TAHUKAH KAMU?

KEVLAR, JAKET ANTI PELURU

Gambar terkaitBila kalian sering menonton film peperangan, tentu tidak asing dengan baju anti peluru yang dipakai oleh pasukan keamanan?

Apa sih bahan pembuat rompi anti peluru ini? Bahan untuk rompi anti-peluru diantaranya logam (baja atau titanium), keramik atau jenis polimer yang dapat memberikan perlindungan ekstra terhadap bagian-bagian vital pemakainya.

Rompi ini melindungi pemakainya dengan cara menahan laju peluru. Peluru dihentikan sebelum berpenetrasi ke dalam tubuh. Ketika rompi menahan penetrasi peluru, dorongan dari peluru direduksi dengan menyebarkan momentumnya ke seluruh tubuh. Pemakai tetap akan merasakan energi kinetik dari peluru, hal ini dapat menyebabkan luka memar, bengkak atau luka dalam yang cukup serius. 

Salah satu polimer yang dikembangkan sebagai bahan rompi anti-peluru modern adalah kevlar. Kevlar dikenal juga sebagai twaron dan poli-parafenilen tereftalamida, yaitu suatu serat sintetik yang kekuatannya lima kali kekuatan tembaga, dengan berat yang sama. Kevlar sangat tahan terhadap panas dan terdekomposisi di atas 400 oC tanpa meleleh. Kevlar ditemukan oleh perusahaan DuPont pada awal 1960-an, hasil kerja dari Stephanie Kwolek. Kevlar merupakan merk dagang yang terdaftar oleh E.I. de Pont de Nemours and Company.

Sumber : https://bisakimia.com/2017/02/06/kevlar-bahan-pembuat-rompi-anti-peliri/

PASIR KINETIK, MAINAN ANAK CERDAS

Hasil gambar untuk pasir kinetik polimerPasir kinetik atau pasir ajaib pabrikan yang dimaksud adalah pasir kinetik buatan pabrik. Biasanya diimpor dari luar negeri. Pasir kinetik ini berbahan dasar pasir biasa dengan bahan tambahan berupa non-toxicsynthetic polimer atau polimer sintetik buatan.

Sedangkan pasir kinetik buatan sendiri adalah pasir kinetik yang dibuat sendiri secara manual. Sudah banyak juga DIY nya di channel YouTube. Biasanya bisa dibuat dari pasir biasa yang sudah dibersihkan dan diberi bahan tambahan sendiri berupa tepung kanji. Atau bisa juga dibuat dari tepung yang diberi tambahan baby oil, air, atau minyak sayur. Agar lebih colourfull bisa ditambahkan pewarna yang aman untuk anak.

Pasir kinetik atau pasir ajaib dibuat sedemikian rupa hingga menghasilkan pasir kinetik yang higienis. Ada jaminan non-toxic dan antibakterial dalam setiap kemasannya. Selain itu, mainan pasir yang rata-rata masih didatangkan dari luar negeri atau impor ini, sudah lulus standarisasi mainan anak. Lebih bersih dan tidak beraroma. Jadi, lebih aman dimainkan oleh anak-anak. Tetapi, tetap harus dalam pengawasan orang tua agar tidak disalahgunakan.

Struktur pasir kinetik ini lembut, ya. Lebih halus dari pasir biasa. Menempel dan lekat satu sama lain. Tetapi, tidak menempel di tangan. Tidak menempel juga di alat bermain atau cetakan seperti pasir pada umumnya. Pasir kinetik atau pasir ajaib ini mudah dibersihkan karena menyatu satu sama lain.

Pasir kinetik sangat disarankan untuk penggunaan indoor atau di dalam ruangan saja. Meskipun demikian, sebaiknya pasir kinetik ini tidak dituang begitu saja di lantai ketika bermain. Karena sesuai sifat asal pasir yang licin di lantai, pasir kinetik ini juga demikian. Selain itu juga, agar pasir kinetik tetap terjaga kebersihannya.

Sumber : https://titakurniawan.com/2017/03/07/6-hal-yang-perlu-diketahui-tentang-pasir-kinetik/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas:

[+] kaskus emoticons nartzco


Lewat ke baris perkakas