga, oleh karena itu kita dapat berolahraga yang mungkin kita jarang melakukan olahraga setiap hari, dan untuk menyehatkan badan karena sudah terlalu sibuk dengn tugas-tugas kampus serta masalah – masalah lainnya. Dan yang ketiga adalah kita dilatih untuk mencintai budaya Jawa di bidang sastranya yaitu mahasiswa dituntut membuat parikan. Secara tidak langsung mahasiswa telah mempelajari kebudayaan Jawa. Dalam pembuatannya juga harus memperhatikan sajak-sajaknya. Upaya yang lain yang telah di rancang oleh Unnes adalah menanam pohon. Dapat diibaratkan satu pohon adalah sumber hidup (oksigen) untuk dua orang. Kita diharapkan menanam satu pohon untuk persediaan udara untuk kita sendiri kedepannya.
#2

RUMAH ILMU DALAM UNIVERSITAS KONSERVASI

Dapat kita ketahui bahwa Universitas Negeri Semarang sudah mendeklarasikan diri sebagai Universitas Konservasi. Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memerhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Ada 7 pilar utama untuk menjadi Universitas Konservasi, yaitu :
1.Konservasi Keanekaragaman hayati
2.Arsitektur hijau dan system transportasi internal
3.Pengelolaan limbah
4.Kebijakan nirkertas
5.Energi bersih
6.Konservasi, etika, seni, dan budaya
7.Kaderisasi konservasi
Dari ketujuh pilar tersebut sebuah Universitas dikatakan berhasil menjadi Universitas Konservasi apabila ketujuh prinsip tersebut telah diterapkan dengan baik oleh Universitas tersebut (masyarakat Universitas tersebut). Mengenai mata kuliah yang diadakan oleh Unnes, seorang mahasiswa wajib mengambil mata kuliah Pendidikan Konservasi. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan sikap konservasi pada para mahasiswa. Setelah belajar mengenai konservasi mahasiswa diharapkan akan lebih mencintai lingkungan dan bersikap bijak serta baik atas segala apapun. Dalam konservasi kita dapat memperoleh banyak ilmu yang sebelumnya kita belum sadari bahwa memperhatikan lingkungan adalah sesuatu yang sangat penting. Kita mendapatkan banyak pengetahuan tentang menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan. Sebenarnya pendidikan konservasi perlu dipelajari oleh siapapun, entah itu mahasiswa, pelajar SD, SLTP, SLTA karena semua manusia harus tahu mengenai lingkungan dan bersikap konservasi. Apabila konservasi telah diterapkan oleh semua manusia, bukan tak mungkin lingkungan pun akan baik terhadap kita. Terkadang memang kita terlalu serakah terhadap sumber daya alam hingga pada akhirnya alam pun membalas perbuatan kita dengan berbagai hal. Alampun mempunyai batas kemampuan dalam menghasilkan atau memproduksi sesuatu dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam menghasilkannya kembali. Oleh karena itu, marilah kita renungi dan mulai bertindaklah atau berpartisipasi untuk mewujudkan Universitas Konservasi di Unnes. Jika kita tetap menjaga alam kita, kita akan dapat mengetahui apa yang alam punya. Kita dapat belajar berbagai jenis hewan, tumbuhan, merasakan udara segar, bersikap sopan, mengetahui berbagai budaya dan sebagainya.
#1

MUHASABAH CINTA

Pada dasarnya kita diciptakan oleh Allah semata-mata hanya untuk beribadah kepadaNya. Kita diberikan hati untuk merasakan sesuatu. Kata cinta tak aneh untuk di dengar. Banyak yang mengartikan cinta hanya kepada lawan jenis, akan tetapi arti cinta memiliki arti yang sangat luas. Cinta bisa untuk orang tua, saudara, teman, sesama muslim, lingkungan, dan yang paling penting adalah cinta kepada Sang Pencipta, yaitu Allah SWT. Terkadang banyak yang masih mendahulukan kecintaan mereka kepada suatu hal yang sifatnya sementara dibanding mencintai Allah SWT yang cintaNya akan kekal bila kita mencintaiNya. Padahal Allah lah yang dapat memberikan segalanya. Dia tak akan membiarkan hambaNya yang meminta kepadaNya tanpa ada suatu hasil. Akan tetapi justru Allah sangat menyukai orang yang selalu meminta kepadaNya. Ada sebuah ayat yang mengatakan bahwa Allah akan dekat kepada kita manakal kita juga mendekatiNya. Oleh karena itu, mintalah apapun kepada Allah, Allah pasti akan mengabulkannya selama doa itu baik. Dan janganlah bersu’udzon jika doa-doa kita belum di kabulkan. Ada perkara yang menyebabkan doa kita tidak cepat dikabulkan. Seperti, mungkin dosa kita terlalu banyak, sehingga doa-doa yang kita panjatkan belum sampai kepada Allah. Usahakan dalam berdoa awali dengan membaca basmalah dan sholawat nabi “allahumma sholi ‘alaa Muhammad wa’alaa alisayyidina Muhammad” , serta akhiri juga dengan sholawat. Karena dengan membaca bacaan tersebut sebagai bukti kita mencintai Nabi Muhammad SAW. Nabi Muhammad adalah kekasih Allah, maka barangsiapa yang mencintai beliau Allah juga akan mencinta mereka juga.
Cintailah Allah dengan segenap hati. Apabila kita mencintaiNya dengan tulus maka kita akan dimudahkan segala urusan kita. Tak ada sesuatu apapun yang dapat dimintai selain Allah semata. Mari berbenah, mulailah berhijrah.

Lelaki Terhebat

Seorang lelaki yang berumur sekitar 50 tahunan. Berpostur sedang dan tidak gemuk. Beralis tebal dan dan berkulit tak begitu sawo matang. Sehari-hari ia bekerja sebagai kuli di sebuah kios baju. Terkadang ia yang bertanggung jawab atas penjualan kios tersebut. Berangkat pagi buta pulang larut malam. Begitulah aktivitasnya sehari-harinya, terkadang ia hanya mengambil libur sehari dalam sebulan, saat sakitpun terkadang ia masih tetap bekerja. Ia lah lelaki tangguh yang pernah ku kenal, ya…dialah ayahku. Aku tak tahu betapa lelahnya Ia. Yang sering ku katakan adalah “pak, minta ini, pak minta itu” dan ia selalu menjawab “ya, mau yang mana?”, “ya, besok ya”, “ya, besok bapak belikan”. Tanpa sadar aku telah banyak membebaninya. Mungkin baginya, dengan inilah Ia menyayangiku, namun lewat inilah aku tak dapat bersikap mandiri. Ia telah bekerja dengan kerasnya, pagi ia bekerja sampingan, dan siangnya bekerja menjaga kios sampai larut malam. Aku pun tak pernah mendengar keluh kesahnya. Dia tetap tegar meskipun sebenarnya banyak beban yang ia tanggung. Dia selalu mengatakan “jadilah anak yang pintar, kita orang tak punya, tapi setidaknya tuntutlah ilmu setinggi mungkin, agar kamu tak di sepelekan oleh orang lain, maafkan bapak yang tak bisa menghidupimu dengan cara mewah”. Itulah motivasiku yang selalu aku pegang, kami memang orang tak punya, tapi setidaknya aku ingin mengangkat nama ayah dan ibuku agar tak selalu di rendahkan di masyarakat. Ayahlah yang selalu menyuplai semangat dalam setiap aktivitasku. Tadinya ia adalah lelaki tampan dengan postur tubuh yang kekar dan berkulit kuning (kata ibuku). Namun kini ia rela menerjang teriknya matahari dan dinginnya hujan demi keluarganya. Dialah lelaki terhebat yang selama ini ku kenal. Terima kasih Ayah. Happy father’s day. (12 Nov 2015)

 
Skip to toolbar