Photo Gallery

Galeri foto ini berisi tentang beberapa dokumentasi Mahasiswa Sosiologi & Antropologi UNNES 2015 pada saat mengikuti Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

Perjalanan rombongan KKL UNNES  2015 menuju Desa Ujung Gagak Kampung Laut, Cilacap. Menggunakan kapal “Compreng”.

 

 

Bermain Voli merupakan kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat Desa Ujung Gagak , Cilacap. Menurut salah satu masyarakat, kegiatan ini bertujuan guna mempererat tali persaudaraan antar masyarakat.
Kegiatan Sedekah Laut yakni Larung Kepala Sapi dan Sesajen lainnya oleh masyarakat Desa Ujung Gagak Kecamatan Cilacap guna memperingati Tradisi Satu Suro (suronan).
Proses pencarian data lapangan (wawancara lapangan) dengan penduduk Desa Ujung Gagak sebagai narasumber.

 

Prosesi sambutan Kepala Desa dan doa bersama sebelum di laksanakan acara sedekah laut dengan melarungkan sesajen di laut lepas oleh Masyarakat Desa Ujung Gagak,Cilacap.

 

Isi dari Sesajen yang akan dilarungkan ke laut lepas oleh masyarakat Desa Ujung Gagak, Cilacap sebagai bentuk  puji syukur masyarakat Desa Ujung Gagak atas  keberkahan rezki yang diberikan Tuhan.
Peran perempuan dalam mempersiapkan Acara sedekah laut yang akan dilaksanakan. Perempuan di Desa Ujung Gagak membantu di ranah Domestik (dalam atau dapur), sedangkan Laki-laki Desa Ujung Gagak berperan di ranah publik (luar atau menyiapkan perlengkapan).

 

Kegiatan presentasi sesuai dengan kelompoknya masing-masing. Pada gambar tersebut merupakan presentasi yang dilakukan oleh kelompok “Gender” dengan Dosen Pembimbing Bu Antari Ayuning Arsi salah satu Dosen Sosiologi dan Antropologi UNNES).
Selain acara sedekah laut , juga dilaksanakan acara sedekah bumi yakni sebagai bentuk puji syukur atas keamanan dan kedamaian bumi atau daerah di Desa Ujung Gagak. Gambar diatas adalah bentuk sesaji sedekah bumi yang diletakkan di setiap persimpangan jalan atau jembatan.
‘Gapura’ atau bisa di artikan telah memasuki wilayah Desa Ujung Alang, Cilacap.
Panggung pagelaran wayang dalam rangka memeriahkan acara ‘sedekah bumi’ Masyarakat Desa Ujung Gagak,Cilacap.
Sayonara atau Perjalanan pulang rombongan KKL UNNES 2015 dari Desa Ujung Gagak, CIlacap.