• Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi. #1

    Assalamu’alaikum wr.wb

    Welcome to ima’s blog J

    Salam Konservasi !

     

    Rumah ilmu ? Konservasi ?

    Apa sih itu ?? Mungkin bagi sebagian orang selain mahasiswa Unnes sangat asing mendengar kata-kata “konservasi”. Apalagi “rumah ilmu” ? sangat asing bagi kita terutama maba. Nah, mari kita telaah bersama-sama perkata.

     

    Rumah adalah salah satu bangunan yang dijadikan tempat tinggal selama jangka waktu tertentu dan tempat kita melakukan segala aktifitas. Sedangkan ilmu adalah sekumpulan pengetahuan melalui proses penyelidikan yang sistematis. Jadi, rumah ilmu dapat diartikan sebagai tempat kita belajar, tempat kita menuntut ilmu, tempat dimana kita berkumpul untuk berdiskusi dan memecahkan suatu masalah serta mendapat banyak pengalaman.

     

    Ketika berbicara tentang “konservasi” maka apa yang terlintas di benak kita ? ya, betul. Universitas Negeri Semarang (Unnes) adalah satu-satunya Universitas Negeri di Jawa Tengah yang berpegang teguh pada hakikat konservasi. Konservasi memang telah menjadi visi dari Unnes. Arti dari konservasi itu sendiri adalah upaya-upaya pelestarian lingkungan akan tetapi tetap memperhatikan manfaat yang bisa didapatkan pada saat itu dengan cara tetap mempertahankan keberadaan setiap komponen-konponen lingkungan untuk pemanfaatan di masa yang akan datang.

    Tujuan dari kegiatan konservasi, antara lain :

    1. Memelihara dan melindungi tempat-tempat yang indah dan berharga, agar tidak hancur atau berubah sampai batas-batas yang wajar.
    2. Menekankan pada penggunaan kembali bangunan lama, agar tidak terlantar. Apakah dengan menghidupkan kembali fungsi lama, ataukah dengan mengubah fungsi bangunan lama dengan fungsi baru yang dibutuhkan.
    3. Melindungi benda-benda cagar budaya yang dilakukan secara langsung dengan cara membersihkan, memelihara, memperbaiki, baik secara fisik maupun non-fisik secara langsung dari pengaruh berbagai faktor lingkungan yang merusak.
    4. Melindungi benda-benda (dalam hal ini benda-benda peninggalan sejarah dan purbakala) dari kerusakan yang diakibatkan oleh alam, kimiawi dan mikro organisme.

     

    Cukup sekian, selamat membaca dan tunggu postingan saya selanjutnya. Terimakasih 🙂

    Wassalamu’alaikum wr.wb.

     

    “Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

    Categories: Uncategorized

    One thought on “Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi. #1

    Leave a Reply