SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Ulasan Akhir 10 Blog Sejawat
Januari 5th, 2016 by afifah

Blog No.1

  1. Nama Pemilik Blog: Qudwah Hayati
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/qudwahhayati/
  3. Kelebihan: Tampilan blog disertai dengan estetika yang sangat bagus sehingga blog terlihat menarik dan mampu menarik perhatian pembaca untuk membaca isi blog. Tulisan yang terdapat pada header juga sangat kreatif, artinya sudah bisa memainkan bentuk dan warna font. Selain itu blog ini juga telah dilinkkan dengan news dan jurnal komunitas.
  4. Kekurangan: Terdapat penulisan title yang kurang konsisten, yaitu pada kategori wirausaha. Menurut saya, penulisan title dengan isi artikel, yaitu pada sub-sub menu isi artikel kurang sesuai dengan aturan yang berlaku.
  5. Saran: Penulisan title harus lebih konsisten agar terlihat seragam. Penulisan title dan sub menu pada isi artikel harus disesuaaikan dengan aturan yang berlaku, karena seperti yang saya ketahui title itu merupakan judul dari sebuah tulisan, oleh karena itu penulisan judul artikel harus terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan isi. Jika sub menu isi artikel menggunakan huruf kapital, maka judul artikelpun juga harus menggunakan huruf kapital.

Blog No.2

  1. Nama Pemilik Blog: Muhammad Najib
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/najib23/
  3. Kelebihan: Tampilan blog sudah cukup rapi dan sudah memenuhi apa yang dianjurkan. Selain itu, pada widget teman yang diikuti tampilannya sudah rapi dan sudah dibuat scroll, sehingga tampilannya tidak panjang.
  4. Kekurangan: Title pada tiap postingan tidak konsisten, ada yang kapital ada yang tidak. Tuisan pada postingan belum rapi, yaitu belum memperhatikan rata kanan kiri. Pembuatan readmore pada postingan ada yang terlalu singkat dan ada yang terlalu panjang, bahkan ada postingan yang belum disertai dengan readmore. Selain itu, pada profil pemiliki blog identitas pemilik blog kurang jelas, karena tidak tercantum alamat medsos yang ia miliki, misal fb, email, atau yang lainnya. Deskripsi mengenai blog yang dibuat juga belum dicantumkan.
  5. Saran: Tampilan pada postingan blog lebih dirapikan lagi. Penulisan pada title lebih diperhatikan lagi. Penulisan pada isi blog dibuat rata kanan kiri sehingga terlihat rapi. Alamat medsos pemilik blog lebih baik dicantumkan di profil, sehingga memudahkan pembaca jika akan menghubungi, dan deskripsi tentang blog juga harus dicantumkan, kira-kira blog yang telah dibuat berisi tentang apa, sehingga akan memudahkan pembaca.

Blog No.3

  1. Nama Pemilik Blog: Agung Rifzqi Kurniawan
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/agungrifzqi05/
  3. Kelebihan: Tampilan blog sudah terlihat cukup rapi. Penulisan artikel sudah memperhatikan rata kanan kiri. Postingan artikel didukung dengan gambar yang sesuai. Profil pemilik blog dan deskripsi blog sudah dibuat page sendiri.
  4. Kekurangan: penulisan title kurang konsisten. Penulisan title dengan sub menu isi artikel kurang sesuai dengan aturan. Pada kategori kewirausahaan hanya ada satu postingan. Selain itu, penulisan kategoripun kurang konsisten, yaitu pada kategori antropologi. Pada widget following belum dibuat scroll sehingga terkihat panjang.
  5. Saran: penulisan title dan kategori harus lebih konsisten. Penulisan title dan sub menu pada isi artikel harus disesuaaikan dengan aturan yang berlaku, karena seperti yang saya ketahui title itu merupakan judul dari sebuah tulisan, oleh karena itu penulisan judul artikel harus terlihat lebih menonjol dibandingkan dengan isi. Jika sub menu isi artikel menggunakan huruf kapital, maka judul artikelpun juga harus menggunakan huruf kapital. Jika pada kategori hanya berisi satu postingan, maka tidak perlu dibuat kategori. Pada widget following dibuat scroll agar tidak memakan tempat, selain itu agar  terlihat menarik dan kreatif.

Blog No.4

  1. Nama Pemilik Blog: Lia Suprapti
  2. Alamat Pemilik Blog: http://blog.unnes.ac.id/liasuprapti/
  3. Kelebihan: Tampilan blog sudah terlihat rapi. Gambar pada header sangat kreatif mencerminkan latar belakang pendidikan dari pemilik blog. Setiap postingan didukung dengan gambar yang seseuai dengan isi artikel. Sudah terlihat kreatif dalam memainkan font.
  4. Kekurangan: Size pada gambar yang terdapat pada tiap artikel menurut saya kurang besar. Profil dan deskripsi blog belum dibuat dalam page sendiri, sehingga membingungkan pembaca jika ingin mencari profil pemilik blog. Selain itu, penulisan nama pada following blog kurang konsisten.
  5. Saran: Size pada gambar yang terdapat pada tiap artikel lebih diperbesar lagi. Profil pemilik blog dan deskripsi blog dibuat page sendiri agar memudahkan pembaca jika ingin mengetahui profil pemilik blog. Penulisan nama pada following blog lebih teliti lagi agar terlihat rapi.

Blog No.5

  1. Nama Pemilik Blog: Imam Tri Hidayat
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/imamtrihidayat/
  3. Kelebihan: Tampilan blog sudah terlihat rapi dan sangat menarik. Background pada blog terlihat bagus meskipun sederhana. Sudah cukup kreatif dalam memainkan warna font. Profil dan deskripsi blog sudah dalam page sendiri. Selain itu, blog ini sudah dilinkkan dengan jurnal komunitas, scholar, dan juga berita.
  4. Kekurangan: Pembuatan kategori terlalu banyak. Padahal isi dari kategori antropologi dengan kategori antropologi SMA dan edukasi sama. Selain itu, isi dari kategori sosiologi dengan sosiologi SMA juga sama. Pada kategori sosiologi umum hanya terdapat satu postingan saja.
  5. Saran: Kategori antropologi, edukasi, dan sosiologi dihilangkan, karena kategori-kategori tersebut isinya sama, oleh karena itu akan lebih baik jika terdapat pada satu kategori saja. Kemudian kategori sosiologi umum menurut saya juga lebih baik dihilangkan karena hanya terdapat satu postingan saja.

Blog No.6

  1. Nama Pemilik Blog: Fitria Mariah Ulfah
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/fitriamariahulfah/
  3. Kelebihan: Tampilan pada blog sudah terlihat rapi. Backgroundnya sangat menarik. Gambar pada header terlihat bagus dan cukup kreatif. Penulisan pada tiap-tiap artikel sudah memperhatikan rata kanan kiri. Sudah terdapat page profil dan deskripsi blog serta terdapat page jurnal komunitas dan juga berita.
  4. Kekurangan: Tulisan yang terdapat pada header kurang terlihat menarik dan menabrak gambar. Tulisan pada title kurang konsisten. Isi dari kategori wirausaha hanya satu postingan.
  5. Saran: Bentuk dan tata letak tulisan pada header lebih diperhatikan lagi agar terlihat lebih menarik dan kreatif. Tulisan title pada tiap postingan direvisi lagi agar semua terlihat seragam. Selain itu, kategori wirausaha lebih baik dihilangkan, namun jika tidak maka harus ditambah postingan artikel lebih banyak lagi.

Blog No.7

  1. Nama Pemilik Blog: Riki Turnado
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/masriki/
  3. Kelebihan: Tampilan pada blog sudah terlihat cukup rapi. Pembuatan kategori sudah lengkap sesuai dengan yang diperintahkan. Profil sudah dalam bentuk page tersendiri sehingga memudahkan pembaca.
  4. Kekurangan: Deskripsi mengenai blog belum dicantumkan. Penulisan tiap artikel yang diposting belum memperhatikan rata kanan kiri. Pada kategori SMA, penulisan title pada postingan kurang konsisten. Kemudian pada widget following belum diatur menggunakan scroll sehingga cenderung terlalu panjang. Selain itu, jarak antara teman yang satu dengan yang lain tidak sama.
  5. Saran: Deskripsi mengenai blog segera dicantumkan, karena itu merupakan informasi bagi pembaca tentang isi dari blog yang telah dibuat. Penulisan artikel harus dibuat rata kanan kiri agar terlihat rapi. Penulisan title pada tiap postingan lebih dipehatikan lagi. Pada widget following diatur dengan menggunakan scroll dan jarak antara teman yang satu dengan yang lain harus disamakan agar terlihat rapi dan tidak cenderung kepanjangan.

Blog No.8

  1. Nama Pemilik Blog: Siti Mukhaya
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/sitimukhaya/
  3. Kelebihan: Tampilan blog sudah terlihat rapi. Background dari blog bagus dan cukup kreatif. Blog ini sudah dilinkkan dengan unnes journal, news, dan scolar. Profil didukung dengan foto, sudah ada alamat medsos dari pemilik blog, dan telah disertai dengan deskripsi mengenai blog. Selain itu, gambar yang terdapat pada header sesuai dengan tulisan pada header.
  4. Kekurangan: Tata letak tulisan yang terdapat pada header kurang tepat karena tulisan tersebut menabrak gambar sehingga tulisannya kurang jelas. Masih terdapat kategori my profil. Size pada gambar di postingan menurut saya kurang besar.
  5. Saran: Penempatan tulisan pada header lebih diperhatikan lagi agar tidak menabrak gambar dan tulisan terlihat jelas. Kategori my profil lebih baik dihilangkan karena sudah terdapat page about me yang berisi tentang profil.

Blog No.9

  1. Nama Pemilik Blog: Arif Ponco Putranto
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/arifponco79/
  3. Kelebihan: Tampilan blog sudah terlihat rapi. Estetikanya sangat bagus. Gambar pada header sangat menarik. Terdapat halaman download yang berisi postingan-postingan yang bisa di download. Sudah terdapat page profil dan dskripsi dari blog.
  4. Kekurangan: Tulisan pada haeader yang terdapat disamping tulisan roda ilmu terlihat kurang jelas karena sizenya terlalu kecil.
  5. Saran: Tulisan yang terdapat pada header samping tulisan roda ilmu sizenya lebih diperbesar lagi, agar tulisan terlihat jelas dan mudah dibaca.

Blog No.10

  1. Nama Pemilik Blog: Reza Adi Nasukha
  2. Alamat Blog: http://blog.unnes.ac.id/azzelins/
  3. Kelebihan: Tampilan blog terlihat cukup menarik. Gambar dan tulisan yang terdapat pada header cukup kreatif. Background dari blog juga terlihat bagus. Sudah terdapat page profil pemilik blog.
  4. Kekurangan: Terdapat kategori pendidikan yang isinya hanya beberapa silabus sosiologi. Penulisan pada kategori kurang konsisten. Penulisan artikel yang diposting belum memperhatikan rata kanan kiri.
  5. Saran: Pada kategori pendidikan menurut saya lebih baik dihilangkan, karena isinya hanya beberapa silabus sosiologi saja dan menurut saya silabus tersebut lebih baik dimasukkan dalam kategori sosiologi SMA. Penulisan pada kategori lebih diperhatikan lagi agar terlihat rapi. Selain itu, penulisan artikel yang diposting dibuat rata kanan kiri agar terlihat lebih rapi dan menarik.

Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Lewat ke baris perkakas