Membangun Rumah Ilmu untuk Mewujudkan Universitas Konservasi Bereputasi#1

Mahasiswa Agen Perubahan

Saat ini lingkungan di bumi khususnya di Indonesia banyak terdapat kerusakan lingkungan. Banyak sekali perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab, mereka melakukan penggundulan hutan, penggunaan yang berlebihan terhadap alam, pembuangan sampah sembarangan dan banyak kerusakan lainnya yang dilakukan manusia. Kerusakan lingkungan ini juga berdampak pada kelangsungan hidup manusia. Contohnya banyaknya pohon yang ditebang secara liar mengakibatkan berkurannya kadar oksigen dimuka bumi. Dan pohon berperan dalam mengurangi efek rumah kaca, efek rumah kaca disebabkan meningkatnya lapisan atmosfer di bumi yang berasal dari asap kendaraan bermotor, asap pabrik dan lainnya, jika pohon berkurang maka akan terjadi peningkatan jumah CO2 di atmosfer karena pohon berperan dalam menyerap CO2.

Banyaknya permasalahan lingkungan ini membuat kita harus berfikir kritis dan bertindak nyata dalam menyelesaikannya, kita sebagai mahasiswa sebagai agent of change yaitu sebagai agen perubahan harus menjadi kader dalam perubahan sikap terhadap lingkungan. Kita memiliki pengaruh besar dalam lingkungan masyarakat, oleh karena itu sebagai mahasiswa harusnya kita bisa mempengaruhi masyarakat untuk melakukan gerakan perubahan menuju lingungan yang sehat. Sebagai mahasiswa UNNES, mahasiswa dari universitas konservasi menjadikan kita mau tidak mau harus bisa menjadi kader dalam perbaikan dan pelestarian lingkungan. Membangun rumah ilmu untuk mewujudkan Universitas Konservasi adalah salah satu caranya, rumah ilmu adalah rumah tempat dimana kita mendapat ilmu dan banyak sekali pelajaran yang bisa didapatkan didalamnya. Membangun rumah ilmu untuk mewujudkan Universitas Konservasi berarti membangun sebuah tempat yang didalamnya terdapat banyak ilmu dan pengetahuan tentang pelestarian lingkungan, yang mana kita bisa belajar bagaimana cara melestarikan lingkungan dan menjaga lingkungan dengan baik dan benar. Dengan rumah ilmu konservasi mahasiswa jadi tahu bagaimana pentingnya lingkungan dan apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga dan melestarikan lingkungan.

 

“Tulisan ini dibuat untuk mengikuti Bidikmisi Blog Award di Universitas Negeri Semarang. Tulisan adalah karya sendiridan bukan jiplakan.”

Leave a Reply

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: