MATERI SOSIOLOGI KELAS XI : INTEGRASI DAN REINTEGRASI SOSIAL

Salam Agent of Change!

Kali ini saya akan memposting apa sih materi ke-lima yang ada di dalam materi kelas XI sesuai silabus kelas XI Sosiologi SMA Kurikulum 2013, yakni mengenai “Integrasi dan Reintegrasi Sosial”. Sebelumnya materi ini telah di posting oleh Itsna Rizqi Istiqomah , untuk lebih memahami dengan jelas silahkan kunjungi link berikut ini ya 🙂 http://blog.unnes.ac.id/itsnarizqiistiqomah/2017/11/05/materi-sosiologi-kelas-xi-bab-v-tentang-integrasi-dan-reintegrasi-sosial/#more-175

Integrasi dan reintegrasi sosial sebagai upaya pemecahan masalah konflik dan kekerasan

Integrasi

Kamus Besar Bahasa Indonesia mengartikan “integrasi” sebagai pembauran hingga menjadi kesatuan. 3 Kata “kesatuan” mengisyaratkan berbagai macam elemen yang berbeda satu sama lain mengalami proses pembauran. Jika pembaruan telah mencapai suatu perhimpunan, maka gejala perubahan ini dinamai integrasi. Dalam bahasa Inggris, integrasi (integration) antara lain bermakna “keseluruhan” atau “kesempurnaan.” Integrasi berasal dari kata “integrate” yang berarti memberi tempat dalam suatu keseluruhan. “interger” yang berrati utuh. Jadi integrasi merupakan upaya membuat unsur-unsur tertentu menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Integrasi berarti membuat masyarakat menjadi satu kesatuan yang bulat dan utuh. Jika berbagai macam elemen yang berbeda satu sama lain merujuk pada kemajemukan sosial yang telah pula mencapai suatu kehidupan bermasyarakat, maka proses ini dinamai integrasi sosial. Dalam sosiologi, integrasi sosial berarti proses penyesuaian unsur-unsur yang  saling berbeda dalam kehidupan masyarakat sehingga menghasilkan pola kehidupan masyarakat yang memiliki keserasian fungsi. Dengan demikian, ada dua unsur pokok integrasi sosial. Unsur pertama adalah pembauran atau penyesuaian, sedangkan unsur kedua adalah unsur fungsional. Jika kemajemukan sosial gagal mencapai pembauran atau penyesuaian satu sama lain, maka kemajemukan sosial berarti disentegrasi sosial. Dengan kata lain, kemajemukan gagal membentuk (disfungsional) masyarakat.

Bentuk-bentuk integrasi sosial

Integrasi sosial yang terjadi di masyarakat memiliki 3 bentuk, diantaranya adalah:

  1. Integrasi Normatif

Integrasi normatif merupakan bentuk integrasi yang terjadi akibat adanya norma-norma yang berlaku di masyarakat

  1. Integrasi Fungsional

Integrasi fungsional terbentuk karena ada fungsi-fungsi tertentu dalam masyarakat. Dengan mengedepankan fungsi dari masing-masing pihak yang ada dalam sebuah masyarakat.

  1. Integrasi Koersif

Integrasi koersif terbentuk berdasarkan kekuasaan yang dimiliki penguasa. Dalam hal ini penguasa menerapkan cara-cara koersif (kekerasan).

Reintegrasi Sosial

Reintegrasi sosial adalah suatu proses penyesuaian kembali unsur-unsur yang berbeda dalam masyarakat sehingga menjadi satu kesatuan. Dalam pandangan Soekanto, reintegrasi atau reorganisasi adalah proses pembentukan kembali norma serta nilai baru untuk beradaptasi dengan lembaga yang mengalami perubahan. Caranya adalah dengan, mengupayakan penyelesaian konflik seperti mediasi dan arbitrase. Meningkatkan toleransi serta rasa saling percaya. Dan penguatan kembali nilai-nilai kearifan lokal. Dan menjaga kelanggengan situasi supaya damai.

Dari penjelasan materi-materi tersebut, saya menyertakan sebuah artikel berita, silahkan klik link berikut ini:

http://krjogja.com/web/news/read/47749/Sumpah_Pemuda_dan_Integrasi_Sosial

dan untuk semakin menambah pemahaman anda, silahkan kerjakan soal-soal pengayaan berikut:

Soal Pengayaan:

  1. Apa yang anda ketahui mengenai integrasi sosial?
  2. Jelaskan perbedaan integrasi sosial dengan reintegrasi sosial!
  3. Jelaskan contoh penerapan reintegrasi sosial di Indonesia!
  4. Dari artikel berita tersebut, apa kesimpulan yang anda tangkap?
  5. Berikan contoh dari integrasi sosial!

Sumber :

Handoyo.Eko. 2015.Studi  Masyarakat Indonesia. Penerbit Ombak: Yogyakarta

AR, Eka Hendry. 2013. Integrasi Sosial Dalam Masyarakat Multi Etnik. Jurnal Stain Pontianak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: