RSS

Belajar Jarak Jauh

  1. Pembelajaran jarak jauh & pembelajaran berbasis Web

Di era perkembangan saat ini, teknologi sangat diperlukan sehingga dapat membantu kinerja seseorang, contohnya seperti Web jarak jauh yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik tanpa harus bertatap muka. Pembelajaran yang dilakukakn adalah peserta didik belajar dari Web yang jauh dari fasilitator yaitu dengan belajar mandiri dengan materi yang disampaikan melalui sarana komunikasi elektronik.

Pengembangan materi harus disesuaikan dengan kemampuan peserta didik, dalam mempersiapkan materi pembelajaran maka harus dirancang untuk membangun pendekatan positif antara pelajar dengan sistem pendukungnya seperti fasilitator yang berkompeten dan menarik peserta didik serta diukung oleh pembelajaran yang efektif, dan gaya bahasa yang mendorong hubungan baik antara peserta didik dan fasilitator.

Maka dri itu ada hal-halk yanh harus diperhatikan saat merancang materi npembelajaran berbasis WEB antara lain:

  1. Merancang komunikasi antara fasilitator dan peserta didik
  2. Merancang komunikasi antar peserta didik
  3. Fasilitator perlu berkomunikasi dengan peserta didik secara ramah
  4. Mengembangkan teks pada tingkat membaca yang sesuai untuk peserta didik
  5. Menggunakan kata ganti pribadi
  6. Menggunakan kata yang mudah dipahami atau dikenal
  7. Menggunakan kalimat aktif
  8. Menyajikan informasi atau materi dengan cerita jika memungkinkan
  9. Menggunakan file audio dan / atau video sebagai sarana untuk mempersonalisasi informasi
  10. Menggunakan file audio dan / atau video yangsesuai dengan bandwidth jaringan.

 

  1. Sekolah dan tutorial belajar intensif

Sekolah dan tutorial belajar secara intensif dapat membantu fasilitator dan peserta didik untuk lebih memahami berbagai macam masalah dalam pembelajaran, belajar secara intensif juga dapat dirasakan oleh peserta didik dengan belajar secara mandiri.

Fasilitator atau guru memiliki peran penting dalam pembelajaran utamanya kepada peserta didik. Apalagi di era modern pembelajaran juga membutuhkan fasilitator meskipun ada banyak sekali sumber pembelajaran namun tetap fasilitator adalah pusat utama dalam pembelajaran. Selain itu juga harus dengan dukungan instruksional yakni fasilitator juga dapatmemberikan pembelajaran efektif secara langsung.

Adapun tugas fasilitator antara lain:

  1. Menjawab pertanyaan peserta didik tentang kegiatan pembelajaran ataupun masalah adminstratif
  2. Memoderatori diskusi
  3. Memantau perkembangan peserta didik
  4. Melakukan koreksi dn memberikan tugas
  5. Tugas penilaian

Pembelajaran berbasis Wet sangat membantu fasilitator atau guru untu memberikan umpan balik yang cepat kepada peserta didik dapat melalui e-mail, grup WA dan lain sebagainya. Sehingga tanpa harus bertatap muka pembelajaran atau diskusi masih bisa dilakukan pada media teknologi informasi. Dan peserta didik dapat memantau kefektifan dan kemajuan peserta didik. Adapun hal hal yang harus dipersiapkan dalam menyusun tugas adalah sebagai berikut:

  1. Penilaian yang seimbang dan konsisten sepanjang kegiatan pembelajaran
  2. Penilaian yang disesuaikan dengan situasi peserta didik
  3. Adanya umpan balik yang cepat kepada peserta didik mengenai tugas mereka
  4. Pembelajaran daikelola dengan komputer yang memungkinkan peserta didik mendapatkan umpan balik langsung atas penilaian mereka.
  5. Desain kegiatan pembelajaran

Desain pembelajaran yang digunakan yaitu engan metode komunikasi, pemberian tugas penilaian dan juga harus ada interaksi yang baik peserta didik terhadap pembelajaran. Fasilitator juga memberikan pengetahuan dan keterampilan yng sesuai dengan sumber daya serta lingkungan dan budaya di sekitar peserta didik.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terkait dengan sumber daya peserta didik yaitu:

  1. Browser Wet yang digunakan menjangkau
  2. Resolusin layar optimal
  3. Harus memastikan signal yang baik
  4. Memiliki aplikasi yang relevan di perangkat komputer yang dimilikinya.

Your Comment






Skip to toolbar