HyperChem merupakan salah satu aplikasi kimia yang dimanfaatkan untuk menggambarkan struktur dari senyawa tertentu. Aplikasi ini awalnya dikembangkan oleh HyperCube Inc untuk system operasi Windows 95/98 dan Windows NT. Dalam aplikasi Hyperchem terdapat tools dasar dalam molecular modeling. Software ini dapat digunakan untuk menggambar struktur kimia, optimasi geometri dengan berbagai macam model, study molecular dinamik dasar, study QSAR, dan lain-lain. Aplikasi ini juga merupakan suatu program simulasi dan pemodelan molekular yang memungkinkan perhitungan kimiawi yang kompleks. Berikut ini merupakan beberapa fungsi dari program aplikasi HyperChem:

  1. Mengubah sketsa molekul 2D menjadi model 3D dengan HyperChem Model Builder.
  2. Membaca tipe atom dan koordinat molekular yang telah disimpan sebagai arsip HIN (masukan HyperChem yang dibuat sebelumnya) atau arsip ENT (mengambil dari sumber lain, yaitu Brookhaven Protein Data Bank/PDB).
  3. Menata kembali molekul, misalnya dengan memutar atau menggesernya.
  4. Mengubah kondisi tampilan, termasuk penampakan ruang, model molekul,dan label struktural.
  5. Merancang dan melakukan perhitungan kimiawi, termasuk dinamika molekular.Tersedia berbagai metode mekanika molekular maupun mekanika kuantum (semiempiris atau ab initio). Perhitungan mekanika molekular menggunakan medan gaya MM+, AM-BER, BIO+, atau OPLS, sedangkan mekanika kuantum semiempiris meliputi extendedHückel, CNDO, INDO, MINDO3, MNDO, AM1, PM3, ZINDO/I, dan ZINDO/S.
  6. Penetapan efek isotop dalam perhitungan analisis vibrasional untuk metode-metode SCF ab initio dan semiempiris.

Contoh penggunaan aplikasi HyperChem

  1. Menentukan sudut dan panjang ikatan senyawa A setelah dioptimasi.

senyawa A

Angle

Bond Distance

  1. Menentukan sudut dan panjang ikatan senyawa B setelah dioptimasi.

  1. Menentukan sudut dan panjang ikatan senyawa C setelah dioptimasi.

  1. Menentukan sudut dan panjang ikatan senyawa olean setelah dioptimasi.

senyawa olean

  1. Menentukan sudut dan panjang ikatan senyawa trietilamine setelah dioptimasi.

Mudah dilakukan bukan? Aplikasi kimia komputasi yang satu ini relatif mudah untuk digunakan karena sifatnya yang langsung bisa menunjukkan tampilan dari apa yang hendak kita buat. Meskipun demikian ini hanyalah sedikit paparan tentang kemampuan Hyperchem yang bisa dimanfaatkan dalam pembuatan media belajar yang sederhana namun secara komputasi kimia dibenarkan. Program ini merupakan program yang handal dari pemodelan molekul yang telah diakui mudah digunakan, fleksibel dan berkualitas. Dengan menggunakan visualisasi dan animasi tiga dimensi hasil perhitungan kimia kuantum, mekanika dan dinamika molekular, menjadikan HyperChem terasa sangat mudah digunakan dibandingkan dengan program kimia kuantum yang lain.

tutorial membuat molekul menggunakan aplikasi HyperChem bisa dilihat disinihttp://activeation.com/3dAp

atau bisa mengikuti tutorial di YouTubehttps://youtu.be/EfH4_eYwGds

Terimakasih.. semoga bermanfaat.. :)