Selain kompetisi di antara perusahaan besar di bagian tehnologi, hal yang lain bisa juga berlangsung ialah kerja sama antara perusahaan besar itu. Sama seperti yang barusan dipublikasikan secara sah, perusahaan Google dan Facebook.

Sudah tanda-tangani kerja sama untuk membuat satu jaringan kabel bawah laut yang beritanya adalah yang paling cepat sekarang ini. Dengan kecepatan capai 120 Terabits per second (Tbps), jaringan kabel ini akan menyambungkan di antara Los Angeles di Amerika dengan Hongkong yang berada di Asia.

 

Masuk Tahap Pengerjaan

Nanti untuk merealisasikan usaha pengerjaan jaringan kabel bawah laut paling panjang dan paling cepat, faksi Google dan Facebook akan bekerja bersama dengan satu perusahaan yang berbasiskan di Asia yaitu Pacific Light Data Communication.

Dikutip dari temantumbuh.com, Pacific Light sendiri adalah salah satunya anak perusahaan dari China Soft Power Technology yang disebut pemain lama di bagian tehnologi Asia. Tetapi yang memikat, ini adalah project baru untuk China Soft Power Technology sendiri, berkaitan dengan pengerjaan jaringan kabel bawah laut.

Nanti bila project pembangunan jaringan kabel sejauh 12.800 km ini telah selesai dan berperan secara optimal, ini bisa menjadi jaringan kabel dengan kemampuan paling besar di teritori Pasifik yang pernah ada. Awalnya, rekor kemampuan jaringan paling besar masih digenggam oleh project Faster Cable, yang rupanya ditukangi oleh Google.

 

Menyedot Biaya Sangat Besar

Membuat satu mega project infrastruktur seperti jaringan kabel bawah laut, pasti memerlukan usaha baik itu ide atau suport keuangan dengan jumlah yang mengagumkan besar. Dan untuk project ini sendiri, Pacific Light Cable Network beritanya membutuhkan ongkos seputar 400 juta dollar.

Project ini sesungguhnya telah dikenalkan di tahun lalu dengan tagline selaku jaringan penyambung Asia dan Amerika yang paling hebat. Tetapi pada saat itu, Pacific Light Cable belum umumkan ada kerja sama dengan perusahaan Google atau Facebook selaku relasi.

Tetapi sekarang ini, dengan suport dari 2 perusahaan tehnologi paling besar, project jaringan bawah laut itu memungkinkan untuk selekasnya direalisasikan.Berkenaan detail dari jaringan bawah laut tersebut, beritanya akan terbagi dalam 1 jaringan besar yang berisi 5 kabel fiber.

Untuk tiap kabel fiber yang ada dalam jaringan itu, akan sanggup sediakan tidak kurang dari 24 Tbps bandwidth yang dapat dipakai untuk bermacam kepentingan perusahaan besar.

Berkenaan kerja sama, Google mengatakan jika nanti tiap perusahaan yang berperan serta dalam project ini akan memperoleh jatah spesifik dalam pendayagunaan jaringan saat kelak telah masuk periode aktif pada tahun 2018. Dan untuk jamin privacy jaringan, tiap perusahaan itu akan memperoleh jaringan fiber secara terpisah.

 

Tingginya Perkembangan Jaringan Kabel Bawah Laut

Sampai tahun 2016, project terkini dari Google dan Facebook ini jadi project yang keenam sesudah lima project jaringan kabel bawah laut lain. Lima project itu yaitu Unity, SJC, FASTER, MONET dan Tannat. Dan rupanya, Google jadi salah satu perusahaan yang turut dalam peningkatan seluruh jaringan kabel bawah laut itu.

Ini jadi signal jika Google benar-benar memberi fokus tinggi untuk peningkatan jaringan yang lengkap bukan hanya terkonsentrasi di benua Amerika saja. Dengan peran yang demikian besar dalam pengerjaan jaringan ke arah teritori lain, seperti Asia Pacific, Australia dan Eropa, jadikan Google selaku perusahaan yang mempunyai perkembangan peningkatan tercepat di dunia.

Di lain sisi, melihat kerja sama di antara Google dan Facebook, kemungkinan bukan hal yang kerap berlangsung intinya sebab ke-2 perusahaan itu benar-benar memiliki kompetisi yang keras di sejumlah baris industri tehnologi.

Tetapi bila menyaksikan ke belakang, kerja sama peningkatan jaringan kabel antar perusahaan besar sempat juga berlangsung. Selaku contoh ada Microsoft dan Facebook yang meningkatkan jaringan kabel Trans Atlantik, dengan kecepatan sampai 160Tbps tetapi dengan panjang jaringan 1/2 dari project trans-pacific.

Di depan, Google mengatakan jika jaringan kabel baru ini akan memberikan latency yang lebih minim tetapi dengan bandwidth yang semakin besar untuk beberapa pemakai yang berada di teritori Asia Pasifik. Demikian pula untuk service Facebook, pasti seluruh pemakai Facebook bisa rasakan kelebihan yang serupa sesudah project ini selesai dikerjakan.

http://blog.unnes.ac.id/novita3011/wp-content/uploads/sites/286/2021/01/Kerjasama-Google-dan-Facebook-600x415.jpghttp://blog.unnes.ac.id/novita3011/wp-content/uploads/sites/286/2021/01/Kerjasama-Google-dan-Facebook-150x150.jpgNovita WindiartiUncategorizedSelain kompetisi di antara perusahaan besar di bagian tehnologi, hal yang lain bisa juga berlangsung ialah kerja sama antara perusahaan besar itu. Sama seperti yang barusan dipublikasikan secara sah, perusahaan Google dan Facebook. Sudah tanda-tangani kerja sama untuk membuat satu jaringan kabel bawah laut yang beritanya adalah yang paling cepat...Jasa Backlink Berkualitas