Recent Comments

Archives

Categories

Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi

DAPAT ILMU DI KAMPUS HIJAU NAN ASRI #2

Kampus hijau, menjadi salah satu hal yang sekarang didambakan oleh setiap orang. Mereka yang hendak menuntut ilmu, menghendaki tempat yang akan mereka tempati mampu membuat nyaman dirinya. Setiap universitas bahkan juga berlomba-lomba agar kampus mereka dapat dinobatkan sebagai kampus paling hijau. Harapan dari kampus tersendiri adalah ingin agar mahasiswa dapat belajar dengan nyaman.

Ilmu adalah sesuatu yang diberikan dan dianugerahkan Allah kepada setiap hamba-Nya. Manusia diberi akal dan pikiran untuk berfikir, karena mereka nantinya akan mendapat ilmu dari siapapun dan dimanapun. Salah satunya adalah kampus. Kampus menjadi tempat bagi mahasiswa berbagai penjuru daerah untuk mendapatkan ilmu. Kenyamanan menjadi salah satu kriteria mereka dalam memilih kampus. Kampus hijau, pepohonan berdaun hijau ada dimana-mana, menjadi suatu dambaan bagi mahasiswa. Konservasi menjadi salah satu cara yang digunakan setiap kampus untuk dapat mewujudkan itu semua. Di dalam konservasi, terdapat nilai-nilai yang menjadi pilar dalam melaksanakan progam kampus konservasi.

Salah satu cara kampus untuk mewujudkan kampus konservasi juga dengan dimunculkannya mata kuliah pendidikan konservasi. Hal ini ditujukan untuk mahasiswa, terutama mahasiswa baru agar mereka mengetahui seperti apakah kampus konservasi itu. Jika mereka hanya datang dari berbagai penjuru daerah tetapi tidak mengetahui apakah kampus yang mereka tempati sudah melaksanakan nilai konservasi apa belum akan menjadi hal yang hambar, bagai nasi tak memiliki rasa asin,manis,pahit atau bahkan asam. Karena, ilmu mengenai konservasi akan sangat berguna sekali bagi diri kita sendiri. Kita dapat melaksanakan nilai konservasi tidak hanya di kampus saja tetapi juga dapat kita terapkan di kost atau bahkan di daerah kita masing-masing. Ini akan menjadi sebuah perubahan, yaitu :

  • Pada diri kita sendiri yaitu kita bisa mengetahui seperti apakah konservasi itu dan bagian-bagiannya, kita juga menjadi orang yang memiliki 8 karakter konservasi yaitu:
  1. Inspiratif
  2. Humanis
  3. Peduli
  4. Inovatif
  5. Kreatif
  6. Sportif
  7. Jujur
  8. Adil
  • Perubahan bagi kampus karena kampus akan menjadi kampus berkualitas yang kaya akan nilai konservasi dan menjadi sebuah keunikan daripada kampus lain yang menjadi sebuah kenyamanan bagi warga kampus.
  • Perubahan pada daerah asal kita, karena apabila setelah kita mendapat ilmu mengenai konservasi, kemudian mampu memanfaatkan dengan mentransfer ilmu kita ke dalam masyarakat, maka menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi kita, karena kita mampu membagi ilmu yang kita dapat di kampus untuk masyarakat, demi membawa sebuah perubahan ke arah yang lebih baik.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa kita dapat memiliki ilmu dimanapun, tetapi tempat nyaman, asri, rindang menjadi suatu kebanggan dan kenyamanan tersendiri. Untuk itu diharapkan media tempat menuntut ilmu, salah satunya kampus mampu menerapkan nilai konservasi, tidak hanya sebagai mata kuliah bagi para mahasiswanya.

 

“ Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah hasil karya saya sendiri dan bukan jiplakan. “

Leave a Reply

You can use these HTML tags

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

  

  

  

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: