MATERI SOSIOLOGI SMA KELAS XI : PERMASALAHAN SOSIAL DI MASYARAKAT

Salam Agent of Change!

Kali ini saya akan memposting apa sih materi ke-dua yang ada di dalam materi kelas XI sesuai silabus kelas XI Sosiologi SMA Kurikulum 2013, yakni mengenai “Permasalahan Sosial di Masyarakat ”. Sebelumnya materi ini telah di posting oleh Itsna Rizqi Istiqomah , untuk lebih memahami dengan jelas silahkan kunjungi link berikut ini ya 🙂

http://blog.unnes.ac.id/itsnarizqiistiqomah/2017/11/04/materi-sosiologi-kelas-xi-bab-ii-tentang-permasalahan-sosial/#more-163

PERMASALAHAN SOSIAL
Klasifikasi Masalah Sosial dan Sebab-sebaabnya
Masalah sosial timbul dari kekurangan-kekurangan daalam diri manusia atau kelompok sosial yang bersumber pada faktor-faktor ekonomis, biologis, biopsikologis, dan kebudayaan. Setiap masyarakat mempunyai norma yang bersangkut paut dengan kesejahteraan kebendaan, kesehatan fisik, kesehatan mental, serta penyesuaian diri individu atau kelompok sosial. Penyimpangan-penyimpangan terhadap norma-norma tersebut merupakan gejala abnormal yang merupakan masalah sosial.
Beberapa Masalah Sosial yang Penting
1. Kemiskinan
Kemiskinan diartikan sebagai suatu keadaan di mana seseorang tidak sanggup memelihara dirinya sendiri sesuai dengan taraf kehidupan kelompok dan juga tidak mmampu memanfaatkan tenaga mental, maupun fisiknya dalam kelompok tersebut. Pada masyarakat modern yang rumit, kemiskinan menjadi suatu masalah sosial karena sikap yang membenci kemiskinan tadi. Seseorang bukan merasa miskin karena kurang makan, pakaian atau perumahan, tetapi karena harta miliknya dianggap tidak cukup untuk memenuhi taraf kehidupan yang ada.
2. Kejahatan
Untuk mengatasi masalah kejahatan, kecuali tindakan preventif, dapat pula diadakan tindakan-tindakan represif antara lain dengan teknik rehabilitasi. Menurut Cressey, ada dua konsepsi mengenai teknik rehabilitasi tersebut. Konsepsi pertama, menciptakan sistem dan program-program yang bertujuan untuk menghukum orang-orang jahat tersebut. Konsepsi kedua lebih ditekankan pada usaha agar penjahat dapat berubah menjadi orang biasa (yang tidak jahat).
3. Disorganisasi Keluarga
Disorganisasi keluarga adalah perpecahan keluarga sebagai suatu unit karena anggota-anggotanya gagal memenuhi kewajiban-kewajibannya yanng sesuai dengan peranan sosialnya. Disorganisasi keluarga mungkin terjadi pada masyarakat-masyarakat sederhana karena suami sebagai kepala keluarga gagal memenuhi kebutuhan-kebutuhan primer keluarganya atau mungkin karena dia menikah lagi.
4. Masalah Generasi Muda dalam Masyarakat Modern
Masalah generasi muda pada umumnya ditandai oleh dua ciri yang berlawanan, yakni keinginan untuk melawan (misalnya dalam bentuk radikalisme, delinkuensi, dan sebagainya) dan sikap yang apatis (misalnya penyesuaian yang membabi buta terhadap ukuran moral generasi tua). Masa remaja dikatakan sebagai suatu masa yang berbahaya karena pada periode itu, seseorang meninggalkan tahap kehidupan anak-anak untuk menuju ke tahap selanjutnya, yaitu tahap kedewasaan.
5. Peperangan
Peperangan mengakibatkan disorganisasi dalam berbagai aspek kemasyarakatan, baik bagi negara yang keluar sebagai pemenang, apalagi bagi negara yang takluk sebagai si kalah. Apallagi peperangan pada dewasa ini biasanya merupakan perang total, ayitu di mana tidak hanya angkatan bersenjata yang tersangkut, tetapi seluruh lapisan masyarakat.
6. Pelanggaran terhadap Norma-norma Masyarakat
a. Pelacuran
Pelacuran dapat diartikan sebagai suatu pekerjaan yang bersifat menyerahkan diri kepada umum untuk melakukan perbuatan-perbuatan seksual dengan mendapatkan upah.
b. Delinkuensi Anak-anak
Dlikuensi anak-anak meliputi pencurian, perampokan, pencopetan, penganiayaan, pelanggaran susila, penggunaan obat-obatan perangsang, dan mengendarai mobil (atau kendaraan bermototor lainnya) tanpa mengindahkan norma-norma lalu lintas.
c. Alkoholisme
Masalah alkoholisme dan pemabuk pada kebanyakan masyarakat pada umumnya tidak berkisar pada apakah alkohol boleh atau dilarang dipergunakan. Persoalan pokoknya adalah siapa yang boleh menggunakannya, di mana, kapan, dan dalam kondisi yang bagaimana. Umumnya orang awam berpendapat bahwa alkohol merupakan stimulan, padahal sesungguhnya alkohol merupakan racun protoplasmik yang mempunyai efek depresan pada sistem saraf.
d. Homoseksualitas
Secara sosiologis, homoseksual adalah seseorang yang cenderung mengutamakan orang yang sejenis kelaminnya sebagai mitra seksual. Homoseksual merupakan sikap tindak atau pola perilaku para homoseksual.
7. Masalah Kependudukan
Penduduk suatu negara, pada hakikatnya meruupakan sumber yang sangat penting bagi pembangunan sebab penduduk merupakan subjek pembangunan.
8. Masalah Lingkungan Hidup
Lingkungan fisik, biologis, maupun sosial senantiasa mengalami perubahan-perubahan. Agar dapat mempertahankan hidup, mannusia melakukan penyesuaian-penyesuaian atau adaptasi
9. Birokrasi
Pengertian birokrasi menunjuk pada suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mengerahkan tenaga dengan teratur dan terus menerus untuk mencapai suatu tujuan tertentu.
Untuk menambah wawasan kita semua, saya menambahkan link berita, silahkan klik link berikut ini  http://news.liputan6.com/read/3141695/kemenko-pmk-angka-kemiskinan-ditekan-jadi-1064-di-tahun-2017

Untuk menambah wawasan kita, saya sudah mempersiapkan beberapa soal pengayaan berikut, silahkan dikerjakan
Soal Pengayaan:
1. Menurut kalian, masalah sosial apa yang banyak terjadi di Indonesia?
2. Bagaimana cara menghadapi permasalahan-permasalahan sosial yang ada?
3. Apa definisi permasalahan sosial menurut anda?
4. Dari berita tersebut, apa kesimpulannya menurut anda?
5. Apa upaya pemerintah yang efektif untuk dilakukan dalam meanggulangi berbagai permasalahan sosial yang ada menurut anda?

Sumber:

Soekanto Soerjono. 2013. Sosiologi Suatu Pengantar. PT RajaGrafindo Persada: Jakarta

Hardati Puji dkk. 2010. Pengantar Ilmu Sosial. Widya Karya: Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: