KERATAN SILABUS ANTROPOLOGI SMA KELAS XII KURIKULUM 2013

Salam Agent of Change!

     Salah satu perangkat pembelajaran dalam suatu sekolah adalah silabus yang sudah pasti didalamnya memiliki Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran yang mendukung tercapainya suatu tujuan pembelajaran tersebut. Akan tetapi, disini saya hanya akan menyajikan ‘keratan atau penggalan’ dari Silabus Antropologi pada Kelas XII di SMA Kurikulum 2013 , yakni Kompetensi Dasar dan Materi Pembelajaran sebagai berikut :

Alokasi Waktu : 112 Jam Pelajaran

Sebelum memasuki Materi Pembelajaran apa yang akan dipelajari , berikut ini adalah harapan kurikulum kepada para siswa agar dapat lebih memahami dan terciptanya suatu tujuan pembelajaran seperti yang ada di dalam Kompetensi Dasar sebagai berikut :

  • Memahami dampak positif dan negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.
  • Melakukan pengamatan lapangan, membaca berbagai literatur/media masa, dan berdiskusi untuk memahami perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

Dengan didukung oleh Materi Pembelajaran yang terkait dalam kompetensi dasar Satu tersebut di atas :

  1. Materi Pembelajaran.

Dalam Materi Pembelajaran ini kita akan mempelajari materi-materi antropologi sebagai berikut :

  • Konsep-Konsep tentang Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi
  • Dampak Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

Kompetensi Dasar yang kedua adalah sebagai berikut:

  • Mengidentifikasi, menganalisis dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme).
  • Menggunakan  pendekatan Antropologi dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, dan hedonisme).
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Dua kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif, diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme) sebagai dampak perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi.

Kompetensi Dasar yang ke Tiga adalah sebagai berikut :

  • Merancang strategi kultural berdasarkan sumber-sumber  kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi bagi pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).
  • Membaca literatur, melakukan pengamatan (observasi), dan wawancara (interview) untuk merancang strategi kultural berdasarkan kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi dalam rangka pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).
  1. Materi Pembelajaran

Dalam Kompetensi Dasar yang Ke Tiga , kita akan mempelajari mengenai beberapa materi berikut ini :

  • Sumber-sumber Kearifan Lokal (local wisdom) dan Tradisi Lisan
  • Strategi Kultural mengatasi perilaku negatif.
  • Pembangunan Karakter Bangsa (nation and culture building).

Note : Silabus ini telah dimodifikasi oleh penulis. Semoga bermanfaat 🙂 kritik dan saran sangat dibutuhkan.

Selengkapnya bisa kalian lihat atau download Silabus Antropologi SMA K.13 KEMENDIKBUD

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: