Budaya Kekerasan Dalam Perspektif Nilai-Nilai dan Etika Masyarakat Jawa

 

 

  • Review Mengenai Budaya Kekerasan Dalam Perspektif Nilai-Nilai dan Etika Masyarakat Jawa

 

Masyarakat Jawa pada dasarnya memilki sifat yang lemah lembut dan sopan santun, namun dalam kenyataannya, tidak semua masyarakat jawa memilki sifat tersbeut dan memegang teguh keagungan sifat tersebut. Namun budaya kkerasan dalam masyarakat jawa juga tercipta secara nyata dalam sejarah masyarakat jawa. Kekerasan yang terjadi dalam masyarakat jawa diturunkan dari orang terdahulu kita yang mengalami kekejaman penjajahan Belanda.

Dalam hal ini ketika kita mengkaji lebih dalam mengenai kekerasan yang ada dalam masyarakat jawa tentu harus melewati stereotype yang melekat terhadap orang jawa, karena masyarakat jawa sangat terkenal dengan keagungan jiwa sopan santunnya, tetapi kekerasan yang dimaksud dalam hal ini yaitu pemberontakan yang terjadi dalam masyarakat jawa pada masa kolonial Belanda. Pemberontakan yang terjadi tidak hanya melawan Belanda tetapi juga melawan bangsanya sendiri, dan budaya kkerasan itu dapat dikatakan menurun sampai sekarang. Jiwa kekerasan yang sangat dipengaruhi oleh cerita-cerita yang sanagt berbau dengan kekerasan yang dibawa oleh nenek moyang, melalui pementasan wayang yang bertema kekerasan.

Budaya kekerasan yang menjadi inti dari masyarakat jawa menjadi sangat aneh karena masyarakat jawa memenag terkenal memilki sifat yang lemah lembut dan sopan santun, tidak melalui kekerasan adalah budaya yang menjadi stereotype tersendiri untuk masyarakat jawa. Budaya ini akan sangat berepengaruh secara turun temurun sampai sekarang, lemah lembut dan sopan akan sangat diagungkan oleh masyarakat jawa, tiodak kekerasan yang menjadi dasar berperilaku mereka

Budaya jawa dengan kekerasan akan mempengaruhi nilai-nilai yang sudah terlanjur terbentuk dengan budaya sopan santunnya masyarakat jawa, dengan kekerasan, walaupun budaya kekerasan ini diwariskan secara nyata, tetapi tidak sekuat buday yang dibawa oleh orang terdahulu dengan budaya lemah lembut yang menjadi agung didalam kehidupan masyarakat jawa.

Namun budaya kekerasan tidak semuanya mengandung unsur tidak baik, karena pada dasranya, budaya kekerasan yang dibawa melalui pementasan wayang dan cerita baratayuda merupakan contoh yang baik yang mewarisi cerita, kalau budaya kekerasan dalam masyarakat jawa memang benar adanya.

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: