UPAYA UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG DALAM MENSUKSESKAN UNIVERSITAS KONSERVASI

Pada tanggal 13 November 2015, Universitas Negeri Semarang mengadakan kuliah umum konservasi serta Festival Parikan di lapangan FIK yang diikuti oleh mahasiswa baru (2015) dari masing – masing fakultas (sekitar 6000 mahasiswa). Hal ini dilakukan Unnes untuk mewujudkan Universitas Konservasi. Dalam kuliah ini para mahasiswa di ajarkan tari konservasi serta senam konservasi. Antusiasme para mahasiswa yang baru menjalani semester 1 sangat baik. Mereka mengikuti kuliah tersebut dengan penuh semangat. Selain kuliah umum yang diadakan pada kesempatan itu, diadakan juga Festival Parikan. Para mahasiswa baru diwajibkan membuat parikan konservasi berbahasa Jawa sebanyak 3 bait. Hal ini diharapkan dapat menumbuhkan kecintaan para mahasiswa terhadap bahasa lokal, yaitu bahasa Jawa. Dalam acara ini ada “perang parikan”, maksudnya adalah setiap fakultas mempunyai wakil untuk menunjukkan parikan yang telah dibuat oleh mahasiswa fakultas tersebut. Ilmu yang dapat diperoleh dari kuliah umum ini yang pertama adalah kita diperkenalkan tarian konservasi, dalam gerakannya banyak mengambil gerakan dalam tarian Jawa. Hal ini dapat memberikan pengetahuan terhadap para mahasiswa tentang tarian jawa. Yang kedua, diajarkan juga senam konservasi. Kita tahu bahwa senam juga bagian dari olahraga, oleh karena itu kita dapat berolahraga yang mungkin kita jarang melakukan olahraga setiap hari, dan untuk menyehatkan badan karena sudah terlalu sibuk dengn tugas-tugas kampus serta masalah – masalah lainnya. Dan yang ketiga adalah kita dilatih untuk mencintai budaya Jawa di bidang sastranya yaitu mahasiswa dituntut membuat parikan. Secara tidak langsung mahasiswa telah mempelajari kebudayaan Jawa. Dalam pembuatannya juga harus memperhatikan sajak-sajaknya. Upaya yang lain yang telah di rancang oleh Unnes adalah menanam pohon. Dapat diibaratkan satu pohon adalah sumber hidup (oksigen) untuk dua orang. Kita diharapkan menanam satu pohon untuk persediaan udara untuk kita sendiri kedepannya.
#2

You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

 
Skip to toolbar