PENGGALAN SILABUS SOSIOLOGI SMA/MA KELAS X KURIKULUM 2013: Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran

Dalam proses pembelajaran, sering kali kita sebagai peserta didik merasakan bagaimana sulitnya belajar, bagaimana rumitnya mencerna materi pembelajaran yang disampaikan oleh para pendidik kita, serta bagaimana bosannya melaksanakan kegiatan pembelajaran yang monoton. Hal-hal semacam itu sering kali membuat kita (peserta didik) merasakan masalah besar dalam proses pembelajaran yang kita lakukan.

Nampaknya permasalahan-permasalahan yang demikian bukan hanya terjadi pada kita (para peserta didik), sering kali berbagai permasalahan tersebut juga dihadapi oleh beliau-beliau (para pendidik). Adapun permasalahan yang sering kali dihadapi oleh pendidik tentu berbeda dengan permasalahan oleh peserta didik. Diantara berbagai permasalahan tersebut yaitu, peserta didik yang sulit untuk diajak berkomunikasi, peserta didik yang sulit untuk diajak berdiskusi, ataupun para peserta didik yang kurang memperhatikan dalam kegiatan pembelajaran, dan lain sebagainya.

Berbagai fenomena sosial di atas tentu tidak terjadi secara begitu saja, melainkan terdapat berbagai faktor yang melatarbelakanginya. Diantaranya yaitu faktor pendidik yang kurang memahami bagaimana situasi dan kondisi para peserta didiknya, ataupun para peserta didik yang kurang mengetahui bagaimana hakekat pendidikan dan bagaimana pola interaksi yang baik anatara murid dan gurunya.

Dalam mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut, serta dalam rangka membekali pendidik dalam melaksanakan proses pembelajara di kelas, maka pihak pemerintah melalui menteri pendidikan dan kebudayaan merumuskan sebuah modul pembelajaran yang di dalamnya terdapat berbagai hal terkait dengan pembelajaran, yakni silabus. Dalam berbagai mata pelajaran tentu terdapat silabus masing-masing.

Dalam hal ini akan kami tampilkan penggalan silabus mata pelajaran sosiologi kelas X. Berikut uraian silabusnya,

  1. Materi Pembelajaran 1

     Fungsi Sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat : Sosiologi sebagai ilmu sosial; realitas sosial sebagai obyek kajian; kehidupan sosial sebagai objektivitas; serta gejala sosial (tindakan individu, tindakan kolektif, pengelompokan sosial, interaksi antar individu, dan kelompok sosial dalam kehidupan masyarakat).

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami pengetahuan dasar Sosiologi sebagai ilmu pengetahuan yang berfungsi mengkaji gejala sosial di masyarakat.
  • Menalar suatu gejala sosial di lingkungan sekitar dengan menggunakan pengetahuan sosiologis.
  1. Materi Pembelajaran 2

     Individu, kelompok, dan hubungan sosial : Pembentukan identitas (diri/ saya/ individu dalam hubungan dengan orang lain/ kamu/ individu lain, hubungan antar individu dalam pembentukan kelompok (kami/ kita), hubungan antara individu dengan kelompoknya (saya dan kami/ kita), hubungan antara diri/ saya/ individu dengan kelompok lain (mereka), hubungan antar kelompok (kami/ kita dan mereka)); serta perlunya institusi atau lembaga sosial untuk terciptanya tatanan dan tertib sosial.

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Mengenali dan mengidentifikasi realitas individu, kelompok dan hubungan sosial di masyarakat.
  • Mengolah realitas individu, kelompok, dan hubungan sosial sehingga mandiri dalam memposisikan diri dalam pergaulan sosial di masyarakat.
  1. Materi Pembelajaran 3

     Ragam gejala sosial dalam masyarakat : Perbedaan sosial, perbedaan individu, perbedaan antar kelompok; multidimensi identitas dalam diri subyek individual maupun kelompok; heterogenitas sosial dalam kehidupan masyarakat; penghargaan atau penghormatan terhadap keanekaragaman atau heterogenitas sosial.

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Menerapkan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk memahami ragam gejala sosial di masyarakat.
  • Mengaitkan realitas sosial dengan menggunakan konsep-konsep dasar Sosiologi untuk mengenali berbagai gejala sosial di masyarakat.
  1. Materi Pembelajaran 4

     Metode penelitian sosial : Metode penelitian sosial; merancang penelitian; merumuskan pertanyaan; teknik pengumpulan data; mengolah dan menganalisis data; merumuskan dan menyajikan hasil penelitian.

     Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami berbagai metode penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali gejala sosial di masyarakat.
  • Melakukan penelitian sosial yang sederhana untuk mengenali ragam gejala sosial dan hubungan sosial di masyarakat.

 

NB. Untuk mengetahui bagaimana silabus yang utuh, silakan buka link berikut ini Silabus Sosiologi SMA Peminatan oleh KEMENDIKBUD.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: