• Kekurangan Meminjam Uang di Pinjaman Online

    Kekurangan Meminjam Uang di Pinjaman Online – Beberapa waktu terakhir grafik minat masyarakat terhadap pinjol meningkat cukup tajam. Hal ini terlihat dari jumlah pengunjung di berbagai situs seperti rkonline.id yang terus mengalami kenaikan. Kondisi tersebut tidak mengherankan karena para fintech menyuguhkan layanan kredit istimewa.

    3 Kekurangan Meminjam Uang di Pinjaman Online yang Perlu Dipertimbangkan

    Layaknya koin yang memiliki dua sisi begitu pula dengan pinjaman online. Pasalnya, layanan kredit ini tidak hanya menawarkan sejuta keuntungan namun juga mempunyai beberapa kelemahan. Berikut ini terdapat 3 kekurangan pinjol versi rkonline.id di antaranya yaitu:

    1. Sistem Suku Bunga

    Salah satu kekurangan paling utama dari pinjaman online yakni sistem suku bunga yang dihitung harian. Tentunya hal ini berbeda dengan kredit konvensional lainnya dimana menggunakan perhitungan bulanan.  Melihat kondisi tersebut jika ditimbang resiko kerugian relatif lebih tinggi.

    Bagi Anda yang tertarik untuk mengajukan pinjaman online akan sangat penting mempertimbangan hal satu ini. Pasalnya, jika sampai luput karena lupa membayar cicilan di hari jatuh tempo tidak menutup kemungkinan jumlah angsuran membengkak besar.

    1. Variasi Tenor Pelunasan Terbatas dan Lebih Pendek

    Pertimbangan lainnya yang penting untuk dipikirkan yaitu variasi tenor pelunasan relatif sedikit dan terbatas dibanding kredit konvensional. Umumnya fintech pinjol hanya memberikan jangka waktu pembayaran tagihan sampai lunas hanya dalam kurun waktu maksimal 6 bulan saja.

    Berdasarkan prinsip tersebut maka bisa dihitung semakin panjang tempo pelunasan, maka tingkat suku bunga jauh lebih tinggi yang ditanggung kreditur. Oleh sebab itu, sebaiknya pilihlah pinjaman sesuai dengan kebutuhan dan pertimbangkan pula kemampuan finansial untuk membayar cicilan.

    1. Besaran Limit Pinjaman Terbatas

    Pinjaman online memang menawarkan kemudahan proses yang cepat. Meskipun demikian bukan berarti kreditur bisa mendapatkan kredit dalam jumlah sangat besar. Rata-rat fintech pinjol hanya memberikan limit berkisar puluhan juta saja bagi setiap pemohon.

    Tentunya hal ini sangat berbeda dengan pinjaman konvensional yang bisa memberikan kredit hingga ratusan juta rupiah. Membatasi jumlah kredit dipilih oleh fintech agar meminimalisir resiko kerugian apabila nasabah tidak dapat melunasi tagihan. Terlebih dalam pinjol tidak terdapat jaminan.

    Itulah beberapa kekurangan dari pinjaman online dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan. Semoga sekilas informasi versi rkonline.id di atas bisa menambah wawasan terutama bagi Anda yang kebingungan menentukan pilihan jenis layanan kredit.

    Categories: Informasi

    Comments are currently closed.