SEBUAH RANCANGAN SEKOLAH TAMAN KANAK – KANAK (TK) KUNTUM MEKAR

Salam Agent of Change!

Guys, ini tugas saya di mata kuliah umum Manajemen Sekolah Semester 3. Nah , disini saya diminta dosen saya untuk membuat rancangan sekolah yang bagaimaana ketika disuatu hari nanti kalian ingin membuat sekolah dan kepala sekolah dari sekolah kalian ya kalian sendiri. Nah berikut rancangan sekolah yang akan saya buat jika suatu hari nanti saya bisa membuatnya. Aamiin.. :) Postingan ini juga bisa menjadi pandangan kalian ya guys nantinya :) selamat membaca…

Nama Lembaga : TK Kuntum Mekar

Visi dan Misi :

  • Visi

                        Membentuk anak beriman, sehat,ceria,cerdas dan berkualitas

  • Misi
  • Menanamkan anak berakhlak mulia, disiplin, mandiri, cerdas, kreatif, dan berprestasi
  • Menanamkan nilai moral pada peserta didik
  • Menumbuhkan cinta kasih sayang antar sesama manusia, rasa toleransi, jiwa pancasila yang tinggi dan rasa saling menghargai satu sama lain
  • Mengembangkan potensi peserta sesuai dengan minat anak dan tingkat perkembangan peserta serta kemampuan yang dimiliki peserta didik
  • Menumbuhkan rasa cinta alam lingkungan sekitar sehingga menumbuhkan cara melestarikan lingkungan alam sekitar

Sejarah berdirinya TK Kuntum Mekar

TK Kuntum Mekar ini berdiri sejak tahun 2009, belum lama memang, akan tetapi TK Kuntum Mekar sudah memiliki banyak siswa yang bersekolah di TK ini, di karenakan TK ini mempunyai Visi dan Misi yang dapat menunjang dan daapat menjadi bekal mereka kelak di masa yang akan datang untuk meraih apa yang di cita-citakan masing-masing siswa.

Pada awalnya saya memberikan nama TK Kuntum Mekar ini ialah saya mempunyai harapan yang besar pada siswa-siswa saya agar menjadi lulusan yang terbaik di jenjang sekolah selanjutnya. Seperti kuntum bunga yang akan mekar, kuntum bunga yang tadinya menguncup menjadi terbuka atau mekar dengan sangat cantiknya dan menariknya sehingga banyak kupu-kupu yang ingin menaungi bunga tersebut. Harapan saya sebagai kepala sekolah TK Kuntum Mekar seperti itu.

Lokasi TK Kuntum Mekar ini berada di Kelurahan Kebondalem Pemalang tepatnya di jalan serayu. Bangunan yang luas dengan dilengkapi berbagai macam media bermain seperti ayunan,jungkat-jungkit, dan lain sebagainya.

Latar belakang sekolah :

1). Membantu dan turut serta mensukseskan pemerintahan dalam bidang pendidikan untuk mencapai tujuan Nasional yaitu Mencerdaskan Kehidupan Bangsa

2). Mengembangkan sistem belajar yang lengkap dan terpadu

3). Mengembangkan potensi anak secara menyeluruh dan seimbang sesuai dengan minat anak,kebutuhan anak. Tingkat perkembangan dan kemampuan anak.

4). Membentuk manusia pembangunan Indonesia yang berpancasila, sehat jasmani dan rohani.\

5). Membangun nilai moral pada diri masing-masing anak agar dapat menaati nilai dan norma yang berlaku sehingga dapat menjalankan sistem sosial dalam kehidupan bermasyarakat kelak.

Komponen sekolah :

A). Peserta didik

            TK Kuntum Mekar dibagi menjadi dua golongan ruang kelas, yakni golongan ruang kelas nol kecil dan golongan ruang kelas nol besar. Dimana daya tampung peserta didik di dalam masing-masing golongan ruang kelas TK Kuntum Mekar ini ialah nol kecil (Kelas A) minimal sekitar 20-25 peserta didik, sedangkan golongan ruang kelas nol besar (Kelas B) minimal sekitar 15-20. Golongan ruang kelas nol besar kemungkinan lebih sedikit karena biasanya peserta didik yang semula kelas nol kecil masih ada yang belum memenuhi syarat untuk naik kelas golongan nol besar. hal ini dikarenakan perkembangan peserta didik bermacam-macam.

  • Persyaratan pendaftaran peserta didik baru di TK Kuntum Mekar ini meliputi:

1). Usia 4 sampai 5 tahun. Dibuktikan dengan membawa 1 lembar Akta Kelahiran asli atau foto copyan

2). Membawa 1 lembar Foto copyan Kartu Keluarga

3). Surat keterangan dokter yang menyatakan siswa baru tersebut sehat (baik psikis maupun mental)

  • Cara pendaftaran

Pendaftaran di TK Kuntum Mekar ini siswa baru harus datang langsung ke TK Kuntum Mekar dengan didampingi oleh Orang Tua masing-masing.

  • Waktu Pendaftaran

Waktu pendaftaran di TK Kuntum Mekar sendiri dilaksanakan setiap pergantian tahun sekolah , untuk jam pendaftaran sendiri yakni dari pukul 08.00-11.00 WIB.

  • Tempat pendaftaran

Tempat pelaksanaan pendaftaran yakni di TK Kuntum Mekar.

  • Uang atau biaya pendaftaran

Biaya pendaftaran pada TK Kuntum Mekar ini yakni 300.000 yang mana diserahkan kepada panitia Pendaftaran atau Bendahara sekolah.

  • Waktu dan tempat seleksi

Setelah siswa baru mendaftar di TK Kuntum Mekar , siswa akan melaksanakan seleksi siswa baru dimana dilaksanakan dua hari setelah pengumuman penerimaan siswa baru TK Kuntum Mekar. Waktu dan Tempat Seleksi TK Kuntum Mekar ini dilaksanakan di Alam Terbuka maupun tempat tempat yang menunjang anak untuk mengembangkan sosialisasi anak terhadap sesama teman-temannya, menumbuhkan sikap cinta terhadap lingkungan sekitar bagaimana mereka merawat dan menjaga lingkungan yang ada di sekitar mereka sesuai dengan pengetahuan dan apa yang sudah di bimbing dan di ajarkan oleh wali atau orang tua anak tersebut.

B). Kurikulum

            Peserta didik dididik dengan menggunakan Kurikulum Nasional Plus, dalam suasana yang kondusif yang berorientasi pada prinsip – prinsip perkembangan peserta didik.

Materi pembelajaran peserta didik disampaikan melalui kegiatan bermain yang terencana, menarik, serta dapat memotivasi peserta didik untuk mengembangkan sendiri seluruh potensi yang dimilikinya. Kemampuan dasar yang akan terurai ke dalam sub program pengembangan yaitu pengembangan kemampuan bersosialisasi, daya cipta, kemampuan berbahasa, kemampuan daya pikir, kemampuan keterampilan, dan kemampuan jasmani. Materi – materi yang menjadi ciri khas sekolah ini yang disampaikan memuat materi bermuatan religius dan memuat materi serta program cinta tanaman dan lingkungan hidup, sehingga peserta didik sedini diperkenalkan pada persoalan-persoalan lingkungan dan bagaimana caranya untuk mengelola lingkungan yang ada di sekitarnya.

Untuk waktu belajar peserta didik dilaksanakan setiap hari Senin hingga Sabtu. Berikut ini merupakan perincian waktu belajar efektif di sekolah :

  • Senin s.d. Kamis : jam 08.00 – 10.45
  • Jum’at : jam 08.00 – 10.00
  • Sabtu : jam 08.00 – 10.45

Selain itu, terdapat pula program – program kegiatan mingguan, kegiatan bulanan dan kegiatan periodik. Program kegiatan mingguan meliputi melakukan olah raga bersama dan kerja bakti membersihkan sampah di sekitar lingkungan sekolah yang mana kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat. Untuk program kegiatan bulanan meliputi lomba untuk melatih kerjasama antar peserta didik, aktivitas drumband, dan sebagainya. Sedangkan program kegiatan periodik meliputi kegiatan outing atau kunjungan edukatif di tempat wisata bersama orang tua peserta didik yang dilaksanakan dua kali dalam satu semester, pentas seni peserta didik yang dilaksanakan satu kali dalam satu semester, pemeriksaan kesehatan oleh tenaga kesehatan yakni biasanya dokter umum dan perawat gigi yang dilaksanakan satu kali dalam satu semester, perayaan hari kartini,perayaan hari Kemerdekaan Indonesia, perayaan hari ibu dan hari ayah yang melibatkan orang tua peserta didik, serta hari pelepasan atau perpisahan siswa kelas B yang mana nantinya akan melanjutkan ke jenjang Sekolah Dasar (SD).

C). Anggaran/biaya

            Biaya pendaftaran TK Kuntum Mekar sendiri ialah 300.000.00,-, biaya tersebut sudah termasuk seragam sekolah lengkap dan perlengkapan sekolah, buku tabungan, buku SPP, buku ajar (buku mewarnai) sebanyak dua buku.

            Biaya SPP TK Kuntum Mekar dikenakan sebesar 60.000.00,- setiap bulan. Biaya tersebut sudah termasuk biaya perlengkapan layanan khusus, kebersihan,perlengkapan ruang kelas,dan lain-lain.

            Kemudian siswa dikenakan biaya tabungan siswa minimal 5.000.00,- setiap hari, tabungan ini nantinya di pakai oleh siswa sendiri yang apabila nantinya akan di adakan acara bersama siswa sudah mempunyai tabungan untuk membayar biaya snack atau yang lainnya.

Sekolah memberikan prioritas minimal 10% daya tampung sekolah kepada peserta didik yang kurang mampu dalam perekonomian untuk dipertimbangkan agar dapat dibebaskan dari biaya sekolah atau dengan kata lain tidak dipungut biaya.

D). Sarana dan Prasarana

            Sarana yang menunjang program sekolah yang terdapat di TK Kuntum Mekar sendiri meliputi :

  • Peralatan pendidikan : papan tulis (whiteboard dan blackboard) dimana whiteboard untuk papan pengumuman, spidol, kapur tulis, paket alat tulis peserta didik seperti crayon, buku gambar, tempat pensil,pensil warna, pensil, penghapus, dan sebagainya.
  • Media pendidikan : komputer, Wi-Fi, LCD, proyektor, speaker, dan sebagainya.
  • Buku : buku cerita atau dongeng, buku pengayaan, buku referensi, dsb.

Semantara itu, prasarana yang menunjang kegiatan belajar dan bermain di TK “Kuntum Mekar” meliputi ruang kelas yang terdiri dari 4 ruang kelas, yakni 2 ruang kelas golongan nol kecil dan 2 ruang kelas golongan nol besar, tempat buku dan tempat sepatu (rak buku dan rak sepatu) dimana rak buku ditempatkan di dalam ruang kelas yang mana secara terpisah agar siswa tidak bingung ketika mengambil bukunya sendiri (berbentuk keranjang dan juga rak buku besar) rak buku besar di gunakan untuk  menaruh buku bahan ajar dan rak sepatu ditempatkan di depan ruang kelas, taman bermain yang cukup luas, taman,tempat para orangtua untuk menunggui anak-anaknya yakni berada di dekat pintu masuk sekolah, mushola untuk semua pegawai sekolah dan peserta didik, perpustakaan, UKS, dinding ekspresi seni peserta didik, 2 toilet atau kamar mandi yakni 1 untuk toilet siswa dan 1 nya lagi toilet untuk para pendidik.

E). Layanan Khusus

  • Perpustakaan

TK Kuntum Mekar mempunyai satu ruang perpustakaan dimana perpustakaan ini digunakan untuk menunjang anak dalam proses pembelajaran di TK Kuntum Mekar dan juga para pendidiknya, agar semua siswa tidak merasa bosan. Perpustakaan TK Kuntum Mekar sendiri menyediakan banyak berbagai buku bacaan dari mulai buku dongeng, buku cerita kisah para nabi, buku lagu-lagu daerah (buku seni), buku menggambar, dan lain sebagainya.

  • UKS

TK Kuntum Mekar juga mempunyai satu ruang UKS yang mana menyediakan obat-obatan untuk siswa dan untuk para pendidik sendiri.sehingga baik siswa maupun para pendidik bisa beristirahat dan merasa nyaman pada saat mereka sedang dalam kondisi kurang sehat. Obat-Obatan yang tersedia juga dapat menjadi bahan ajar untuk para siswa agar para siswa mengenal berbagai macam jenis obat-obatan yang dapat digunakan sehingga para siswa tidak merasa bosan dengan bahan ajar yang itu itu saja dan dapat menambah wawasan para siswa.

  • Keamanan

TK Kuntum Mekar ini terdapat pegawai keamanan yang nantinya dapat melindungi semua pihak sekolah agar merasa aman,nyaman dan tertib serta teratur dalam berada di lingkungan sekolah. Tugas pegawai keamanan (penjaga sekolah) di TK Kuntum Mekar ini salah satunya mengatur tempat parkir, mengawasi semua pihak sekolah sehingga tidak  akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

F). Personalia

 Pelaku personalia dalam TK “Taman Insan Cendekia” yaitu :

  • Kepala sekolah

2) Guru

3) Tenaga administrasi

4) Penjaga sekolah

          Untuk meningkatkan rasa solidaritas dan kerukunan antar pegawai, pihak sekolah akan melaksanakan kegiatan rutin seperti arisan yang dilaksanakan setiap dua bulan sekali. Selain itu, akan ada kegiatan piknik guru beserta keluarga masing – masing setiap satu tahun sekali. Serta dengan adanya di adakannya acara halal bihalal pasca hari raya turut meningkatkan kerukunan dan solidaritas antar pegawai TK “Taman Kuntum Mekar”.

          Sistem Rekruitmen kepegawaian yang terdapat di TK “Kuntum Mekar” meliputi surat lamaran pekerjaan,ijazah sekolah akhir , pas foto 3×4,sehat jasmani dan rohani, memiliki jiwa yang sabar dan bijaksana, dapat menjalankan tugas sesuai dengan tugas dan perannya masing-masing dengan baik dan amanah (dapat dipercaya), dapat diajak bekerjasama untuk mencapai tujuan sekolah,dan lain sebagainya.

          Tugas dan peran yang dilakukan kepala sekolah TK Kuntum Mekar ialah memimpin, mengawasi, memberikan arahan dan menilai kinerja bawahan, serta berpartisipasi dalam memberikan pendapat kepada orang tua siswa dan atau bawahan dan lain-lain.Sehingga tujuan sekolah dapat tercapai dan berjalan dengan baik.

          Tugas Guru atau pendidik dalam mendidik siswa yakni membimbing dan mendidik siswa sesuai dengan aturan sekolah dan nilai norma yang berlaku,menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan tidak monoton, mengatur dan mengawasi siswa didiknya agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan, memberikan rasa nyaman dan aman kepada siswa khususnya dalam jiwa psikis anak dan lain sebagainya.

          Tugas Tenaga Administrasi di TK Kuntum Mekar yakni mengatur semua biaya administrasi atau keuangan baik keuangan para pegawai maupun seluruh peserta didik, menyusun administrasi perlengkapan sekolah, penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan sekolah, dan lain sebagainya.

          Tugas Penjaga Sekolah ialah melaksanakan kebersihan lingkungan sekolah termasuk ruang kelas dan seluruh bangunan sekolah, sebagai pengamanan sekolah , membuka dan mengunci seluruh ruangan yang ada di sekolah, dan lain sebagainya.

G). Hubungan Sekolah dengan Masyarakat

Hubungan sekolah dengan masyarakat yang dilakukan TK Kuntum Mekar ini

Antara lain :

  • Adanya acara-acara pementasan yang diadakan sekolah dengan masyarakat d seperti acara pentas seni, seni drama, tari dan lain sebagainya.
  • Adanya kegiatan kerja bakti yang dilakukan di sekitar lingkungan sekolah dibantu oleh masyarakat sekitar.
  • Mengundang tokoh-tokoh masyarakat untuk memberikan sosialisasi atau mendayagunakan tokoh-tokoh potensial dalam masyarakat untuk menunjang pelaksanaan pendidikan. Misalnya , penyuluhan kesehatan yang diberikan oleh tenaga kesehatan setempat, mengundang pelatih kesenian seperti pelatih drum band dimana di TK Kuntum Mekar ini salah satu kegiatan yang menjadi populer ialah drumb band dimana siswa TK Kuntum Mekar di ajarkan untuk menjadi siswa yang dapat meraih prestasi bukan hanya akademisnya saja.
  • Melibatkan orang tua siswa pada saat ada hari besar atau peringatan hari nasional misalkan hari Kemerdekaan Indonesia. Pihak sekolah dapat meminta orang tua untuk turut serta mengikuti karnaval atau perlombaan yang di adakan di sekolah TK Kuntum Mekar ini.
  • Mengadakan arisan para guru dan orang tua siswa, jadi di harapkan bukan hanya siswa saja yang menabung, tetapi orangtua juga dapat menabung. Biaya arisan ini ialah 10.000 setiap minggunya yang nantinya di kocok setiap akhir bulan.

Gaya kepemimpinan yang saya pakai adalah gaya kepemimpinan demokratis, dimana gaya kepemimpinan ini merupakan kemampuan mempengaruhi orang lain agar mau bekerjasama untuk mencapai tujuan yang telsh ditetapkan dengan cara berbagai kegiatan yang akan dilakukan serta ditentukan bersama antara pemimpin dengan bawahan.

Alasan mengapa saya memilih gaya kepemimpinan ini ialah di dalam gaya pemimpin yang demokratis ini pemimpin menempatkan dirinya sebagai pengontrol,pengatur dan pengawas dari sekolah yang saya bangun ini dengan tidak menghalangi hak-hak bawahan untuk berpendapat. Pemimpin berfungsi sebagai penghubung antar departemen atau lembaga-lembaga sosial yang akan membantu dalam lembaga sekolah khususnya TK Kuntum Mekar ini. Gaya kepemimpinan ini juga memiliki kelebihan salah satunya dimana setiap tugas dan wewenangnya di atur sedemikian rupa  dan terencana dengan sistematis sehingga bagian-bagian tugas dari masing-masing pegawai sudah jelas dan harus ditaati serta dilaksanakan, yang mana nantinya tidak akan terjadi campur tangan  antar pegawai. Pembagian tugas dan peran ini juga sangat efisien dan efektif sehingga tujuan utama dari suatu lembaga sosial dapat tercapai demi kepentingan bersama.

Indikator Keberhasilan

Sekolah TK Kuntum Mekar saya ini di katakan berhasil jika sekolah ini dapat menghasilkan output atau lulusan siswa yang banyak diterima di sekolah lanjutan yang favorite. Siswa yang mempunyai nilai akhlak dan moral yang baik sehingga dapat menjalankan dan menaati nilai dan norma yang berlaku.

Ciri Khas Sekolah

Yang menjadi ciri khas atau daya tarik dari TK Kuntum Mekar adalah

  • Para siswa dibimbing dan diberikan bahan ajar yang tidak monoton. Seperti adanya bahan ajar pengenalan lingkungan sekitar yang dilakukan di alam terbuka, memberikan bahan ajar di dalam perpustakaan dimana pendidik meminta siswanya untuk berlatih membaca buku cerita sesuai apa yang mereka inginkan atau bisa juga dengan mengenalkan gambar-gambar yang terdapat di buku ajar yang ada di perpustakaan dan meminta mereka menyebutkan nama dari binatang tersebut,
  • Memberikan pengajaran akidah dengan pendekatan dimana pendidik meminta siswa didiknya menghafal surat pendek alquran dan doa-doa beserta dengan artinya, misalnya doa sebelum tidur,doa sebelum makan dan lain sebagainya. Sehingga dapat menumbuhkan perkembangan kognitif anak.
  • Menumbuhkan dan menciptakan daya kreatifitas anak sehingga perkembangan motoriknya stabil dan baik.
  • Lebih menekankan kepada mengembangkan bakat dan minat siswa sesuai apa yang mereka miliki
  • melatih anak agar menyukai berinfak dan menabung.
  • Menjadikan sekolah sebagai rumah kedua yang dirindukan dengan menciptakan suasana akrab, kasih sayang dan keceriaan, sehingga emosional anak stabil, anak tidak menjadi seseorang pembangkan orang lain dan bisa menghargai serta memahami perbedaan satu sama lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco