PENGGALAN SILABUS ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XI KURIKULUM 2013: Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran

Melanjutkan postingan di bawah, terkait dengan silabus Antropologi SMA/MA,

Berikut akan saya tampilkan mengenai penggalan silabus yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam Kegiatan Belajar Mengajar, yakni silabus mata pelajaran antropologi, tepatnya yaitu antropologi kelas XI.

  1. Materi Pembelajaran 1

          Dalam materi Pembelajaran 1 ini, akan dibahas mengenai Metode Etnografi. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Menggunakan pengetahuan dasar metode etnografi dalam mendeskripsikan  institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.
  • Melakukan penelitian etnografi/membaca dengan kritis laporan-laporan penelitian etnografi  dalam rangka mendeskripsikan institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu  kelompok etnik tertentu di Indonesia

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 1 adalah sebagai berikut:

  • Pengertian tentang Metode Etnografi
  • Teknik Penelitian Etnografi
  • Deskripsi  institusi-institusi sosial  (antara lain: sistem kekerabatan, sistem religi, sistem politik, sistem mata pencaharian hidup, bahasa, kesenian) dalam suatu kelompok etnik tertentu di Indonesia.

      2. Materi Pembelajaran 2

          Dalam materi Pembelajaran 2 ini, akan dibahas mengenai Persamaan dan Perbedaan Institusi-Institusi Sosial  dalam Berbagai Kelompok Etnik di Indonesia. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Menemukan dan menunjukkan persamaan dan perbedaan institusi-institusi sosial  dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia, agar tercapai pemahaman tentang keanekaragaman dan kesamaan budaya, sehingga terbentuk sikap toleransi, saling menghargai, dan empati dalam rangka membangun masyarakat multietnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai
  • Melakukan pengamatan (observasi), wawancara (interview), membaca literatur yang relevan, dan berdiskusi untuk menemukan persamaan serta perbedaan institusi-institusi sosial dalam  berbagai kelompok etnik di Indonesia, agar terbentuk sikap toleransi, saling menghargai, dan empati untuk membangun masyarakat multietnik Indonesia yang yang rukun, aman, dan damai.

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 2 adalah sebagai berikut:

  • Persamaan dan perbedaan institusi-institusi sosial dalam berbagai kelompok etnik di Indonesia.
  • Kesadaran tentang kondisi masyarakat Indonesia yang Multietnik.

      3. Materi Pembelajaran 3

          Dalam materi Pembelajaran 3 ini, akan dibahas mengenai Nilai-Nilai Kultural. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Menemukan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa)  dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.
  •  Melakukan refleksi/diskusi untuk menarik kesimpulan tentang nilai-nilai kultural nasional Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa)  dalam rangka membangun sikap toleran, empati, dan saling menghargai sehingga tercipta masyarakat multi etnik Indonesia yang rukun, aman, dan damai.

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

  • Konsep tentang Nilai-Nilai Kultural (cultural values)
  • Pewarisan nilai-nilai kultural atau proses sosialisasi dan enkulturasi.

      4. Materi Pembelajaran 4

          Dalam materi Pembelajaran 4 ini, akan dibahas mengenai Mempromosikan Nilai-Nilai Kultural. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Mempromosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).
  • Membuat program dan berbagai model untuk memprmosikan nilai-nilai kultural yang disepakati bersama oleh masyarakat Indonesia (misalnya: gotong royong, tolong menolong, kekeluargaan, kemanusiaan, tenggang rasa) sebagai budaya nasional (national culture).

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 4 adalah sebagai berikut:

Nilai-nilai kultural positif yang dapat dipromosikan sebagai bagian dari budaya nasional (national culture).

NB. Untuk mengetahui bagaimana Silabus Antropologi yang utuh, silakan buka link berikut ini Silabus Antropologi SMA.

Thank for the reading…..

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: