SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Sejarah Pulau Jawa
Nov 2nd, 2017 by Nur Fadlilah

Selamat pagi teman-teman blogger. Kali ini saya akan membahas tentang hobi sejarah. Artikel ini saya dapat dari rekan saya Febri Bayu Aji, yang ingin agar artikelnya di unggah.

Asal Usul – Suku Jawa adalah suku bangsa terbesar yang tinggal di Indonesia dengan jumlah sekitar 120 juta jiwa atau sekitar 45% populasi manusia di Nusantara. Bukan hanya tinggal di pulau Jawa, orang-orang dari suku ini juga menyebar ke seluruh pelosok Indonesia, terutama setelah dilakukannya program transmigrasi oleh pemerintahan Orde Baru pada 4 dasawarsa silam.
Asal Usul Suku Jawa
Suku Jawa kini memang telah menyebar ke seluruh nusantara, bahkan dunia. Namun tak banyak orang tahu tentang bagaimana sejarah dan asal usul orang Jawa hingga bisa tinggal dan menetap di pulau yang sekarang mereka sebut pulau Jawa itu. Apakah memang nenek moyang suku Jawa adalah asli penduduk pribumi di sana? Ataukah mereka berasal dari belahan bumi lain yang datang dan menjadi pendatang? Untuk lebih jelasnya berikut ini ada beberapa teori yang menjelaskan tentang bagaimana sebetulnya asal usul suku Jawa di Indonesia.
Menurut Arkeolog
Teori tentang asal usul suku Jawa yang pertama dikemukakan oleh para arkeolog. Ya, para arkeolog meyakini jika nenek moyang suku Jawa memang pribumi yang tinggal sejak satu juta tahun yang lalu di pulau Jawa. Berdasarkan penelitian yang mendalam, mereka telah menemukan beberapa fosil seperti
Pithecanthropus Erectus dan Homo sapiens . Kedua fosil ini diperkirakan adalah manusia purba yang menjadi nenek moyang suku Jawa. Setelah dilakukan perbandingan, DNA manusia purba ini ternyata memang tidak berbeda jauh dengan Manusia suku Jawa saat ini.
Menurut Sejarawan
Berbeda dengan pendapat para arkeolog, para sejarawan justru meyakini jika asal usul suku Jawa berasal dari orang-orang Yunan, China masa lampau yang melakukan pengembaraan ke seluruh wilayah nusantara. Pendapat ini sangat terkait erat dengan teori asal usul nenek moyang bangsa Indonesia dan memiliki cukup banyak bukti kuat. Untuk mengetahui bukti-bukti tersebut, Anda dapat berkunjung pada artikel ini .
Menurut Tulisan Kuno India
Ada sebuah tulisan kuno yang berasal dari India menyebut jika beberapa pulau di Nusantara termasuk juga Nusa Kendang –sebutan pulau Jawa pada zaman itu adalah tanah yang menyatu dengan daratan Asia dan Australia. Pulau Jawa dan beberapa pulau lainnya kemudian terpisah oleh meningkatnya permukaan air laut dalam jangka waktu yang lama. Adapun dalam tulisan tersebut disebutkan pula bahwa seorang pengembara bernama Aji Saka adalah orang yang pertama kali menginjakan kaki di daratan Jawa ini. Ia menetap di sana bersama beberapa orang pengawalnya dan menjadikan mereka sebagai nenek moyang orang dari suku Jawa.
Menurut Babad Jawa Kuno Asal usul nenek moyang suku Jawa juga disebutkan dalam Babad Kuno tanah Jawa. Dalam babad ini diceritakan bahwa seorang pangeran dari kerajaan Kling bersama para pengikutnya yang tersisih akibat perebutan kekuasaan membuka lahan baru di sebuah pulau terpencil dan masih belum berpenghuni. Mereka hidup menetap dan berkoloni membentuk sebuah kerajaan baru di sana dan membangun peradabannya sendiri. Kerajaan tersebut pada masa selanjutnya dikenal dengan nama
Javaceckwara.
Menurut Surat Kuno Keraton Malang
Sejarah tentang asal usul suku Jawa juga ditemukan dalam sebuah surat kuno dari keraton Malang. Dalam surat itu disebutkan bahwa asal usul orang Jawa dimulai ketika Raja Rum – Raja dari kesultanan Turki pada 450 tahun SM mengirim rakyatnya untuk membuka lahan di pulau kekuasaannya yang masih belum berpenghuni. Para rakyat yang dikirim terbagi menjadi beberapa gelombang ini merasa sangat senang karena menemukan pulau yang sangat subur. Tanaman mudah hidup dan bahan pangan mudah ditemukan. Salah satu tanaman yang banyak tumbuh liar di pulau ini adalah tanaman Jawi. Oleh orang-orang yang datang, nama tanaman ini kemudian dijadikan nama pulau tersebut, Pulau Jawi.
Nah, itulah beberapa teori tentang
asal usul suku Jawa di Indonesia dan perkembangannya. Teori mana yang lebih Anda yakini? Entahlah, sayapun tak tahu pasti. Semoga bermanfaat.

Sekian, thank you for reading this blog.

5 Hobi yang Direkomendasikan Untuk Dilakukan
Oct 24th, 2017 by Nur Fadlilah

Kadang rutinitas yang kita lakukan sehari-hari dapat membuat tubuh menjadi lelah dan tubuh akan membutuhkan kegiatan lain salah satunya dengan melakukan hobi yang Anda gemari untuk relaksasi, agar tubuh mampu menjaga keseimbangan kehidupan, mencegah kelelahan mental dan emosional.

Masing-masing orang akan memiliki hobi yang berbeda-beda. Daripada membuang-buang waktu untuk hobi yang tidak membantu kesehatan mental dan fisik, sebaiknya mulailah dengan kegiatan yang dapat meningkatkan produktivitas.

Dilansir dari Bussines Insider, lima hobi berikut akan menginspirasi dan dapat membuat otak Anda lebih pintar.

1. Berolahraga
Berolahraga adalah salah satu upaya untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh. Tidak hanya bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental, olahraga secara konsisten akan membuat Anda awet muda, meningkatkan kualitas tidur dan memberikan energi sepanjang hari. Sebuah studi menemukan bahwa berolahraga dapat mengurangi gejala kurangnya perhatian dan hiperaktivitas dan mengarah pada kinerja kognitif yang lebih baik. Olahraga bisa dilakukan dengan berbagai bentuk misalnya berlari, berenang atau jika Anda tipikal orang yang suka ketenangan, mungkin bisa mencoba olahraga yoga dan hiking yang membantu Anda terhubung dengan alam.

2. Meditasi
Banyak sekali studi yang menunjukkan bahwa meditasi memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh dan juga otak. Meditasi mampu mengarahkan otak untuk lebih fokus terhadap sesuatu, mengubah otak sehingga membantu untuk mendapatkan kembali kontrol emosional, serta membuat suasana hati menjadi lebih baik.

3. Membaca
Buku merupakan cara yang sangat bagus untuk mempelajari sesuatu secara lebih lanjut. Bagi Anda yang memiliki hobi membaca, buku tidak hanya untuk kesenangan tetapi juga media untuk memperoleh pengetahuan, memperluas pemikiran, meningkatkan kosa kata, public speaking dan mengasah otak untuk berpikir kritis.

Jika dilakukan secara konsisten, membaca akan merangsang otak dan mampu mencegah penyakit neurodegenerative seperti Alzheimer. Mulailah mengganti satu jam dari kegiatan Anda dengan meluangkan waktu untuk membaca sehingga mampu melatih otak lebih pintar.

4. Memainkan alat musik
Percaya atau tidak, ternyata memainkan alat musik adalah latihan untuk seluruh otak. Sebuah studi menunjukkan bahwa memainkan alat musik mampu mengaktifkan banyak saraf pada otak. Jika anak-anak belajar bermain instrumen, maka mereka akan mencapai skor yang lebih tinggi dalam pemahaman membaca dan matematika. Hal ini disebabkan karna bermain musik dapat meningkatkan kapasitas memori, mengajarkan bagaimana bekerja dalam sebuah tim.

5. Menulis
Hobi menulis akan mampu mengeksternalisasi pikiran dan perasaan kedalam sebuah tulisan. Menulis secara konsisten mampu meningkatkan kerja otak dalam menganalisis dan meningkatkan kemampuan komunikasi dengan orang lain. 
Memanfaatkan waktu luang dan menemukan hobi yang bermakna akan menambah nilai kehidupan, membuat Anda lebih baik dan bahagia. (Latifah Gusri)

Nah.. sekarang kita sudah tahukan beberapa hobi yang direkomendasikan untuk teman-teman lakukan agar selain dapat membuat diri menjadi lebih fresh juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
Sekian dulu artikel yang saya bagikan untuk teman-teman pembaca blog, saya sangat berharap saran dari teman-teman. Thank you for reading this blog.

Bagaimana cara menentukan hobi yang pas?
Oct 18th, 2017 by Nur Fadlilah

Assalamualaikum warah matullah hi wabarakatuh
Kali ini saya akan mengulas Cara Menemukan Hobi Sesuai Passion yang saya kutip ari shiq4

Bagi Anda yang mencari hobi bermanfaat dan tidak tahu bagaimana memulainya, maka berikut adalah langkah-langkah menemukan hobi :

1. Hadapi Ketakutan Anda

Perubahan selalu menimbulkan rasa takut. Begitu pula ketika hendak mulai melakukan sesuatu yang baru, kegiatan yang akan kita pilih sebagai hobi.

Akan ada ketakutan seperti pertanyaan : Apakah saya akan mampu melakukan hobi dengan baik? atau Apakah saya mampu keluar dari kebiasaan lama dan menjalankan hobi?

Bahkan mungkin Anda merasa malu karena tidak semua orang akan menyukai apa yang akan Anda lakukan. Jangan pikirkan hal-hal negatif semacam itu atau pandangan orang tentang Anda. Hobi yang kita lakukan tidak ada hubungannya dengan orang lain. Dan seharusnya kita mampu mengatasi semua ketakutan yang mungkin menghadang.

Jadi, yakinkan diri sendiri bahwa saya mampu melakukannya, akan melakukannya, dan menjadi bahagia.

2. Solo atau Sosial?

Ini berkaitan dengan kepribadian Anda. Apakah Anda introvert atau ekstrovert? Pilihan hobi terbaik adalah memilih berdasarkan kebiasaan Anda.

Jika Anda seorang introvert, mungkin hobi yang sesuai adalah kegiatan yang bisa dilakukan seorang diri meskipun di masa depan akan memungkinkan Anda melakukannya dengan orang lain. Misalnya, membaca buku, memasak, menulis, berkebun atau bermain game online.

Sedangkan jika Anda seorang ekstrovert, mungkin hobi yang sesuai adalah bermain catur, mendaki gunung, traveling, atau nongkrong di kafe-kafe terkenal.

Tentukan hobi berdasarkan kepribadian Anda agar kebahagiaan yang didapat menjadi lebih sempurna bagi diri Anda sendiri.

3. Sekarang Saatnya Menentukan Hobi

Kalau ingin tahu cara menemukan hobi terbaik bagi diri sendiri, maka yang paling mudah adalah memikirkan kegiatan yang pernah Anda sukai di masa kecil. Cobalah mengingat apa saja yang dulu Anda lakukan di masa kecil dan masih sesekali Anda lakukan sampai sekarang.

Misalnya Anda sering membaca dan menulis di waktu kecil dan tidak lagi melakukannya, mengapa tidak mulai lagi kegiatan tersebut di masa sekarang?

Cara lain yang mungkin dapat membantu adalah pergi ke toko buku atau memperhatikan apa saja konten yang sering Anda baca di internet. Itu merupakan topik yang menarik minat Anda dan tidak ada salahnya membuatnya menjadi hobi.

Jangan khawatir, tidak akan ada yang menghukum Anda jika salah memilih hobi. Jika Anda merasa bosan dan tidak antusias akan suatu kegiatan, Anda boleh berganti mencoba kegiatan lainnya. Lakukan seleksi dan setidaknya buatlah lima pilihan hobi alternatif. Kemudian jalankan satu-persatu dan Anda akan tahu mana yang paling membuat Anda bahagia.

4. Tentukan Anggaran dan Waktu yang Tepat

Setelah Anda menemukan hobi yang membuat Anda merasa bahagia dan antusias, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan anggaran dan waktu untuk melakukan hobi tersebut.

Anggaran dibutuhkan untuk menjamin Anda mendapatkan apapun yang diperlukan untuk memaksimalkan kegiatan Anda. Misalnya Anda hobi membaca buku, sudah pasti buku yang berkualitas merupakan jaminan kebahagiaan. Tentu harganya tidak murah. Atau jika Anda suka traveling, sangat perlu mengatur anggaran agar tetap sesuai koridor sehingga keuangan Anda tidak memburuk hanya karena hobi.

Satu-satunya yang harus diperhatikan adalah jangan keterlaluan menganggarkan uang untuk hobi karena bisa berpengaruh buruk bagi kehidupan finansial Anda. Kita mencari hobi untuk bersenang-senang, bukan mencari masalah baru.

Setelah itu tentukan juga waktu untuk melakukan hobi. Apakah seminggu sekali atau beberapa hari sekali dan pukul berapa Anda melakukannya. Semua harus direncakan sebaik mungkin agar hobi kita tidak sampai merusak tugas-tugas penting lainnya dalam hidup.

Setelah itu lakukan berulang-ulang hingga Anda menjadi mahir. Semakin mahir Anda melakukan hobi, maka semakin besar kebahagiaan yang Anda dapatkan. Bahkan berpotensi menghasilkan uang jika ada orang lain yang terkesan dengan sebaik apa Anda melakukan hobi Anda.

5. Bergabung dengan Komunitas untuk Mengembangkan Hobi

Komunitas merupakan kumpulan orang-orang yang tertarik pada suatu bidang tertentu. Dengan bergabung dengan komunitas, Anda akan menemukan teman-teman baru dan informasi terbaru berhubungan dengan hobi yang Anda geluti.

Di zaman modern yang dimudahkan kecanggihan internet, Anda bisa menemukan berbagai komunitas aktif di situs, sosial media, atau forum.

Anda pun bisa meminta bantuan anggota lain apabila menemukan kesulitan dalam mengembangkan hobi. Kalau Anda sangat mahir, maka Anda bisa menolong orang lain yang baru terjun atau menghadapi masalah.

Jika beruntung, Anda akan terkenal di komunitas yang Anda ikuti. Tentu saja ada kemungkinan tawaran pekerjaan atau endorsement yang mungkin tertarik dengan Anda. Tapi ingat, harus tetap rendah hati dan menolong dengan iklas anggota lainnya agar pamor Anda semakin meningkat setiap harinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya. Jadi sekarang kita bisa memikirkan dan mulai melakukan hobi seperti apa yang kita inginkan.
Thank you for reading this blog.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Apa sih hobi itu?
Oct 18th, 2017 by Nur Fadlilah

Assalamualaikum warahmatullahi wa wabarakatuh..
Selamat pagi pemirsa blog, pertama perkenalkan namaku Nur Fadlilah dari kota Ungaran, kabupaten Semarang. Saya kuliah di Unnes prodi pendidikan luar sekolah, Fakultas ilmu pendidikan.

Naah, bicara tentang hobi nih. Kalian tentunya nggak asing kan dengan kata hobi? Hobi adalah sebuah hal yang kita sukai yang sering kita lakukan berulang-ulang atau biasa disebut kegemaran.
Pasti kita semua memiliki kegemaran masing-masing, dimana ada yang dapat menjadikan kegemarannya menjadi pekerjaan yang ia geluti, jadi bisa bekerja dengan menyalurkan hobi. Tetapi ada kalanya hanya sebatas hobi yang kita gemari namun tidak menyangkut pekerjaan kita.

Begitupun dengan saya, saya mempunyai beberapa hobi. Di antaranya menari, menggambar desain pakaian, menjahit, membaca novel dan lain halnya.

Dulu sewaktu kecil, saya mempunyai hobi menyanyi dan menari sehingga waktu TK dan SD saya pun dapat mengikuti lomba menari di kecamatan. Seiring berjalan waktu dan rutinitas yang berbeda hobi pun berubah menjadi menjahit, karna pada waktu itu ibu adalah seorang penjahit dan saya bersekolah di SMK jurusan tata busana, karena ketrampilan yang saya miliki, saya pun juga pernah mengikuti lomba menjahit se kabupaten Semarang.

Seiring berkembangnya zaman, kini pun banyak muncul hobi2 yang unik salah satunya adalah “stalking”. Hobi ini berkembang sebagai dampak dari perkembangan teknologi yang pesat. Dengan adanya hal ini kita dituntut untuk jeli memilih hobi yang berfaedah dengan melihat sisi positif dan negatifnya.

Saat ini saya berkuliah dan mengambil prodi pendidikan luar sekolah yang menurut saya dapat menjadi sarana penyalur hobi atau bakat yang saya miliki untuk lebih bisa berinteraksi dan bermanfaat untuk masyarakat, dalam hidup kita harus selalu berinovasi untuk menuju hal yang lebih baik, kita tidak pernah tau, jalan Tuhan seperti apa di dalam kehidupan kita kedepannya. Namun dengan kegemaran kita
Walau demikian, semua kegemaran saya itu masih sering saya lakukan, meluangkan waktu untuk kegemaran disela-sela kesibukan. Walaupun tidak seintensif dulu.

Oke cukup sampai disini dulu ya pembahasan tentang kegemaran. Semoga kita dapat menjadi orang yang dikenal baik dengan hobi yang kita miliki karna Memiliki keunikan yang khas, hehe. Saya sangat berharap saran sobat blog sekalian agar blog ini dapat menjadi lebih baik lagi dan bermanfaat untuk pembaca. Thank you for reading this blog.:)
Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh

Hello world!
Oct 17th, 2017 by Nur Fadlilah

Welcome to Jejaring Blog Unnes Sites. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar