• Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi. #2

    konser1Sumber :

    facebook : Rumah Kompos “Badan Pengembang Konservasi Unnes”

    Universitas Negeri Semarang tidak terlepas dari masalah sampah. Tiap harinya Unnes banyak menghasilkan sampah dalam jumlah besar, sampah tersebut terdiri dari sampah organik dan sampah anorganik. Sampah yang paling dominan dihasilkan adalah sampah daun karena seperti yang kita ketahui bahwa kawasan Unnes banyak ditumbuhi pohon rindang yang menghasilkan sampah daun setiap harinya. Unnes merupakan Universitas konservasi yang memiliki tujuh pilar konservasi salah satu diantaranya adalah waste management. Pilar tersebut diwujudkan dengan dibangunnya rumah kompos. Apa yang dimaksud dengan rumah kompos ? Bagaimana pengelolaan sampah di rumah kompos ?

    Rumah kompos didirikan pada tahun 2010 dan diprakarsai oleh seorang dosen kimia yang bermula dari keprihatinan akan kurangnya pengolahan sampah yang melimpah di Unnes. Tujuan utama dari didirikannya rumah kompos adalah untuk membangun kesadaran akan pengolahan sampah, bahwa sampah memiliki manfaat dan dapat bernilai ekonomis apabila dikelola dengan baik.

    Pengelolaan sampah di rumah kompos yaitu dengan cara menerima satu tossa sampah perhari yang didominsi oleh sampah aun. Sampah daun tersebut. Sampah daun tersebut kemudian diolah menjadi pupuk kompos. Hasil produksi kompos saat ini sudah diperjual belikan karena sudah lolos uji mutu.

    Fungsi dari didirikannya rumah kompos yaitu untuk pengolahan, penelitian, pengabdian, dan pendidikan. Secara tidak langsung rumah kompos merupakan rumah ilmu yang ada di Unnes dimana rumah kompos adalah tempat berkumpulnya para peneliti maupun mahasiswa yang bersama-sama mempelajari tentang konservasi dan pengolahan sampah.

    konser2

    Terimakasih sudah berkunjung di blog saya, nantikan postingan saya selanjutnya. Semoga bermanfaat. Terimakasih πŸ™‚

    β€œTulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya saya sendiri dan bukan jiplakan.”

    Categories: Uncategorized

    Leave a Reply