PENGGALAN SILABUS ANTROPOLOGI SMA/MA KELAS XII KURIKULUM 2013: Kompetensi Dasar, Materi Pembelajaran, dan Kegiatan Pembelajaran

Belajar merupakan proses transfer ilmu serta pengetahuan dari guru kepada para siswanya.

Proses transfer ini tidak akan berjalan dengan lancar jika terdapat beberapa kendala dalam pelaksanaannya. Diantara penyebab kendala tersebut yakni kurangnya pemahaman pendidik akan bagaimana cara-cara pengajaran yang baik yang harus diterapkan kepada para peserta didiknya. Oleh sebab itu, muncullah suatu panduan mengajar yang di dalamnya terdapat capaian pembelajaran, berbagai materi, serta bagaimana cara-cara mengajar yang baik. Panduan tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah silabus. Perlu diketahui bahwa masing-masing mata pelajaran itu mempunyai silabus yang berbeda-beda, juga sesuai dengan kelas masing-masing.

Berikut akan saya tampilkan mengenai penggalan silabus yang bisa dijadikan sebagai pedoman dalam Kegiatan Belajar Mengajar, yakni silabus mata pelajaran antropologi, tepatnya yaitu antropologi kelas X.

  1. Materi Pembelajaran 1

Dalam materi Pembelajaran 1 ini, akan dibahas Memahami dampak positif dan negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Memahami dampak positif dan negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.
  • Melakukan pengamatan lapangan, membaca berbagai literatur/media masa, dan berdiskusi untuk memahami perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

  • Konsep-Konsep tentang Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi
  • Dampak Perubahan Sosial, Pembangunan Nasional, Globalisasi, dan Modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia.

     2.  Materi Pembelajaran 2

Dalam materi Pembelajaran 2 ini, akan dibahas mengenai Mengidentifikasi, menganalisis dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Mengidentifikasi, menganalisis dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme).
  • Menggunakan  pendekatan Antropologi dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan menilai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif,  diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, dan hedonisme).

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 2 adalah sebagai berikut:

  • Dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi terhadap kehidupan sosialkultural masyarakat Indonesia (misalnya: perilaku koruptif, diskriminatif, pelanggaran HAM, kekerasan dalam rumah tangga, penyalahgunaan narkoba, dan hedonisme) sebagai dampak perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi.

     3.  Materi Pembelajaran 3

Dalam materi Pembelajaran 3 ini, akan dibahas mengenai Strategi Kultural, Kearifan Lokal, dan Tradisi Lisan. Adapun kompetensi dasar yang diharapkan dapat dicapai siswa pada materi pembelajaran tersebut adalah :

  • Merancang strategi kultural berdasarkan sumber-sumber  kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif dari perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi bagi pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).
  • Membaca literatur, melakukan pengamatan (observasi), dan wawancara (interview) untuk merancang strategi kultural berdasarkan kearifan lokal dan tradisi lisan untuk mengatasi berbagai dampak negatif perubahan sosial, pembangunan nasional, globalisasi, dan modernisasi dalam rangka pembangunan  karakter bangsa (nation and character building).

Adapun materi -materi antropologi yang akan dibahas dalam Materi Pembelajaran 3 adalah sebagai berikut:

  • Sumber-sumber Kearifan Lokal (local wisdom) dan Tradisi Lisan
  • Strategi Kultural mengatasi perilaku negatif.
  • Pembangunan Karakter Bangsa (nation and culture building).

NB. Untuk mengetahui bagaimana Silabus Antropologi yang utuh, silakan buka link berikut ini Silabus Antropologi SMA.

Thank for the reading…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: