Recent Comments

Archives

Categories

Kisah dan Cerita Menarik di Harvard University

 

harvard 1

Universitas yang terletak di Cambridge, Massachusetts, Amerika Serikat ini berdiri sejak tahun 1636. Selain karena kekutan akademisnya, universitas ini adalah universitas yang tertua di Amerika Serikat. Tak heran bila proses seleksi untuk bisa menjadi mahasiswa di Universitas Harvard sangat ketat sekali.

Tapi gausah tegang ya bacanya, bakal aku kasih tau nih kisah dan cerita menarik di balik Harvard University, biar kalian makin tertarik J

  1. Penamaan Universitas Harvard digunakan untuk menghormati penyumbang terbesar pada universitas ini, yaitu John Harvard, yang ternyata adalah alumni dari Universitas Cambridge, Inggris.
  1. Sejak pertama kali berdiri, Universitas Harvard tidak diikuti dengan kata ‘university’, melainkan ‘college’. Baru pada tahun 1780, namanya berubah menjadi Harvard University.
  1. Universitas Harvard memilki 9 fakultas ternama, antara lain Harvard Faculty of Arts and Sciences, Harvard Medical School, Harvard Divinity School, Harvard Law School, Harvard Bussiness School, Harvard Graduate School of Design, Harvard Graduate School of Education, Harvard School of Public Health dan Kennedy School of Government.
  1. Kesembilan fakultas yang dimiliki Universitas Harvard didirikan pada abad ke–19 legendaris
  1. Universitas Harvard memilki kantin yang sangat megah. Luas kantin sangat besar, dan dilengkapi dengan desain modern klasik. kantin
    1. Banyak orang Amerika yang penasaran untuk mengunjungi megahnya kantin Universitas Harvard. Megahnya sebuah kantin universitas serta desainnya yang unik dan classy  membuat tempat ini begitu terkenal dan fenomenal.
    1. Universitas Harvard memiliki museum seni yang dikhususkan untuk menyimpan benda – benda kesenian kuno atau bersejarah. Harvard Art Museum terletak di Boston.
    1. Universitas Harvard juga menjadi salah satu lokasi yang sering dikunjungi para wisatawan dari luas Amerika.
    1. Di Universitas Harvard terdapat patung sang penyumbang terbesar sekaligus kunci perkembangan Universitas Harvard, yaitu John Harvard.
    1. Patung John Harvard seringkali dijadikan lokasi berfoto bagi para wisatawan.John_Harvard_Statue
      1. Dulu, John Harvard menyumbang sekitar 400 buku serta sebagian besar kekayaannya untuk universitas ini. Hingga akhirnya, untuk menghormati John Harvard, universitas ini diberi nama Universitas Harvard.
      1. Meski patung Harvard terpampang gagah di sudut Universitas Harvard, namun sesungguhnya tidak ada yang tahu persis bagaimana wajah Harvard yang sesungguhnya. Ketika melakukan studi dokumen, seluruh koleksi foto John Harvard ternyata telah hangus terbakar ketika terjadi insiden terbakarnya perpustakaan kampus Harvard ini.
      1. Untuk mengukuhkan sejarah dengan membuat patung John Harvard, akhirnya sang desainer patung, Daniel Chester French, menggaet mahasiswa yang dianggap paling tampan di Harvard sebagai modelnya.
      1. Pada patung John Harvard, tertulis nama Sherman Hoar, yang dipastikan adalah nama mahasiswa yang menjadi model dalam membuat patung John Harvard. Sherman Hoar adalah mahasiswa Universitas Harvard angkatan 1882.
      1. Patung John Harvard yang dibuat tinggi dan besar, menjadikan siapapun yang berfoto disana hanya dapat menyentuh sepatu patung. Namun, adanya fenomena ini ternyata menjadi mitos tersendiri bagi Universitas Harvard. Kepercayaannya, siapa yang bisa memegang sepatu tersebut akan mendapatkan keberuntungan atau anaknya bisa bersekolah di Universitas Harvard. Tertarik mencoba?
      1. Namanya juga universitas tua. Bangunan tua, gedung tua dan meninggalkan banyak legenda. Diceritakan, ada sebuah gerbang di area Universitas Harvard yang hanya boleh dilewati dua kali saja oleh mahasiswa yang sedang berkuliah disana. Waktu dua kali tersebut antara lain saat pertama kali kuliah di Universitas Harvard dan saat lulus dari sana. Gerbang yang dimaksud tersebut antara lain gerbang tengah di Universitas Harvard. Jika melewatinya lebih dari dua kali, maka kepercayaannya akan drop out. Percaya tidak percaya, semuanya tergantung anda. gerbang tengah
        1. Universitas Harvard memiliki 26 gerbang besar dan sedang.
        1. Perpustakaan Universitas Harvard adalah perpustakaan terbesar nomor dua di dunia setelah perpustakaan Kongres Amerika Serikat. perpustakaan
        1. Perpustakaan Universitas Harvard memilki Sembilan lantai dengan empat diantaranya adalah lantai basement. Hingga kini, koleksi buku cetaknya mencapai 15 juta judul, buku digital mencapai 18 juta judul dan jumlah foto ada 8 juta buah. Super lengkap!
        1. Saking luasnya, cukup banyak mahasiswa universitas Harvard yang tidak menghafal lorong dan jalan di dalam ruang perpustakaan Universitas Harvard.
        1. Universitas Harvard menyimpan buku dengan sampul yang terbuat dari kulit manusia! Menyeramkan atau menakjubkan?
        1. Buku bersampul kulit manusiaa itu berjudul Des destinees de l’ame, yang banyak membahas tentang kejiwaan. Buku ini merupakan terbitan tahun 1880-an.
        1. Adanya deteksi kulit manusia pada sampul salah satu buku tersebut, telah dibenarkan oleh ilmuwan kesehatan Harvard, yang menemukan peptide dan protein yang terdapat pada kulit manusia di sampul buku tersebut. Wow!
        1. Dipastikan adanya kulit manusia yang dibuat sampul buku tersebut, adalah salah satu langkah untuk mengenang kematian seseroang pada jaman dahulu.
        1. Selain terdapat buku yang memiliki sampul yang terbuat dari kulit manusia, ada juga dua buku lain yang sampulnya berbahan dasar kulit domba, lho! Semua ini tentu hanya bisa didapatkan di perpustakaan Universitas Harvard.
        1. Dilansir dari dailymail.co.uk pada Minggu, 11 Mei 2014, salah satu klub studi kebudayaan Universitas Harvard merencakan untuk melakukan ritual pemujaan setan sebagai bagian studi sejarah dan budaya. Rencana acara yang akan dilakukan di Harvard Memorial Hall ini menimbulkan banyak kontroversi karena kurang baik jika dipandang dalam kultur kepercayaan.
        1. Tidak hanya mengedepankan unsure sarana dan prasaranaa yang luar biasa megah, Universitas Harvard juga memiliki kurikulum dan proses belajar yang sangat baik dan efektif, yang menjadi salah satu pemicu mengapa universitas ini begitu bergengsi dan membanggakan.
        1. Jurnal – jurnal yang diterbitkan Universitas Harvard, banyak yang dijadikan acuan oleh berbagai orang di belahan dunia untuk mencapai hasil yang luar biasa di bidangnya.
        1. Cukup banyak warga Indonesia yang menuntut pendidikan di Universitas Harvard. Salah satunya Agus Yudhoyono, putra presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Masih banyak lagi orang – orang sukses yang merupakan alumni Universitas Harvard. Andakah salah satunya?
        1. Bagi anda pecinta bola, tentu mengenal sosok Sir Alex Ferguson, mantan pelatih tim Manchester United. Tahukah anda, bahwa ternyata meski usianya sudah senja, Sir Alex Ferguson kini justru menjadi dosen di Harvard University dengan fokus pada manajemen pengelolaan sebuah tim, yang dalam hal ini ialah tim Manchester United.

         

        Sumber :

        1.https://www.berkuliah.com/2014/07/30-fakta-menarik-tentang-harvard.html

        2. https://zaypinokio.blogspot.co.id/2015/09/menariknya-universitas-harvard.html“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: