Materi Antropologi SMA Kelas Xll Bab 2(Proses Globalisas dan Strategi Mempertahankan dan Memperkuat Nilai-Nilai Budaya Indonesia)

Globalisai, merupakan istilah yang tidak asing lagi bagi kehidupan kita. Bahkan sekarang ini di jaman yang semakin modern, globalisasi telah merambah ke segala aspek kehidupan seperti ekonomi, budaya, agama, politik, dan sebagainya. Meskipun, sebenarnya globalisasi telah lama ada di negara-negara lain di dunia. Globalisasi menciptakan berbagai tantangan dan permasalahan baru yang harus dijawab, dipecahkan. dalam upaya memanfaatkan globalisasi untuk kepentingan kehidupan.

A.Pengertian Globalisasi

     Globalisasi sendiri berasal dari bahasa inggris yaitu Globalization. Kata “Global” berarti mendunia sedangkan “Lization” berarti proses. Sehingga dalam Pengertian Globalisasi menurut Bahasa adalah suatu proses yang mendunia. Globalisasi merupakan suatu proses masuknya negara ke dalam pergaulan dunia. Globalisasi membuat suatu negara semakin kecil atau sempit dikarenakan kemudahan dalam berinteraksi antarnegara baik itu dalam perdagangan, teknologi, pertukaran informasi, dan gaya hidup maupun dengan bentuk-bentuk interaksi lainnya. dengan adanya globalisasi, setiap individu dapat terhubung oleh siapa saja yang ada dibelahan bumi ini dan terjadi penyebaran informasi dan komunikasi melalui media cetak dan elektronik yang mendunia.Adapun pengertian lain globalisasi menurut para ahli adalah sebagai berikut:
•Menurut Robertson (1992), mengacu pada penyempitan dunia secara intensif dan peningkatan kesadaran kita akan dunia, yaitu semakin meningkatnya koneksi global dan pemahaman kita kan koneksi tersebut.
•Barker (2004), mengatakan bahwa globalisasimerupakan koneksi global ekonomi, sosial, budaya dan politik yang semakin mengarah pada berbagai arah di seluruh dunia dan merasuk ke dalam kesadaran kita.
•Menurut John Huckle, globalisasi adalah suatu proses dimana kejadian, keputusan, dan kegiatan di salah satu bagian dunia menjadi suatu konsekuensi yang signifikan bagi individu dan masyarakat di daerah jauh.
•Albrow mengemukakan bahwa globalisasi adalah keseluruhan proses di mana manusia di bumi ini diinkorporasikan (dimasukkan) ke dalam masyarakat dunia tunggal, masyarakat global.

B. Ciri-Ciri Globalisasi

Berikut ini ada beberapa ciri yang menandakan semakin berkembangnya fenomena globalisasi di dunia.
•Perubahan dalam Konstantin ruang dan waktu
•Pasar dan produksi ekonomi di negara-negara yang berbeda menjadi saling bergantung sebagai akibat dari pertumbuhan perdagangan internasional, peningkatan pengaruh perusahaan multinasional, dan dominasi organisasi semacam World Trade Organization (WTO)
•Peningkatan interaksi kultural melalui perkembangan media massa (terutama televisi, film, musik, dan transmisi berita dan olah raga internasional)
•Meningkatnya masalah bersama, misalnya pada bidang lingkungan hidup, krisis multinasional, inflasi regional dan lain-lain

C. Faktor Penyebab Global

     Faktor Ekstern (luar negeri dan perkembangan dunia)
•Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek)
•Penemuan sarana komunikasi yang semakin canggih
•Adanya kesepakatan internasional tentang pasar bebas
•Modersisasi atau pembaruan di berbagai bidang yang dilakukan negara-negara di dunia mempengaruhi negara lain untuk mengadupsi atau meniru hal yang sama.
•Keberhasilan perjuangan prodemokrasi di beberapa negara di dunia sedikit banyak memberi inspiransi bagi munculnya tuntutan tranparansi dan globalisasi di sebuah negara.
•Meningkatnya peran dan fungsi lembaga-lembaga internasional.
•Perkembangan HAM

     Faktor Intern (dari dalam negeri)
•Berkembangnya cara berfikir dan semakin majunya pendidikan dalam masyarakat
•Berkembangnya transparansi dan demokrasi pemerintahan
•Munculnya berbagai lembaga politik dan lembaga swadaya masyarakat
•Kebebasan pers yang tak terkendali
•Ketergantungan sebuah negara terhadap negara-negara lain di dunia

D. Dampak Globalisasi

     Munculnya globalisasi tentunya memberikan dampak bagi kehidupan masyarakt. Dampak tersebut bisa mengarah ke hal yang positif, akan tetapi juga mengarah pada hal yang negative.

No Dampak Positif Dampak Negatif
1 Komunikasi yang semakin cepat dan mudah Informasi yang tak terkendali
2 Meningkatnya taraf hidup dari masyarakat Timbulnya sikap yang ala kebarat-baratan

3 Mudahnya mendapatkan informasi dan ilmu pengetahuan. Munculnya sikap individualisme

4 Tingkat pembangun yang semakin tinggi
Budaya bangsa akan terkikis

5 Meningkatnya turisme dan pariwisata Perusahaan dalam negeri sulit berkembang, karena pemerintah hanya mementingkan perusahaan luar

 

E. Langkah antisipasi mencegah pudarnya budaya daerah

     Budaya lokal perlu memperkuat daya tahannya dalam menghadapi globalisasi budaya asing. Ketidakberdayaan dalam menghadapinya sama saja dengan membiarkan pelenyapan atas sumber identitas lokal yang diawali dengan krisis identitas lokal. Memang, globalisasi harus disikapi dengan bijaksana sebagai hasil positif dari modenisasi yang mendorong masyarakat pada kemajuan. Namun, para pelaku budaya lokal tidak boleh lengah dan terlena karena era keterbukaan dan kebebasan itu juga menimbulkan pengaruh negatif yang akan merusak budaya bangsa. berikut langkah-langkah yang dapat dilakukan mencegah pudarnya budaya local:
•Diadakannya festival budaya secara berkala . Di ikuti oleh anak anak sekolah maupun di luar sekolah. Diadakannya festival budaya ini di maksudkan agar pemuda pemudi indonesia dan masyarakat tau bahwa adanya budaya Indonesia.
•Diadakannya pertunjukan kesenian daerah seperti wayang kulit, atau seni budaya lain di sekolah. Hal ini di maksudkan agar peserta didik paham mengenai seni budaya Indonesia yang keberadaannya mulai hilang di telan derasnya arus globalisasi.
•Diadakannya fashion show baju adat. Hal ini dimaksudkan agar peserta didik paham mengenai beragam baju adat yang dimiliki oleh bangsa Indonesia.
•Memahami budaya dan bentuk-bentuk lain yang meningkatkan kecintaan pada budaya kita sendiri
•Menambahkan budaya daerah sebagai muatan lokal di sekolah.

Sumber

Hirst,   Paul.    2001,   Globalisasi Adalah Mitos. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia

Mansyur, Fakih. 2011. Runtuhnya Teori Pembangunan dan Globalisasi. Yogyakarta: Insis Press

Mubah, A Safril. 2001. Strategi Meningkatkan Daya Tahan Budaya Lokal dalam Menghadap Arus Globalisasi. Vol 24 No 2. Jurnal UNAIR: Surabaya

Suneki, Sri. 2012. “Dampak Globalisasi Terhadap Eksistensi Budaya Daerah” . Jurnal Ilmiah CIVIS Volume II No 1

Tinggalkan Balasan

Your email address will not be published.

* Kode Akses Komentar:

* Tuliskan kode akses komentar diatas: