Kali ini saya memposting mengenai hasil ulasan saya terhadap 10 blog teman yang belum saya ikuti, yaitu penilaian masukkan dan komentar. Hal ini bertujuan sebagai bahan penilaian dan masukkan terhadap blog teman agar menjadi koreksi dan perbaikan bagi blog teman. Selain itu, bertujuan untuk memenuhi tugas akhir mata kuliah praktek laboratorium.  Berikut hasil ulasan saya:

Blog No. 1

  1. Nama Pemilik Blog: Aris Muhtarom
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/arismuhtarom/
  3. Kelebihan/keunggulan: tampilan blog sangat menarik, terdapat keselarasan antara header dan background, dalam memposting artikel sudah memperhatikan kerapihan tulisan, pada blog teman yang diikuti dibuat scroll sehingga terlihat singkat dan menarik.
  4. Kekurangan/kelemahan: pembuatan readmore tidak seimbang, ada yang panjang dan ada yang terlalu pendek. Pada sub judul blog bertuliskan “blog ini berisi tulisan awam. Jangan dibaca!!!” seharusnya blog dibuat sebagai sarana membaca bagi pembaca, tetapi dalam blog ini pembaca dilarang untuk mebaca postingan pada blog tersebut, lalu apa tujuan pemilik blog memposting artikel?
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: lebih baik menambahkan identitas blog pada profil sehingga dapat memberikan informasi kepada pembaca, pada sub judul blog sebaiknya diganti, menurut saya kalimat itu kurang tepat. Dalam membuat readmore perhatikan kuantitas tulisan sehingga antara artikel yang satu dengan yang lainnya terdapat keseimbangan.

Blog No. 2

  1. Nama Pemilik Blog : Qudwah Hayati
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/qudwahhayati/
  3. Kelebihan/keunggulan: tampilan blog sangat menarik, sangat kreatif dalam pembuatan judul blog tulisan dibuat sangat cantik dengan merubah bentuk font. Profil sangat lengkap tidak hanya identitas pemilik blog tetapi disertai juga identitas blog, jadi dapat memberi pengetahuan pembaca apa maksud dan tujuan membuat blog.
  4. Kekurangan/kelemahan: jumlah pengunjung diletakkan paling atas, lebih menarik lagi jika yang diletakkan paling atas kategorinya, karena kategori lebih penting bagi pembaca dari pada jumlah pengunjung.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: pada blog teman yang diikuti ada beberapa blog yang tidak bisa dibuka, yaitu blog milik Zakiyah Yulianti dan Hendro. Mungkin bisa diperbaiki lagi atau lebih baik dihilangkan saja karena tidak bisa dibuka.

Blog No. 3

  1. Nama Pemilik Blog: Riki Turnadho
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/masriki/
  3. Kelebihan/keunggulan: Pengkategorian sudah baik, yaitu dipisahkan antara antropologi dengan antropologi sma dan antara sosiologi dengan sosiologi sma sehingga tidak membingungkan pembaca.
  4. Kekurangan/kelemahan: tampilan blog gelap sehingga kurang menarik, tidak memperhatikan kerapihan pada setiap postingan yaitu tidak menggunakan rata kanan-kiri sehingga kurang menarik. Profil sangat lengkap tetapi belum menunjukkan identitas blog, hanya menampilkan identitas pemilik blog. Following blog kurang menarik karena jaraknya ada tidak sama ada yang pendek, ada yang panjang.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: Pada blog teman yang diikuti lebih baik diperbaiki jaraknya agar terlihat menarik dan di buat scroll saja sehingga tidak terlalu panjang karena blog teman yang diikuti sudah banyak. Profil blog juga lebih baik ditunjukkan agar pembaca tidak bingung blog berisi apa saja.

Blog No. 4

  1. Nama Pemilik Blog: Wahyu Nur Mahya
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/warungilmu/
  3. Kelebihan/keunggulan: tampilan blog sangat menarik, pemilihan font bagus sekali tidak hanya menarik tetapi juga bisa dibaca dengan mudah. Tidak hanya menunjukkan profil pemilik blog tetapi juga menunjukkan identitas blog, sehingga pembaca tahu apa saja yang ada di blog.
  4. Kekurangan/kelemahan: Pada sub judul blog ukuran font sangat kecil, sehingga sulit dibaca. Pada blog teman yang diikuti ada blog teman yang tidak bisa dibuka yaitu pada blog alfiansia, selain itu jarak blog yang diikuti tidak sama ada yang pendek dan ada yang panjang dan tidak dibuat scroll.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: ukuran font lebih baik diperbesar lagi agar tidak terlalu kecil, sehingga pembaca tidak kesulitan membaca, pada tags tulisan sangat kecil. Blog teman yang diikuti diperbaiki lagi jaraknya dan lebih baik dibuat scroll agar tidak terlalu panjang.

Blog No. 5

  1. Nama Pemilik Blog: Kartika Nur Maulidya
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/kartika/
  3. Kelebihan/keunggulan: tampilan blog sangat menarik, cantik dan kreatif. Pembuatan kategori bagus sudah memisahkan antropologi umum dan antropologi sma sehingga tidak membingungkan pembaca. Disertai identitas blog. Setiap postingan menunjukkan kerapihan karena menggunakan rata kanak-kiri. Gambar background tidak pecah, sangat menarik tampilannya.
  4. Kekurangan/kelemahan: pada blog teman yang diikuti spasinya jauh dan pembuatan scroll sangat pendek, yaitu hanya 3 blog saja yang bisa ditampilkan. Gambar header terlalu besar sehingga saat dibuka hanya menampilkan gambar header sehingga postingan terlihat hanya judulnya saja.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: pada follower lebih baik tidak perlu memakai spasi, dan pembuatan scroll lebih baik lagi jika diperpanjang sedikit, sehingga tidak hanya 3 blog saja yang tampil sehingga kurang menarik. Gambar header diperkecil lagi, sehingga saat dibuka tidak hanya menampilkan header saja.

Blog No. 6

  1. Nama Pemilik Blog: Muhammad Najib
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/najib23/
  3. Kelebihan/keunggulan: pada blog teman yang diikuti tampilannya sudah rapi dan dibuat scroll.
  4. Kekurangan/kelemahan: profil sangat singkat kurang jelas identitas pemilik dan identitas blog tidak ditampilkan, ada postingan yang belum dibuat readmore, dan pada pembuatan readmore belum seragam ada yang terlalu singkat dan ada yang panjang.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: pada gambar Header lebih baik diganti, sehingga tidak sama dengan blog yang lain, setiap postingan lebih baik jika memperhatikan kerapihan tulisan yaitu menggunakan rata kanan-kiri saja, kategori lebih baik diletakkan di atas saja, karena pembaca lebih membutuhkan kategori dari pada jumlah pengunjung. Backgroud lebih baik diganti agar lebih menarik dan menunjukkan kreatifitas pemilik blog.

Blog No. 7

  1. Nama Pemilik Blog: Silvia Anggraeni
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/anggraeni/
  3. Kelebihan/keunggulan: tampilan blog sangat menarik, sudah menunjukkan kreatifitas pemilik blog sehingga tidak sama dengan blog milik orang lain, kategori diletakkan paling atas dan pembuatan kategori sudah dipisah-pisahkan, blog teman yang diikuti dibuat scroll sehingga terlihat menarik dan singkat. Pada postingan memperhatikan kerapihannya sehingga selain menarik dapat dibaca dengan mudah. Profil sangat lengkap dan menunjukkan identitas blog, sehingga pembaca tahu apa saja yang terdapat di dalam blog.
  4. Kekurangan/kelemahan: pada blog teman yang diikuti ada dua blog yang tidak bisa dibuka yaitu pada blog zakiyah yulianti dan hendro arjuno ireng. Gambar pada postingan besar, sehingga banyak memakan tempat.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: pada blog teman yang diikuti yang tidak bisa dibuka sebaiknya diperbaiki mungkin ada salah dalam memasukkan rumus, mungkin juga dapat dihapus, dari pada ada dalam tampilan tetapi tidak bisa dibuka.

Blog No. 8

  1. Nama Pemilik Blog: Fitria Mariah Ulfah
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/fitriamariahulfah/
  3. Kelebihan/keunggulan: tampilan blog menarik dan kreatif, blog teman yang diikuti menarik karena sudah dibuat scroll, memperhatikan kerapihan tulisan pada postingan sehingga pembaca nyaman dalam membaca dan tidak mudah bosan, postingan disertai gambar sehingga pembaca tahu lebih dulu artikel yang akan dibaca.
  4. Kekurangan/kelemahan: profil blog belum menunjukkan identitas blog karena identitas blog hanya dibuat satu kalimat saja dan belum memberikan informasi kepada pembaca apa isi dan maksud blog, hanya menampilkan identitas pemilik blog. Ada beberapa gambar di postingan yang gambarnya pecah sehingga terlihat kurang menarik.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: dalam pemilihan gambar yang akan diposting lebih baik diperhatikan ukuran gambarnya sehingga ketika diposting tidak pecah. Profil mungkin bisa ditambahi identitas blog.

Blog No. 9

  1. Nama Pemilik Blog: Firdha Indriani
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/firdhaindriani/
  3. Kelebihan/keunggulan: profil lengkap, tidak hanya identitas pemilik blog tetapi sudah menjelaskan identitas blog, yaitu isi blog dan tujuan pembuatan blog. Blog teman yang diikuti dibuat menarik yaitu dengan dibuat scroll sehingga tidak terlalu panjang. Sudah ada pemisahan dalam pengkategorian yaitu dipisahkan antara antropologi dengan pembelajaran antropologi sma, dan antara sosiologi dan pembelajaran sosiologi sma.
  4. Kekurangan/kelemahan: Tampilan blog kurang menarik, belum menunjukkan kraetifitas pemilik, belum ada sentuhan-sentuhan yang dibuat oleh tangan pemilik blog, sehingga tampilan blog terlihat biasa. Pembuatan read more terlalu panjang.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: mungkin bisa dipercantik lagi dengan tambahan gambar-gambar pada setiap postingan, tampilan blog dibuat agar terlihat lebih menarik agar tampilan blog tidak sama seperti blog lainnya walaupun dengan tema yang sama.

Blog No. 10

  1. Nama Pemilik Blog: Saka Mahardika O.N
  2. Alamat Blog/http: http://blog.unnes.ac.id/sakapleng/
  3. Kelebihan/keunggulan: Tampilan simple dan blog teman yang diikuti dibuat scroll, terlihat lebih menarik dan tidak memakan banyak tempat.
  4. Kekurangan/kelemahan: ukuran dan bentuk font pada setiap postingan berbeda-beda sehingga terlihat kurang menarik, ada yang tulisannya terlihat kecil dan ada yang terlihat besar. Ada beberapa artikel yang tidak memperhatikan kerapihan textnya dan gambar pada postingan ada yang pecah,. Profil belum menunjukkan identitas blog, hanya menunjukkan identitas pemilik blog secara lengkap.
  5. Saran dan Usulan tambahan/perbaikan: kategori lebih baik diletakkan paling atas sehingga memudahkan pembaca dalam menemukan kategori tanpa harus mencari-cari terlebih dahulu. Pada profil sebaiknya ditambahkan identitas blog, agar dapat memberikan informasi kepada pembaca. Pada artikel yang tulisannya belum rapi sebaiknya dirapikan lagi.