MATERI SOSIOLOGI KELAS XII : GLOBALISASI DAN PERUBAHAN KOMUNITAS LOKAL

Salam Agent Of Change!

Setelah kita mempelajari dan memahami semua materi pembelajaran SOSIOLOGI kelas X dan XI, maka kali ini kita akan mempelajari dan memahami apa saja materi-materi pembelajaran sosiologi di Kelas XII kurikulum 2013. Materi sosiologi kelas XII yang ke-dua adalah terkait dengan “Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal”. Dimana materi ini telah di posting oleh Itsna Rizqi Istiqomah , untuk lebih memahami dengan jelas silahkan kunjungi link berikut ini ya 🙂 http://blog.unnes.ac.id/itsnarizqiistiqomah/2017/11/11/materi-sosiologi-kelas-xii-bab-ii-tentang-globalisasi-dan-perubahan-komunitas-lokal/#more-194

GLOBALISASI

Globalisasi terjadi karen faktor-faktor nilai budaya luar, seperti:

Selalu meningkatkanpengetahuan
Etos kerja
Patuh hukum
Kemampuan memprediksi
Kemandirian
Efisiensi dan produktivitas
Keterbukaan
Keberanian bersaing
Rasionalisasi dan
Manajemen resiko.

Pengertian Globalisasi menurut penulis adalah suatu ruang lingkup yangluas tanpaadabatasan wilayah, dan siapanpun kapanpun serta dimanapun semua orang dapat menggunakannya.

Globalisasi terjadi melalui berbagai saluran, di antaranya:

Lembagapendidikandan ilmu pengetahuan.
Lembaga keagamaan.
Indutri internasional dan lembaga perdagangan.
Wisata mancanegara
Saluran komunikasi dan telekomunikasi internasiona
Lembaga internasional yang mengatur peraturan internasional

PERUBAHAN KOMUNITAS LOKAL AKIBAT GLOBALISASI

Istilah komunitas berkaitan dengan banyak fenomena, pola penafsiran, dan juga asosiasi.terjadi banyak kerancuan makna tentang istilah komunitas yang telah melampaui batas pengertian pertamanya yang lazim digunakan oleh para sosiolog. Komunitas biasanya merujuk pada suatu kelompok lingkungan yang para anggotanya menghuni ruang fisik atau wilayah geografik yang sama di lingkungan tetangga, desa, atau, kota. Komunitas juga diartikan sebagai suatu kelompok yang anggotanya memiliki ciri-ciri serupa, yang biasanya di himpun oleh suatu rasa memiliki atau bias pula oleh ikatan dan interaksi social tertentu yang menjadikan kelompok itu sebagai suatu entitas sosial tersendiri. Perubahan sosial dan globalisasi mendorong munculnya frasa pengembangan komunitas yang biasanya digunakan untuk menyebut proyek-proyek pengembangan suatu daerah yang menyertakan keterlibatan aktif pada penduduknya. Proyek-proyek itu bias dalam bidang pendidikan, kesejahteraan sosial, kesehatan, pembangunan infrastruktur seperti jalan raya, sumur umum, jaringan irigasi, perbaikan sarana pertanian, peningkatan fasilitas manufaktur, atau pembinaan kegiatan komersial. Pengembangan komunitas dalam era globalisasi tidak lagi di batasi pada wilayah-wilayah teritorial yang bersifat lokal. Misalnya, dalam hal upaya peningkatan kesejahteraan material atau kehidupan ekonomi, akan memunculkan keadaan dimana segenapaspek ekonomi, pasokan dan permintaan bahan mentah, informasi dan transformasi tenaga kerja, distribusi hasil poduksi atau kegiatan pemasaran menyatu atau terintegrasi dan kian terjalin dalam hubungan saling ketergantungan yang berskala luas (dunia).

Dari materi tersebut, saya menyertakan link berita yang dapat kalian akses, silahkan klik link bertikut ini

http://www.depokpos.com/arsip/2017/06/menjaga-keaslian-budaya-lokal-ditengah-tantangan-global/

nah, selain materi dan artikel berita tersebut, saya juga menyertakan beberapa soal pengayaan, beberapa soal pengayaanya yaitu:

  1. Jelaskan definisi dari globalisasi menurut anda!
    Jika dikaitkan dengan masyarakat disekitar anda, contoh globalisasi apa yang paling dominan?
  2. Apakah dengan adanya globalisasi dapat mempengaruhi budaya lokal? Jelaskan!
    Dari artikel berita tersebut, apa kesimpulannya?
    Menurut anda, apakah artikel berita tersebut juga terjadi di lingkunhgan sekitar anda? Jelaskan!

Sumber:

http://digilib.unila.ac.id/8625/15/bab%20II.pdf

Soekanto Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. Rajawali Pers: Jakarta

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: