RUMAH ILMU DALAM UNIVERSITAS KONSERVASI

Dapat kita ketahui bahwa Universitas Negeri Semarang sudah mendeklarasikan diri sebagai Universitas Konservasi. Konservasi adalah upaya pelestarian lingkungan dengan tetap memerhatikan manfaat yang dapat diperoleh dari lingkungan. Ada 7 pilar utama untuk menjadi Universitas Konservasi, yaitu :
1.Konservasi Keanekaragaman hayati
2.Arsitektur hijau dan system transportasi internal
3.Pengelolaan limbah
4.Kebijakan nirkertas
5.Energi bersih
6.Konservasi, etika, seni, dan budaya
7.Kaderisasi konservasi
Dari ketujuh pilar tersebut sebuah Universitas dikatakan berhasil menjadi Universitas Konservasi apabila ketujuh prinsip tersebut telah diterapkan dengan baik oleh Universitas tersebut (masyarakat Universitas tersebut). Mengenai mata kuliah yang diadakan oleh Unnes, seorang mahasiswa wajib mengambil mata kuliah Pendidikan Konservasi. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan sikap konservasi pada para mahasiswa. Setelah belajar mengenai konservasi mahasiswa diharapkan akan lebih mencintai lingkungan dan bersikap bijak serta baik atas segala apapun. Dalam konservasi kita dapat memperoleh banyak ilmu yang sebelumnya kita belum sadari bahwa memperhatikan lingkungan adalah sesuatu yang sangat penting. Kita mendapatkan banyak pengetahuan tentang menjaga, merawat dan melestarikan lingkungan. Sebenarnya pendidikan konservasi perlu dipelajari oleh siapapun, entah itu mahasiswa, pelajar SD, SLTP, SLTA karena semua manusia harus tahu mengenai lingkungan dan bersikap konservasi. Apabila konservasi telah diterapkan oleh semua manusia, bukan tak mungkin lingkungan pun akan baik terhadap kita. Terkadang memang kita terlalu serakah terhadap sumber daya alam hingga pada akhirnya alam pun membalas perbuatan kita dengan berbagai hal. Alampun mempunyai batas kemampuan dalam menghasilkan atau memproduksi sesuatu dan membutuhkan waktu yang sangat lama dalam menghasilkannya kembali. Oleh karena itu, marilah kita renungi dan mulai bertindaklah atau berpartisipasi untuk mewujudkan Universitas Konservasi di Unnes. Jika kita tetap menjaga alam kita, kita akan dapat mengetahui apa yang alam punya. Kita dapat belajar berbagai jenis hewan, tumbuhan, merasakan udara segar, bersikap sopan, mengetahui berbagai budaya dan sebagainya.
#1

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 
Skip to toolbar