SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat
Jan 5th, 2016 by afifah

Blog No.1

  1. Nama Pemilik Blog: Qudwah Hayati
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/qudwahhayati/
  3. Kelebihan: Tampilan blog disertai dengan estetika yang sangat bagus sehingga blog terlihat menarik dan mampu menarik perhatian pembaca untuk membaca isi blog. Tulisan yang terdapat pada header juga sangat kreatif, artinya sudah bisa memainkan bentuk dan warna font. Selain itu blog ini juga telah dilinkkan dengan news dan jurnal komunitas.
  4. Kekurangan: Terdapat penulisan title yang kurang konsisten, yaitu pada kategori wirausaha. Menurut saya, penulisan title dengan isi artikel, yaitu pada sub-sub menu isi artikel kurang sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Saran: Penulisan title harus lebih konsisten agar terlihat seragam. Penulisan title dan sub menu pada isi artikel harus disesuaaikan dengan aturan yang berlaku, karena seperti yang saya ketahui title itu merupakan judul dari sebuah tulisan, oleh karena itu penulisan judul artikel harus terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan isi. Jika sub menu isi artikel menggunakan huruf kapital, maka judul artikelpun juga harus menggunakan huruf kapital.

Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Kearifan Lokal dan Pemberdayaan Komunitas
Des 18th, 2015 by afifah

Kearifan-Lokal-245x300

Apakah yang Dimaksud dengan Kearifan Lokal?

Jika ditinjau dari segi bahasa, kata lokal (local) berarti setempat, sedangkan kata kearifan atau dalam bahasa Inggris wisdom dapat diartikan sebagai pemikiran, gagasan, atau perilaku yang bijak. Dapat juga diartikan sebagai kemampuan seseorang dalam menggunakan akal pikirannya dalam bertindak atau bersikap sebagai hasil penilaian terhadap sesuatu, objek, atau peristiwa yang terjadi. Sehingga kearifan lokal (local wisdom) dapat diartikan sebagai gagasan-gagasan setempat yang bersifat bijaksana, bernilai baik, yang tertanam dan diikuti oleh para anggota masyarakat. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Ketimpangan Sosial sebagai Dampak Perubahan Sosial di Tengah Globalisasi
Des 18th, 2015 by afifah

  1. Pengertian Ketimpangan Sosial

Menurut Andrinof A. Chaniago ketimpangan adalah buah dari pembangunan yang hanya berfokus pada aspek ekonomi dan melupakan aspek sosial. Sedangkan menurut Budi Winarno, ketimpangan merupakan akibat dari kegagalan pembangunan di era globalisasi untuk memenuhi kebutuhan fisik dan psikis warga masyarakat. Sementara menurut Roichatul Aswidah, ketimpangan sosial sering dipandang sebagai dampak residual dari proses pertumbuhan ekonomi.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa ketimpangan sosial merupakan suatu ketidakadilan yang dirasakan oleh masyarakat  dalam status dan kedudukan. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Globalisasi dan Perubahan Komunitas Lokal
Des 18th, 2015 by afifah

globalisasi

Globalisasi pada dasarnya merupakan kelanjutan dari proses modernisasi yang kian meluas. Sekaligus merupakan akibat langsung dari proses modernisasi. Setelah banyak negara yang berlomba-lomba memodernisasikan diri malah justru yang terjadi adalah ketergantungan. Sehingga Anthony Gidden (1989) mengatakan bahwa semua jenis masyarakat di dunia ini saling bergantung. Semakin lama ketergantunganya semakin tinggi. Tidak ada satu masyarakatpun yang tidak membutuhkan bantuan pada masyarakat lain. Dan ketergantungan ini di namakan globalisasi. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XII: Perubahan Sosial dan Dampaknya
Des 18th, 2015 by afifah

f2deaae6a006ec58d0c4a5ae5e174b2b

A. Hakikat Perubahan Sosial
Dalam setiap masyarakat pasti mengalami suatu yang namanya perubahan. Yang mana perubahan yang terjadi di masyarakat meliputi perubahan norma-norma sosial, pola-pola sosial, interaksi sosial, pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, serta susunan kekuasaan dan wewenang. Menurut Kingsley Davis, dia mengatakan bahwa perubahan sosial merupakan bagian dari perubahan kebudayaan. Perubahan dalam kebudayaan mencakup semua bagiannya, yaitu kesenian, ilmu pengetahuan, teknologi, filsafat, bahkan perubahan dalam bentuk serta aturan organisasi sosial. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Integrasi dan Reintegrasi Sosial sebagai Upaya Pemecahan Masalah Konflik dan Kekerasan
Des 18th, 2015 by afifah

integrasi

Integrasi

Pengertian Integrasi Sosial

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) disebutkan bahwa integrasi adalah pembauran sesuatu yang tertentu hingga menjadi kesatuan yang utuh dan bulat. Istilah pembauran tersebut mengandung arti masuk ke dalam, menyesuaikan, menyatu, atau melebur sehingga menjadi seperti satu. Dengan demikian maka dapat diketahui bahwa integrasi mengarah pada masuk, menyesuaikan, atau meleburnya dua atau lebih hal yang berbeda sehingga menjadi seperti satu. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Konflik, Kekerasan, dan Upaya Penyelesaiannya
Des 18th, 2015 by afifah

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) konflik diartikan sebagai percekcokan, perselisihan atau pertentangan. Secara sosiologis, konflik diartikan sebagai suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (atau juga kelompok) yang berusaha menyingkirkan pihak lain dengan cara menghancurkan atau membuatnya tak berdaya. Konflik merupakan suatu proses disosiatif yang menyebabkan ketidakteraturan dalam kehidupan masyarakat, namun konflik juga memiliki fungsi bagi masyarakat. Konflik menurut Soerjono Soekanto konflik berisi perasaan yang memperdalam perbedaan-perbedaan antara individu dan kelompok yang memicu keinginan untuk saling menekan dan menghancurkan pihak lain. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Perbedaan, Kesetaraan, dan Harmoni Sosial
Des 18th, 2015 by afifah

sosoiologi-perbedaan-kesetaraan-dan-harmoni-sosial-1-638

Indonesia merupakan bangsa yang majemuk, yaitu bangsa yang kaya akan keberagaman,dan salah satunya adalah terdapat keberagaman suku bangsa di dalamnya. Yang mana setiap suku bangsa mempunyai keunikan sendiri sendiri, berbeda satu sama lain. Perbedaan tersebut sangatlah luas cakupannya. Mencakup perbedaan agama, ras, suku, adat istiadat, bahasa, dan sebagainya. Indonesia adalah negara yang beragam, termasuk didalamnya adalah keragaman akan kebudayaan. Berdasarkan kamus besar Bahasa Indonesia , ragam berarti macam atau jenis. Ada tiga macam yang mengambarkan masyarakat yang majemuk yaitu masyarakat Plural, masyarakat Heterogen, dan masyarakat multukultural. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Permasalahan Sosial dalam Masyarakat
Des 18th, 2015 by afifah

Beberapa Masalah Sosial 

Terdapat bermacam-macam permasalahan sosial yang ada di masyarakat, seperti kemiskinan, kejahatan, disorganisasi keluarga, masalah generasi muda dalam masyarakat modern, pelanggaran terhadap norma-norma sosial, seperi pelacuran, delinkuensi anak-anak, alkoholisme, penyimpangan seksual, berbagai masalah kependudukan, dan sebagainya. Namun disini saya hanya akan membahas beberapa dari berbagai masalah tersebut yaitu kemiskinan, kejahatan, kesenjangan sosial dan ekonomi, serta ketidak-adilan. Read the rest of this entry »

Materi Sosiologi SMA Kelas XI: Pembentukan Kelompok Sosial
Des 18th, 2015 by afifah

sosiologi-kelompok-sosial-2-638-610x458

Manusia merupakan salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang tidak dapat hidup sendiri. Meskipun manusia merupakan makhluk Tuhan yang paling sempurna dan merupakan makhluk satu-satunya yang diciptakan dengan dianugerahi akal, namun manusia tetap membutuhkan orang lain atau teman untuk menjalankan kehidupannya agar manusia yang satu dengan yang lain saling membantu.

Manusia apabila disandingkan dengan makhluk hidup lain seperti hewan, maka dia tiak akan mungkin bisa bertahan hidup sendiri. Misalnya saja seekor anak ayam, walaupun ditinggal induknya tetap bisa mencari makan sendiri, namun manusia tanpa manusia lain pasti akan mati. Read the rest of this entry »

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Lewat ke baris perkakas