SIDEBAR
»
S
I
D
E
B
A
R
«
Bagaimana cara menentukan hobi yang pas?
October 18th, 2017 by Nur Fadlilah

Assalamualaikum warah matullah hi wabarakatuh
Kali ini saya akan mengulas Cara Menemukan Hobi Sesuai Passion yang saya kutip ari shiq4

Bagi Anda yang mencari hobi bermanfaat dan tidak tahu bagaimana memulainya, maka berikut adalah langkah-langkah menemukan hobi :

1. Hadapi Ketakutan Anda

Perubahan selalu menimbulkan rasa takut. Begitu pula ketika hendak mulai melakukan sesuatu yang baru, kegiatan yang akan kita pilih sebagai hobi.

Akan ada ketakutan seperti pertanyaan : Apakah saya akan mampu melakukan hobi dengan baik? atau Apakah saya mampu keluar dari kebiasaan lama dan menjalankan hobi?

Bahkan mungkin Anda merasa malu karena tidak semua orang akan menyukai apa yang akan Anda lakukan. Jangan pikirkan hal-hal negatif semacam itu atau pandangan orang tentang Anda. Hobi yang kita lakukan tidak ada hubungannya dengan orang lain. Dan seharusnya kita mampu mengatasi semua ketakutan yang mungkin menghadang.

Jadi, yakinkan diri sendiri bahwa saya mampu melakukannya, akan melakukannya, dan menjadi bahagia.

2. Solo atau Sosial?

Ini berkaitan dengan kepribadian Anda. Apakah Anda introvert atau ekstrovert? Pilihan hobi terbaik adalah memilih berdasarkan kebiasaan Anda.

Jika Anda seorang introvert, mungkin hobi yang sesuai adalah kegiatan yang bisa dilakukan seorang diri meskipun di masa depan akan memungkinkan Anda melakukannya dengan orang lain. Misalnya, membaca buku, memasak, menulis, berkebun atau bermain game online.

Sedangkan jika Anda seorang ekstrovert, mungkin hobi yang sesuai adalah bermain catur, mendaki gunung, traveling, atau nongkrong di kafe-kafe terkenal.

Tentukan hobi berdasarkan kepribadian Anda agar kebahagiaan yang didapat menjadi lebih sempurna bagi diri Anda sendiri.

3. Sekarang Saatnya Menentukan Hobi

Kalau ingin tahu cara menemukan hobi terbaik bagi diri sendiri, maka yang paling mudah adalah memikirkan kegiatan yang pernah Anda sukai di masa kecil. Cobalah mengingat apa saja yang dulu Anda lakukan di masa kecil dan masih sesekali Anda lakukan sampai sekarang.

Misalnya Anda sering membaca dan menulis di waktu kecil dan tidak lagi melakukannya, mengapa tidak mulai lagi kegiatan tersebut di masa sekarang?

Cara lain yang mungkin dapat membantu adalah pergi ke toko buku atau memperhatikan apa saja konten yang sering Anda baca di internet. Itu merupakan topik yang menarik minat Anda dan tidak ada salahnya membuatnya menjadi hobi.

Jangan khawatir, tidak akan ada yang menghukum Anda jika salah memilih hobi. Jika Anda merasa bosan dan tidak antusias akan suatu kegiatan, Anda boleh berganti mencoba kegiatan lainnya. Lakukan seleksi dan setidaknya buatlah lima pilihan hobi alternatif. Kemudian jalankan satu-persatu dan Anda akan tahu mana yang paling membuat Anda bahagia.

4. Tentukan Anggaran dan Waktu yang Tepat

Setelah Anda menemukan hobi yang membuat Anda merasa bahagia dan antusias, maka langkah selanjutnya yang perlu dilakukan adalah menentukan anggaran dan waktu untuk melakukan hobi tersebut.

Anggaran dibutuhkan untuk menjamin Anda mendapatkan apapun yang diperlukan untuk memaksimalkan kegiatan Anda. Misalnya Anda hobi membaca buku, sudah pasti buku yang berkualitas merupakan jaminan kebahagiaan. Tentu harganya tidak murah. Atau jika Anda suka traveling, sangat perlu mengatur anggaran agar tetap sesuai koridor sehingga keuangan Anda tidak memburuk hanya karena hobi.

Satu-satunya yang harus diperhatikan adalah jangan keterlaluan menganggarkan uang untuk hobi karena bisa berpengaruh buruk bagi kehidupan finansial Anda. Kita mencari hobi untuk bersenang-senang, bukan mencari masalah baru.

Setelah itu tentukan juga waktu untuk melakukan hobi. Apakah seminggu sekali atau beberapa hari sekali dan pukul berapa Anda melakukannya. Semua harus direncakan sebaik mungkin agar hobi kita tidak sampai merusak tugas-tugas penting lainnya dalam hidup.

Setelah itu lakukan berulang-ulang hingga Anda menjadi mahir. Semakin mahir Anda melakukan hobi, maka semakin besar kebahagiaan yang Anda dapatkan. Bahkan berpotensi menghasilkan uang jika ada orang lain yang terkesan dengan sebaik apa Anda melakukan hobi Anda.

5. Bergabung dengan Komunitas untuk Mengembangkan Hobi

Komunitas merupakan kumpulan orang-orang yang tertarik pada suatu bidang tertentu. Dengan bergabung dengan komunitas, Anda akan menemukan teman-teman baru dan informasi terbaru berhubungan dengan hobi yang Anda geluti.

Di zaman modern yang dimudahkan kecanggihan internet, Anda bisa menemukan berbagai komunitas aktif di situs, sosial media, atau forum.

Anda pun bisa meminta bantuan anggota lain apabila menemukan kesulitan dalam mengembangkan hobi. Kalau Anda sangat mahir, maka Anda bisa menolong orang lain yang baru terjun atau menghadapi masalah.

Jika beruntung, Anda akan terkenal di komunitas yang Anda ikuti. Tentu saja ada kemungkinan tawaran pekerjaan atau endorsement yang mungkin tertarik dengan Anda. Tapi ingat, harus tetap rendah hati dan menolong dengan iklas anggota lainnya agar pamor Anda semakin meningkat setiap harinya.

Nah, sekarang sudah tahu kan bagaimana caranya. Jadi sekarang kita bisa memikirkan dan mulai melakukan hobi seperti apa yang kita inginkan.
Thank you for reading this blog.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh


Leave a Reply

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

[+] kaskus emoticons nartzco

»  Substance:WordPress   »  Style:Ahren Ahimsa
Skip to toolbar