PENGGALAN SILABUS SOSIOLOGI SMA/MA KELAS XII KURIKULUM 2013: Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran

Untuk yang terakhir kalinya mengenai silabus sosiologi SMA/MA. Pada postingan kali ini akan saya suguhkan silabus sosiologi SMA/MA kelas XII. Untuk lebih jelasnya terkait bagaimana isi dari silabus tersebut, silakan bisa dilihat filenya. . . . . .

1. Materi Pembelajaran 1

Perubahan sosial dan dampaknya terhadap kehidupan masyarakat : Perubahan sosial dan sebab-sebab terjadinya perubahan sosial; perubahan sosial dan perubahan hubungan antar individu dan antar kelompok; perubahan sosial dan dampaknya terhadap kesenjangan sosial di masyarakat; perubahan sosial, kemajuan masyarakat, dan perkembangan masyarakat menuju kehidupan masyarakat yang demokratis.

      Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami berbagai jenis dan faktor-faktor perubahan sosial serta akibat yang ditimbulkannya dalam kehidupan masyarakat.
  • Menalar berdasarkan pemahaman dari pengamatan dan diskusi tentang perubahan sosial dan akibat yang ditimbulkannya.

2. Materi Pembelajaran 2

     Globalisasi dan perubahan komunitas lokal : Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas; berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal atau komunitas disebabkan globalisasi; globalisasi dan dampak ketimpangan sosial di masyarakat; strategi dan berbagai pendekatan pemberdayaan untuk mengatasi ketimpangan sosial akibat globalisasi.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh perubahan sosial ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
  • Mengategorisasi berbagai permasalahan sosial yang disebabkan oleh globalisasi serta akibat-akibatnya dalam kehidupan nyata di masyarakat sehingga dapat merespon berbagai permasalahan sosial dan ketimpangan disebabkan proses globalisasi.

3. Materi Pembelajaran 3

Ketimpangan sosial sebagai dampak perubahan sosial di tengah globalisasi : Globalisasi dan dampaknya terhadap perubahan sosial di tingkat lokal; berbagai permasalahan sosial akibat perubahan sosial di tingkat lokal disebabkan globalisasi; penguatan posisi komunitas lokal dalam merespon perubahan sosial disebabkan globalisasi; menjalin relasi antar komunitas lokal untuk memperkuat posisi dalam merespon perubahan sosial yang disebabkan globalisasi.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami faktor penyebab ketimpangan sosial dan pertautannya dengan perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi.
  • Mengolah hasil kajian dan pengamatan tentang ketimpangan sosial sebagai akibat dari perubahan sosial ditengah-tengah globalisasi.

4. Materi Pembelajaran 4

Kearifan lokal dan pemberdayaan komunitas : Pemberdayaan komunitas berbasis kepemilikan lokal dan partisipasi warga masyarakat; partisipasi masyarakat lokal, atau warga masyarakat, dalam pemberdayaan masyarakat, atau perbaikan kehidupan sosial atau publik; aktivitas pemberdayaan komunitas; evaluasi dan hikmah pembelajaran dari aktivitas pemberdayaan komunitas.

Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memiliki pengetahuan bagaimana melakukan strategi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
  • Merancang, melaksanakan, dan melaporkan aksi pemberdayaan komunitas dengan mengedepankan nilai-nilai kearifan lokal ditengah-tengah pengaruh globalisasi.
  • Mengevaluasi aksi pemberdayaan komunitas sebagai bentuk kemandirian dalam menyikapi ketimpangan sosial.
  • Mengolaborasikan berbagai alternatif pemberdayaan sosial yang diperlukan untuk mengatasi ketimpangan sosial di masyarakat.

 

NB. Untuk mengetahui bagaimana silabus lengkapnya, silakan buka link berikut ini Silabus Sosiologi SMA Peminatan oleh KEMENDIKBUD.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: